L

Xiaomi Mi A1: Tempered Glass Mahal VS Original Replacement Screen


Bismillahirrohmanirrohim


Nillkin Amazing H+ Pro: Xiaomi Mi A1

Gorilla Glass 3 dan Tempered Glass itu Hardness dalam Skala Mohs hanya 6 – 7H. Namun dengan Lapisan Oleophobic Hardness meningkat menjadi 8 – 9H karena Oleophobic = Friction Modiier. Less Friction = Less Scratch.

Tapi Oleophobic tetap tidak bisa melindungi Layar ketika memang terkena partikel atau benda dengan Hardness 8 – 9H secara intensif.

Artinya 9H pada Tempered Glass hanya Marketing Gimmick saja, karena hanya Shapire saja yang benar-benar memiliki Hardness 9H, itu pun jika Pure Shapire.

Ide penggunaan Tempered Glass adalah karena mengganti Tempered Glass itu lebih mudah dan murah daripada mengganti Digitizer Gorilla Glass.

Tempered Glass bisa gores ?, bisa !
Tempered Glass bisa retak/pecah ?, bisa !
Begitu juga halnya Gorilla Glass versi berapa pun !

Tapi hanya Tempered Glass yang mengalami itu, Digitizer Gorilla Glass dibaliknya tetap aman. Kecuali Tempered Glass yang tidak Full Edge to Edge maka Gorilla Glass masih rawan pecah/retak jika terjadi dan benturan terjadi di sisi-sisinya (Bagian 2.5 D).

Lalu buat apa dong pakai Gorilla Glass kalau masih pakai Tempered Glass ?

Sudah saya sebutkan bahwa mengganti Tempered Glass masih lebih mudah dan murah daripada mengganti Gorilla Glass. Karena Gorilla Glass masih bisa gores dan pecah/retak, hanya saja toleransinya lebih tinggi daripada Tempered Glass, tapi menggantinya lebih sulit dan mahal daripada Tempered Glass.

Ide penggunaan Gorilla Glass pada layar Smartphone itu adalah untuk pengguna yang menganut aliran “Naked Phone” dan “Official Service”, yang kalau gores/pecah ya ganti di Service Center, kan pihak Produsen juga sedia Spare Part 😀

BTW, Spare Part-nya itu berupa Digitizer + LTPS Screen, kecuali Unofficial Service bisa ganti Digitizer saja tapi prosesnya beresiko menggores LTPS Screen, karena Digitizer menyatu dengan LTPS (Pakai lem/adhesive).
Terakhir saya cek, harganya Rp 240.000 (Digitizer Gorilla Glass + LTPS Screen).

Makanya sebenernya jangan terlalu lebay ngeluh masalah Layar Xiaomi Mi A1, apalagi kalau masih tercover Garansi, klaim aja gratis, kalau pun nanti Garansi sudah habis, beli Replacement Part juga relatif murah.

Jadi, pilih mana pakai Tempered Glass Rp 150.000’an atau mending ganti Gorilla Glass + LTPS Screen Rp 240.000 ?
Kalau menurut saya, kalau Tempered Glass Rp 150.000’an belum Full Edge to Edge, itu Overprice, karena ada Tempered Glass Clear Full Edge to Edge dengan harga 30rb’an dapat 3 pasang (Fiturnya sama seperti Oleophobic Coating, Rounded Edge 2.5 D, dll), banyak bonusnya pula :D, begitu juga Tempered Glass Colour Full Edge to Edge seharga hampir 200rb’an itu Overprice, mending Naked aja kalau gores/retak ganti baru Ori Gorilla Glass + LTPS Screen 😀

Hal ini berlaku juga pada Screen Protector lain misal Hybrid Film yang 150rb’an dengan Gimmick Garansi Seumur Hidup, tapi gk Full Edge to Edge 😀

Ingat, ini Smartphone Mid Range, dengan Harga 3 Juta’an, Spare Part Digitizer + Layar lumayan murah, beda dengan Smartphone/Phablet/Tablet High Range yang Repacement Part-nya bisa buat beli Smartphone Low to Mid Range baru 😀

Saya pribadi sudah pernah pakai Tempered Glass 150rb’an dan gk Full di Xiaomi Mi A1, retak cuma dipencet pakai kuku, saya pakai baru beberapa hari, lalu apakah saya ganti lagi pakai Tempered Glass 150rb’an ?, Hell No !, itu total 300rb mending gk usah pakai Tempered Glass sejak awal, kurang lebih kayak harga Digitizer + Screen Replacement Xiaomi Mi A1 😀

BTW, Back Cover (Casing) Xiaomi Mi A1 juga relatif murah, kalau lecet, penyok, ya ganti aja di Service Center. Penggunaan Aksesoris Case tambahan itu ya sesuai namanya Aksesoris/Hiasan, kalau untuk Proteksi ya bener juga, tapi tipisnya body Xiaomi Mi A1 jadi hilang, feel body-nya juga hilang ketutupan Case 😀

Catatan: Pendapat saya di atas tidak akan diamini oleh pengguna yang berkeyakinan “Sudah dibongkar = Tidak perawan”, dan menganggap hina Smartphone yang sudah pernah dibongkar/diservice.

Powered by Dewaweb


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai


Disqus Comments



×
SSL Verified