L

Cara Ampuh Mengganti Kulit Kabel HID Ballast yang Retak dan Rontok


Bismillahirrohmanirrohim


Kabel Ballast HID Projector: Getas

Saya menggunakan HID Ballast merek Hyluxtek tipe A2088 yang Fast Start, mengenai spesifikasi dan gambar unitnya silahkan ke website resminya saja disini. Variant yang saya gunakan persis seperti link yang saya kasihkan itu, soalnya Ballast ini punya banyak variant.

Saya menggunakannya sudah cukup lama ya sob, kalau tidak 2 tahun ya 3 tahun, yah katakanlah lebih dari 2 tahun sampai artikel ini saya publish.

Ballast ini menggunakan External Ignitier, karena Ballast ini berjenis Slim, sehingga Ignitier terpisah dari unit utama.

Nah kabel yang getas adalah kabel setelah External Ignitier ke HID Bulb (Bohlam), ngeri kan yah kalau sampai ada listrik bocor, soalnya listrik dari Ignitier itu sudah seperti Ignition Coil di motor yang untuk mematik busi itu !, terus terang saya pernah kesetrum output dari HID Ballast ini tanpa sengaja, Alhamdulillah tidak mematikan, cuman bikin ngilu, dan kalau saja durasi kontaknya lama bisa tewas juga :D, makanya hati-hati ketika menghandle HID Ballast ya sob !

Gambar di atas itu kondisinya sudah sangat parah, sehingga karet insulator/kulit luar berwarna hitamnya sudah rontok dan tersisa hanya sedikit saja 😀

Setelah saya habiskan, beginilah jadinya:

Kabel Ballast HID Projector: Insulator Berbahan Silikon

Awal-awal terjadi getas saya panik loh sob 😀

Karena saya mengira bahwa kulit kabel ini cuma satu lapis yakni lapisan warna hitam itu saja, sehingga awalnya saya lapisi dengan isolasi, tapi lama-alama makin parah retaknya sampai tinggal sedikit banget.

Tapi saya bersyukur karena ternyata kabelnya memiliki insulator utama berbahan karet silikon yang lentur namun sangat kuat, warnanya clear atau bening. Nah dari situ ketahuan deh kabelnya aluminium, bukan tembaga 😀

Kabel Ballast HID Projector: Karet Penutup

Awalnya ketika diisolasi ulang, bagian pangkalnya bikin saya risih karena tidak bisa dilapisi isolasi. Soalnya masih keliatan bagian dalamnya, belang gitu jadi risih juga, risih bukan cuma karena penampilan, tapi karena khawatir karet di dalam itu sobek, saat itu saya belum tau bahannya silikon 😀

Tapi saya baru menyadari bahwa Ignitier ini sudah dicor atau istilah kerennya “Potting” pakai semacam epoxy gitu.

Artinya tidak usah khawatir air masuk ke Coil di dalamnya 😀

 

Ketika saya coba lepas karet di pangkalnya juga mudah banget, ternyata itu cuma mempercantik tampilan saja, karena dibaliknya tampilannya begini:

Kabel Ballast HID Projector: Anti Air

Nah karena sudah dicor/potting, maka bagian pangkal kabel juga aman dari kebocoran.

Dan karena insulator berbahan silikon ini sangat kuat, maka jangan khawatir kabelnya putus di dalam atau semacamnya, pokoknya mau dipelintir gimana pun dia kuat. Ya jangan ditest juga kali sob 😀

Agar pengaplikasian “Kulit Baru” menjadi rapih memang agak Tricky, soalnya penutup karet di bagian pangkal mesti dilepaskan agar pengaplikasian isolasi bisa dimulai dari pangkalnya.

Kabel Ballast HID Projector: Isolasi di Pangkal

Mantap, ketika karet penutup dipasang kembali, penampilannya jadi rapih 😀

Nah selanjutnya tinggal dilanjutkan saja lapisan isolasi sampai bagian ujung kabel yakni sampai soketnya.

Kabel Ballast HID Projector: "Ganti Kulit"

Itu karet seal warna kuning saya lepas agar lebih mudah dalam mengaplikasikan isolasi. Maksudnya agar tidak mengganggu saja.

Agar sealing capability tetap bagus, maka isolasi saya teruskan sampai ke badan socket, karena dengan hilangnya lapisan terluar berwarna hitamnya, maka karet seal di socket juga jadi longgar.

Oh ya, sebaiknya gunakan isolasi yang lentur, yakni berbahan Vinyl.

Kalau kamu mau agak repot, kamu bisa melepaskan housing socketnya kemudian gunakan isolasi bakar (Heat shrink) berlapis-lapis agar tebal.

Tapi saya tidak lakukan itu karena penggunaan isolasi bakar kurang ekonomis lebih ribet melepas socket dari housingnya, dan kelebihan pakai isolasi bakar cuma penampilan yang lebih mulus, tapi posisi kabel kan di dalam tebeng motor, ngapain bagus-bagus :D, lagipula penggunaan isolasi bakar bikin kabel jadi kaku banget, lebih kaku daripada pakai isolasi berbahan vinyl, udah pernah coba soalnya di project lain.

Tujuan mengganti kulit kabel ini tak lain dan tak bukan cuma agar lebih terlihat dan terasa kokoh saja, karena insulator kabel berbahan silikon itu kecil ketika tanpa lapisan karet berwarna hitam. Maka dari itu diganti saja, tapi cukup menggunakan isolasi berbahan vinyl, selain itu juga agar kabel lebih terlindungi dari gesekan, tekanan, dan benturan (Kalau terjadi, lapisan terluar yang koyak). Dan karena tanpa lapisan terluar berwarna hitam, maka sealing capability di socket jadi jelek, makanya diperbaiki dengan menggunakan isolasi.

 

Akhir Kata

Ignitier pada HID Ballast ini tidak ada yang jual replacement part-nya, daripada mengganti Ignitier cuma karena kabel yang insulator terluarnya getas dan terkelupas, mending dilapisi dengan isolasi saja. Agar terlihat rapi memang agak Tricky, tapi hasilnya cukup memuaskan, meski tentu tidak akan sama lagi seperti baru.

Bahan vinyl pada isolasi juga menurut pengalaman saya lebih tahan segala kondisi extreme, sehingga perbaikan ini bisa dikatakan sekali untuk selamanya, sampai HID Ballast benar-benar harus diganti semuanya.

Penyebab getasnya kabel ini tentu saja karena kualitas bahan insulator berwarna hitamnya yang kurang tahan kondisi extreme karena paparan lingkungan.

Alhamdulillah, kabel-kabel lain pada HID Ballast ini kondisinya masih sempurna, maksudnya tidak getas apalagi retak, jadi masalah ini hanya terjadi pada kabel dari Ignitier ke HID Bulb saja.

Bisa dikatakan ini adalah kelemahan HID Ballast berjenis Slim dengan Ignitier yang terpisah, kalau HID Ballast normal yang Ignitiernya di dalam unit utama, maka biasanya kabel ke HID Bulb bisa dilepas dengan mudah dan bisa digonta-ganti dengan mudah, replacement part-nya pun mudah didapatkan.

Sebenarnya kalau mengganti/melepas External Ignitier dari unit HID Ballast utama cukup mudah dilakukan, hanya saja External Ignitier ini tidak ada yang jual. Alhamdulillah kabelnya dilindungi insulator berbahan silikon lagi di dalamnya.

Untuk sepeda motor memang penggunaan Slim HID Ballast sangat direkomendasi karena keterbatasan space di body motor.

Yah, semua memang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing 😀

Pencegahan ?

Bagi kamu yang menggunakan HID Ballast jenis Slim merek apa pun, bisa saja mengalami masalah kabel getas seperti ini, maka untuk pencegahannya mudah saja, sejak baru lapisi dengan isolasi kabel berbahan vinyl seperti yang dilakukan di artikel ini.

 

Secara tidak langsung ini adalah artikel review HID Ballast merek Hyluktek setelah pemakaian sekian lama yah :D, saya tidak pernah menggunakan berbagai jenis dan merek HID Ballast, sehingga tidak bisa mereview yang gimana-gimana karena tidak bisa membandingkan. Intinya sih puas dengan performance/kinerjanya selama ini, meski jenis Fast Start ini gede banget nyedot arus listrk dengan tujuan mempercepat warming up HID Ballast, dan memang benar cepet banget mencapai kondisi optimum dari nyala HID Bulb.

 

Semoga bermanfaat, apakah kamu mengalami masalah serupa pada HID Ballast merek apa pun ?

The Owl HID Projector by Lukmanul Hakim: Light On


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



×
SSL Verified