L

Terkuak Sudah Rahasia Spesifikasi Oli Gardan Pertamina Enduro Gear !


Bismillahirrohmanirrohim


Preview Enduro Gear via Official Pertamina

Anda yang membaca Artikel ini pasti penasaran, kenapa sih Oli Gardan atau Gearbox atau Transmisi atau Gear Ratio Motor Matik itu tidak menginformasikan Spesifikasi di Label Kemasannya ?

 

Saya sudah mencoba menghubungi pihak Pertamina untuk menanyakan perihal Spesifikasi Enduro Gear via Email, namun tidak ada jawaban 🙁

Memang informasi itu sangat-sangat tidak umum, bahkan bisa saja Staff Customer Service tidak tau. Maka, jangan salahkan saya kalau Riset sendiri, saya Blogger, dan sudah menjadi seharusnya ini saya Share 😀

 

Spesifikasi Enduro Gear saya dapatkan di Database NPT MIGAS, dan itu Valid !, karena merupakan Lembaga Negara yang memiliki kewenangan disini, pihak Produsen Oli harus membuka Informasi Teknis kepada pihak NPT MIGAS. Apakah Anda tau ketika SNI juga mau ikut-ikutan, pihak Produsen Oli keberatan, karena sudah ada NPT MIGAS ?

 

Berikut Screenshoot-nya:

Sumber: Database NPT MIGAS

Sumber: Database NPT MIGAS

 

Enduo Gear API SL/CF SAE 10W-40, itulah Spesifikasinya. SAE 10W itu bisa mengindikasikan bahwa Base Stock-nya adalah Semi Synthetic VHVI + Mineral, yang kalau pihak Pertamina biasa mengklaim menggunakan Base Stock Fully Syntetic Group III sama seperti Enduro Matic. Sertifikasi API SL/CF itu dan tanpa adanya JASO MB, menandakan bahwa isinya adalah PCMO (Passanger Car Motor Oil) atau lebih umum disebut Oli Mobil.

Kalau kode spesifikasi, itu mirip dengan Pertamina Prima XP API SL/CF SAE 10W-40, karena Pertamina Fastron Techno meskipun SAE 10W-40, tapi sudah API SN.

 

Misteri sudah terungkap, saya disini hanya Sharing informasi yang pihak NPT MIGAS sendiri mempublikasikannya ke Publik melalui Official Website mereka disini. Tidak ada maksud apa pun dibalik Artikel ini dan semua Artikel mengenai Gear Oil di Blog saya ini, saya hanya sharing, berawal dari pertanyaan yang sama 🙂

 

Semoga bermanfaat 🙂


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



×
SSL Verified