L

Menggeser Posisi Ferrite pada Kabel DC Port Laptop


Bismillahirrohmanirrohim


Toshiba Power Port Cable: Beda Posisi Ferrite

Sebenarnya, ada kok yang jual DC Port (Female) untuk laptop Toshiba ini saja, tidak perlu satu set dengan kabel dan socketnya (Harness), tapi beruhubung saya terlanjur beli (Sebelumnya saya kira kabelnya hilang, ternyata masih terpasang di laptop), ya sudah lah, toh selisihnya tidak jauh, yakni kabel satu set Rp 55.000 sedangkan DC Port-nya saja Rp 25.000.

Tips: Kalau mau nyari kabel ini di Online Market Place, gunakan kata kunci “toshiba dc port” dan agar mendapatkan harga termurah, urutkan saja dari harga yang termurah.

Alhamdulillah masih banyak yang menjual part barunya, sepertinya banyak yang nyari, soalnya saya perhatikan dan menurut pengalaman saya menggunakan laptop Toshiba Satellite L640 dari baru sampai bertahun-tahun lamanya, masalah yang muncul adalah DC Port dan DC Jack yang longgar.

DC Port yang longgar karena sudah terlalu sering melepas pasang charger, sedangkan DC Jack yang longgar karena jenis atau bentuk DC Jack yang lurus, makanya saya juga sudah mengganti charger laptop saya ini dengan charger yang menggunakan DC Jack berbentuk L.

 

Nah ketika paket sudah sampai, saya kaget kok tidak PnP (Plug and Play) karena ternyata posisi Ferrite-nya beda seperti gambar di atas 😀

Pada gambar di atas, kabel yang di atas adalah yang baru saya beli, sedangkan yang lama bawaan laptop Toshiba Satellite L640 saya adalah kabel yang di bawah.

Terlihat perbedaan posisi Ferrite-nya yakni saling bertolak belakang, yang baru itu Ferrite-nya berada di dekat DC Port, sedangkan yang lama dan yang benar adalah di dekat Socket.

Saya pun mencoba mengetahui Ferrite seperti apa yang digunakan pada kabel ini, setelah saya kupas isolasi bakar alias Heatshrink yang membungkus Ferrite tersebut, ternyata Ferrite-nya model lilit.

Dalam artikel ini, contoh kasusnya adalah pada laptop Toshiba, bisa saja jenis ferrite yang digunakan berbeda, maka penanganannya juga akan berbeda.

Toshiba Power Port Cable: Ferrite Tanpa Heatshrink

Oke lah gampang, secara teknis bisa digeser kok, mengingat ini rare sparepart (Langka), dan saya kesulitan mencari yang persis sama dan PnP untuk tipe notebook saya, maka saya putuskan untuk terima saja apa adanya yang kemudian akan saya koreksi sendiri.

Perlu diketahui, kabel ini kalo dicari secara online itu para penjualnya akan menggeneralisir tipe laptop yang kompatibel, misal judul iklan dimana saya membeli kabel ini dikasih judul “TOSHIBA Satellite L745 L310 M300 L645 L640 L740 M800 Power Jack DC Jack Adaptor Charger”.

Disitu jelas tertulis L640 yang merupakan laptop saya yang mau saya ganti kabel DC Port-nya. Sepertinya penjual/seller cuma menilai dari panjang kabel saja, bukan dari posisi ferrite.

Alasan saya ganti DC Port karena laptop ini usianya sudah renta, maka Port dan Jack-nya sudah longgar, selain mengganti DC Port ini saya juga mengganti charger-nya, bukan karena power adaptor yang rusak, tapi karena DC Jack-nya yang longgar, masalahnya jack itu tidak ada yang jual jika hanya jack saja, ada sih cuman kualitasnya tidak seperti original, saya sudah beli dan sudah coba, memang secara ukuran jack-nya cocok, hanya saja terlalu ringkih, karena build quality dan material yang murahan.

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, salah satu penyebab DC Jack yang longgar adalah karena desainnya yang berbentuk lurus, maka sekalian saja saya beli charger baru yang DC Jack-nya berbentuk L. Saat ini laptop-laptop baru seperti ASUS ROG Strix GL503VD saya sudah menggunakan DC Jack berbentuk L. Disini saya tidak akan bahas kelebihan DC Jack berbentuk L 😀

Powered by Dewaweb


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



×
SSL Verified