L

VPS Cloud Server VS CloudLinux Shared Hosting, Pilih Mana ?


Bismillahirrohmanirrohim


Ilustrasi Cloud Data Center

Ketika memilih Web Hosting untuk Blog (Weblog) berbasis WordPress, tentu saja membutuhkan spesifikasi resource yang besar !

Itulah kenapa banyak yang seringkali condong memilih VPS (Virtual Private Server), daripada Shared Hosting 😀

Di era Cloud Server berbasis OnApp Federation saat ini, rasanya opsi untuk memilih VPS kecil sekali prioritasnya bagi saya 😀

Hey, Hari Gini Sudah Cloud !

Saya tidak perlu membahas apa itu Cloud, intinya sih Cloud Infrastructure ini ibarat sebuah “Bank Resource”, dimana kita bisa menambahkan alokasi resource dengan leluasa atau High Scalability yang nyaris tak terbatas ketersediaannya atau High Available.

Jadi, Cloud Shared Hosting saat ini tidak terkendala lagi mengenai resource yang mentok.

Pada dasarnya, Cloud Shared Hosting itu ya VPS juga sob, atau disebut dengan Cloud Server, itulah sebabnya kenapa mudah sekali scaling alokasi resource hardware.

Jika CPU Load sudah hampir mentok, ya tinggal tambahkan alokasi CPUS-nya. Begitu juga dengan Physical Memory atau RAM, dan torage.

Apalagi jika Shared Hosting yang kita gunakan adalah CloudLinux Shared Hosting, maka alokasi hardware pada Cloud Server itu pun lebih baik manajemen-nya untuk para user di dalamnya, atau biasa disebut “Guaranteed Shared Resource” layaknya VPS.

 

Lalu Kenapa Saya Lebih Memilih CloudLinux Shared Hosting ?

Perlu dicatat bahwa yang saya maksud adalah dari provider CloudLinux Shared Hosting yang offer high spec kepada pelanggannya.

Alokasi resource yang penting adalah CPU Speed (Core), Physical Memory, Storage Capacity, dan I/O Speed.

Nah alokasi pada paket itu ya untuk blog saya semuanya, tidak dipotong kebutuhan OS (Operating System) dan Service-service di dalamnya.

Berbeda dengan ketika saya menggunakan VPS atau Cloud Server, maka resource hardware yang saya miliki itu tidak cuma untuk blog saya saja, tapi juga untuk OS dan aplikasi/service di dalamnya.

 

CloudLinux Shared Hosting dengan spesifikasi 2 Core CPU, 2 GB RAM, dan 20 GB Storage, akan sepenuhnya untuk Blog saya, berbeda dengan Cloud Server atau VPS dengan spesifikasi yang sama, maka sebagian dibutuhkan untuk OS dan Software Back End (Server Side) lainya agar Server bisa digunakan untuk Blog saya.

CloudLinux Shared Hosting dengan spesifikasi 1 Core CPU dengan 512 MB RAM masih lebih cepat daripada Cloud Server dengan spesifikasi 1 Core CPU dengan 1 GB RAM !

 

Maka dari itu, ketika Anda menggunakan CloudLinux Shared Hosting tapi masih terkendala dengan kecilnya alokasi resource yang diberikan oleh provider yang Anda gunakan, pindah saja ke Provider CloudLinux Shared Hosting yang menawarkan alokasi resource yang lebih besar. Jangan langsung nekat menggunakan VPS 😀

 

Itu baru mengenai resource hardware, belum biaya beli lisensi jika menggunakan proprietary software, maintenance dan management jika unmanaged, yang jika ditotal biayanya sangat mahal 😀


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



×
SSL Verified