L

Ternyata Inilah Kelebihan Tabung FRP Dibandingkan dengan Filter Housing


Bismillahirrohmanirrohim


 

Tabung FRP: Nanotec 1054

Setidaknya ada dua jenis tabung filter air yang umum digunakan, yakni yang berukuran besar atau yang biasa disebut Tabung FRP (Fiber Reinforced Plastics), dan yang berukuran kecil yang umum disebut “Filter Housing” dengan ukuran umumnya 20 Inch, dan 10 Inch, bahkan dibawah itu.

Persamaan dari keduanya adalah, keduanya sama-sama berisi Media Filter, disesuaikan dengan masalah pada air.

Tapi keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Umumnya, keduanya dipadukan/dikolaborasikan, sehingga saling menutupi kekurangan masing-masing, atau cuma sebagai gimmick/cosmetic saja yang biasanya dilakukan pengusaha depot pengisian air minum isi ulang, banyak tapi tidak ada isinya alias kosong.

 

Media Filter

Tabung FRP maupun Housing Filter, bisa diisi dengan Media apa pun, seperti Pasir Silika, Pasir Aktif, dan Karbon Aktif, Resin Cation, Resin Anion, dsb.

Hanya saja, Housing Filter bisa menggunakan Sediment Filter dengan kerapatan micron, berbahan Meltblow Polypropilene, dengan ukuran 10 Micron, 5 Micron, 3 Micron, dan 1 Micron.

Kalau Tabung FRP, untuk Sediment Filter kita menggunakan Pasir Siliika.

Untuk Media Karbon Aktif, hanya Housing Filter yang bisa menggunakan jenis Solid Block yang biasa disebut CTO (Color, Taste, and Odor).

Tabung FRP hanya bisa menggunakan Karbon Aktif jenis Granular Activated Carbon (GAC) saja.

Baik Tabung FRP maupun Filter Housing, sama-sama bisa menggunakan media Pasir Aktif, Resin, dsb karena sama-sama berbentuk butiran/granular.

 

Capacity, Water Flow Rate, and Pressure

Untuk masalah air yang kotor karena sediment seperti lumpur, dsb

Maka dalam kasus ringan kita masih cukup hemat dan ampuh menggunakan Filter Housing ukuran 20 Inch atau 10 Inch, dengan menggunakan Sediment Filter berbahan Polypropilene.

Tapi jika kasusnya sedang bahkan berat, sebaiknya menggunakan Tabung FRP, karena selain media filternya relatif lebih murah yakni Pasir Silika, Tabung FRP juga biasanya menggunakan 3-Way Valve yang bisa digunakan untuk Backwash, yakni metode membersihkan media filter dengan mengalirkkan aliran air berlawanan arah. Sehingga media filter masih bisa digunakan lagi tanpa perlu dilakukan penggantian, ini sangat efektif dan ekonomis ketika diterapkan pada media filter pasir silika sebagai sediment filter.

 

Untuk media lain seperti Karbon Aktif, dan Pasir Aktif, nah ini beda lagi.

Karbon Aktif, relatif cukup ampuh menggunakan Filter Housing ukuruan 20 Inch atau 10 Inch saja, asalkan jenis Karbon Aktifnya adalah CTO alias Solid Block. Tapi memang masa pakainya tidak selama Karbob Aktif jenis granual pada Tabung FRP.

Jika kasusnya sangat parah, penggunaan GAC diperlukan, hanya saja harus menggunakan Tabung FRP, agar kapasitasnya bisa besar, misal untuk Whole House Water Filtering dan Depot Air Minum Isi Ulang.

Tapi Karbon Aktif sangat jarang sekali memerlukan kapasitas besar, tergantung kondisi airnya juga sih ya.

Tidak seperti Pasir Aktif, dimana biasanya perlu menggunakan Tabung FRP karena masalah kandungan zat besi pada air biasanya sangat umum terjadi dan levelnya umumnya parah.

Namun dalam kasus tertentu dimana masalah kandungan zat besi pada air sangat minimal, maka tidak diperlukan Tabung FRP, meski kondisi air memerlukan media filter pasir aktif.

Untuk Resin Anion dan Cation, sebaiknya menggunakan Tabung FRP yang menggunakan Valve Khususu yakni 5-Way yang memiliki fitur Regenerasi Resin tersebut, bisa secara manual maupun otomatis.

Lalu mengenai flow rate dan pressure, menurut pengujian yang saya lakukan, Tabung FRP sangat bagus dalam hal ini, sangat kecil sekali lose yang dihasilkan jika dibandingkan dengan Filter Housing.

Dengan dan tanpa menggunakan Tabung FRP yang penuh dengan media filter, tekanan air dan debit air yang dihasilkan tidak ada bedanya atau lebih tepatnya sangat kecil sekali bedanya, tidak ada penurunan debit maupun tekanan air.

Berbeda dengan ketika saya menggunakan Filter Housing, terjadi lose yang cukup besar, apalagi jika jumlahnya banyak (Multi Filtration), maka semakin banyak juga penurunan debit dan tekanan air yang dihasilkan.

 

Kesimpulan

Tabung FRP adalah the ultimate best solution untuk water filtration atau water treatment, sedangkan Filter Housing cuma sebagai tambahan saja.

Karena dengan menggunakan Tabung FRP, kita dimudahkan juga untuk urusan maintenance, tinggal geser-geser valve, beres !

Sedangkan Filter Housing agak ribet untuk melakukan backwashing, ya memang bisa dilakukan backwashing, tapi agak ribet.

Filter Housing cocok untuk media filter sekali pakai, pokoknya ketika estimasi masa pakainya sudah sampai, ya lepas dan ganti baru saja, biasanya normalnya di 20.000 Liter.

Sekali lagi, memang media filter di Filter Housing yang kita sebut Cartridge itu bisa kok diregenerasi, dsb tergantung media filter yang ada di dalam cartridge, misalnya Pasir Aktif, Resin, dsb. Tapi prosesnya agak ribet, mesti bongkar-bongkar dengan masa pakai yang singkat sehingga akan sering maintenance.

Kerugian berupa penurunan debit dan tekanan air ketika kita banyak menggunakan Filter Housing juga patut diperhitungkan, apalagi untuk produksi air minum isi ulang yang kalau bisa sih idealnya untuk galon berkapasitas 19 Liter itu penuh dalam waktu atau durasi pengisian 1 menit saja.

 

Semoga bermanfaat 🙂


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



SSL Verified