L

Inilah Perbandingan Tutup Galon yang Bagus dan yang Jelek !


Bismillahirrohmanirrohim


Tutup Galon Bagus dan Jelek

Lawannya “Bagus” kan “Jelek” ya ?, hehe,,, memang diluar sana ada kok kualitas tutup galon yang memang jelek, tapi di artikel ini saya dapatnya sample tutup galon yang yaaa bisa dikatakan “Kurang Bagus” saja jika dibandingkan dengan tutup galon yang sebelumnya saya gunakan, karena dari segi kualitas material sudah cukup bagus, meski tidak sebagus tutup galon yang sebelumnya saya gunakan, tapi dari segi fitur memang bisa saya katakan jelek, ya, benar-benar jelek !

Tutup galon seperti ini tidak jelas mereknya apa, produksi mana, produksi siapa, manufacture-nya siapa, dsb. Maka dari itu kita harus jeli dalam memilih tutup galon berkualitas baik, dengan cost yang tidak mahal.

Sebagai pengusaha depot isi ulang air minum, tentu kita membutuhkan tutup galon, selain juga tissue sterilizer.

Tapi pernahkah Anda pikirkan seperti apa sih ciri-ciri tutup galon yang bagus itu ?

Tentu saja bukan apakah ada cetakan gambar pegunungan dan slogan ini itu di tutupnya 😀

Kalau tissue sterilizer sih simple saja, intinya bagi saya harus ada sedikit pre-cutting (coakan) pada ujung kemasan agar mudah disobek menggunakan tangan kosong. Karena umumnya isinya sama saja bagusnya, kertasnya sama-sama bagus, cairan alkoholnya sama-sama bagus dan cukup banyak. Tapi, ada memang tissue galon yang sulit dibuka kemasannya karena tidak ada pre-cutting, alhasil kita perlu memotongnya menggunakan gunting, pisau, bahkan digigit 😀

Untuk tissue sterilizer saya masih belum menemukan yang jeleknya, semua bagus saja, asalkan ada pre-cutting untuk memudahkan merobek kemasan menggunakan tangan kosong, tidak perlu pakai gunting atau pisau apalagi digigit 😀

Loh kok jadi bahas tissue galon ?, hehe,,, oke, anggap sekilas info saja, soalnya pembahasan itu tidak perlu dibahas dalam satu artikel khusus, makanya numpang lewat saja di artikel ini 😀

 

Tips Memilih Tutup Galon Terbaik

Disini saja akan mencoba sharing mengenai tutup galon yang berkualitas bagus.

Sebenarnya saya sudah juga sharing ini melalui whatsapp kepada penjual tutup galon yang sayangnya kualitasnya buruk itu, tapi responnya kurang, karena ternyata dia juga tidak tau kriteria tutup galon yang bagus menurut saya ini, malah baru tau setelah saya edukasi, padahal lebih dulu dia di bisnis ini ketimbang saya. Mohon maaf jika terkesan menggurui, saya hanya sharing saja.

Yah, blogger memang begitu, kepeduliannya tinggi kepada sesama, dan tingkat kepekaan dan kritis yang juga tinggi 😀

Saya beli di seller yang menjual tutup galon berkualitas jelek ini karena saya pikir tutup galon yang ada gambar gunung dan slogan higienis, bla bla bla itu lebih bagus.

Tapi ternyata tidak, justru sebaliknya, jelek !

Saya menyesal beli banyak, untung cuma beli 500 pcs saja, mau tidak mau, suka tidak suka, tutup galon ini harus saya habiskan.

Karena alhamdulillah tidak ada yang komplain soal ini, mungkin konsumen sudah terbiasa, karena setau saya, dari hasil test ke beberapa depot isi ulang air minum di domisili saya, semuanya menggunakan tutup galon berkualitas jelek.

Dan, soal tutup yg susah dibuka begini sih sudah biasa, contohnya ketika kita membuka segel gas LPG 3 Kg, hehe,,, meski ada juga segel LPG 3 Kg yang malah tidak berfungsi, mudah sekali dilepas, cukup ditarik saja, segelnya saja masih utuh 😀

Meski begitu, saya berkomitmen untuk selalu memberikan yang terbaik untuk konsumen/pelanggan saya, meskipun cuma sekedar tutup galon !

Maka dari itu, kedepannya saya akan beli di seller lain yang menjual tutup galon berkualitas bagus itu.

Saya mencoba memberikan yang terbaik, seperti rasa air yang netral dengan pH 6 – 8 (Idealnya pH 7), karena bahan baku air di domisili saya memiliki pH yang sangat asam yakni pH 4 !, depot isi ulang air minum lain di domisili saya cuma bisa kasih pH 5 saja yang masih dibawah standard air layak minum.

Karena pH air itu saja, alhamdulillah banyak orang yang sekali mencoba air minum di depot saya, mereka langsung langganan, menurut mereka rasanya seperti air minum dalam kemasan bermerek terkenal itu.

Bayangkan saja, dari sebelumnya biasa mengkonsumsi air minum dengan pH 4 – 5, lalu mengkonsumsi air minum dengan pH 7 di depot saya, alhamdulillah mereka puas.

Nah, salah satu perhatian saya adalah soal tutup galon ini, karena produsen AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) saja menganggap hal ini penting, maka saya selaku produsen air minum juga perlu menganggap ini penting.

Karena menurut saya, hal yang terkesan sepele ini bisa menjadi salah satu alasan konsumen betah berlangganan di depot saya.

 

Syarat Tutup Galon Berkualitas Baik

Syarat tutup galon dikatakan bagus adalah (Diurutkan berdasarkan prioritas) :

  1. Bahan plastik berkualitas bagus.
  2. Tidak mudah pecah.
  3. Tidak mudah bocor.
  4. Mudah dilepas.
  5. Mudah dipasang.

Nah yang nomor 4 itu sering luput dari perhatian !

 

Ciri-ciri Tutup Galon Berkualitas Baik

Setelah saya sebutkan syarat sebuah tutup galon bisa dikatakan berkualitas bagus, sekarang saya akan bahas ciri-cirinya.

Oke langsung saja, berikut adalah ciri-ciri tutup galon berkualitas bagus.

 

Material atau Bahan Baku Plastik yang Digunakan

Tutup Galon Bagus dan Jelek

Material atau Bahan yang digunakan tentu saja harus berkualitas bagus, cirinya adalah permukaan plastiknya lebih halus, licin, dan glossy/mengkilap.

Biasanya bahan yang digunakan adalah berjenis Polypropylene atau Polyethylene atau Low Density Polyethylene, tapi dalam hal ini akan sulit mengetahuinya karena umumnya pada cetakan tutup galon tidak disertakan simbol segitiga bertuliskan kode jenis plastik yang digunakan.

Misal untuk Polypropylene (PP) memiliki kode 5 dan Polyethylene (PET) memiliki kode 1 dan Low Density Polyethylene (LDPE) memiliki kode 4.

Kalau diperhatikan, di bagian dalam tutup galon memang ada cetakan angka/nomor, tapi angkanya random/acak, sehingga tidak bisa jadi acuan terkait bahan apa yang digunakan.

Maka dari itu, kita cuma bisa nilai kualitas bahan dari teksturnya dan ciri-ciri fisik lainnya yang menjadi dasar penilaian hasil cetakannya juga.

Elastisitasnya juga harus bagus tapi tidak terlalu lembek juga, ini penting agar tutup galon tidak mudah pecah, tidak mduah bocor, tahan lama, dan mudah ketika dipasangkan ke galon, tidak melenceng ketika dipasang.

Bisa dilihat pada gambar di atas, tutup galon sebelah kiri adalah contoh tutup galon yang menggunakan material yang bagus dan kualitas cetakan/molding yang juga bagus.

Meskipun polos tidak ada gambar dan tulisan gimmick macem-macem 😀

Menurut saya, adanya cetakan timbul bergambar gunung dan tulisan macam-macam itu hanya akan menambah surface area pada tutup galon yang mana itu akan menjadi sarang bakteri, meskipun sudah disterilkan menggunakan tissue sterilizer (alkohol).

Perlu diketahui bahwa ada banyak konsumen air galonan yang memasang galon ke dispenser dengan kondisi tutup galon masih terpasang, tutup galon cuma dilubangi berupa sayatan menggunakan pisau atau cutter.

Perlu diketahui juga bahwa air yang sudah melalui proses sterilisasi masih mungkin mengandung bakteri dalam jumlah sedikit yang lama-lama akan menjadi banyak, nah ini dampaknya bisa semakin besar jika tutup galon yang digunakan terdapat gambar atau tulisan yang dicetak timbul tersebut, apalagi memang leher dan mulut galon adalah posisi yang paling rentan ditumbuhi bakteri yang berasal dari luar.

 

Perbedaan tiap desain cetakan tutup galon ini menandakan bahwa mesin cetaknya dan/atau penampang cetakannya beda, produsennya juga bisa saja beda.

Bahan plastik yang bagus juga menjamin bahwa plastik tidak larut di dalam air ketika lama kontak dengan air, tapi Insya Allah bahan plastik yang digunakan sudah aman digunakan, entah itu PET atau PP, bahkan bisa saja campuran, karena tutup galon biasa juga dihasilkan melalui tahapan daur ulang.

Dalam sample disini, alhamdilillah tutup galon berkualitas jelek yg ada disini masih cukup bagus dari segi bahan plastiknya, karena saya pernah menemukan tutup galon yg bahan plastiknya jauh lebih jelek lagi.

Pada intinya, selama tidak terpapar air bersuhu tinggi, bahan PET atau PP tidak akan berbahaya bagi kesehatan.

 

 

Pre-cutting

Maksud dari pre-cutting adalah marking goresan sebagai guide alur robekan ketika tutup galon dirobek untuk membukanya dari galon.

Pre-cutting yang bagus adalah cukup dalam pada bagian awal sobekan, dan buntu pada akhir sobekan.

Kenapa begitu ?

Agar tutup galon mudah disobek cukup menggunakan tangan kosong saja, dan juga agar sobekan tidak jebol total, alias sobekan itu bisa digunakan sebagai pegangan kita untuk menarik tutup galon lepas dari mulut galon.

Tutup Galon JelekIni adalah contoh tutup galon dengan pre-cutting yang jelek !

Tutup galon seperti ini sangat sulit disobek menggunakan tangan kosong, jadi kita harus menggunakan tang atau pisau untuk merobeknya.

Bahkan sobekannya bisa melenceng, tidak sesuai alur mengelilingi tutup galon, tapi bisa ke atas lalu putus, itu sangat menyebalkan karena kita akan perlu menghabiskan tenaga dan waktu yang lebih banyak cuma untuk membuka tutup galon, uuuhhh repotnya !

Setelah bagian samping tutup galon ini robek sepenuhnya, kita jadi tidak punya pegangan untuk melepas tutup galon dari mulut galon, bisa menggunakan tang tapi agak sulit, kita harus hati-hari agar tidak merusak mulut galon akibat jepitan tang.

Jika kita menggunakan tangan kosong, percayalah, ujung jari kita akan sangat sakit seperti ketika pertama kali belajar main gitar 😀

 

Tutup Galon BagusSedangkan ini adalah contoh tutup galon dengan pre-cutting berkualitas bagus !

Bisa kita lihat bahwa coakan untuk sobekan awal cukup dalam, sehingga kita bisa dengan mudah merobek tutup galon itu bahkan cuma dengan menggunakan tangan kosong, tidak perlu pakai tang atau pisau.

Pre-cutting pada sekeliling tutup galon pun presisi dan bagus, sehingga sobekannya akan rata mengikuti alur di samping tutup galon dengan sempurna.

Tapi, pada ujung paling akhir atau pangkalnya, sobekan terhenti karena pre-cutting juga berhenti sebelum sobekan samping putus sepenuhnya.

Pola seperti inilah yang digunakan produsen air minum dalam kemasan galon untuk desain tutup galonnya.

Sehingga kita bisa dengan mudah melepas tutup galon dari mulut galon dengan menggunakan sobekan samping tutup galon sebagai pegangan.

 

Tutup Galon Bagus dan Jelek

Duh gambar ini jadi perlu saya ulang-ulang, haha 😀

Pada tutup galon sebelah kiri, sobekan samping tidak putus.

Sedangkan pada tutup galon sebelah kanan, sobekan samping putus total.

Ah lupakanlah soal gimmick gambar ini itu di tutup galon, itu bukan penentu tutup galon yang bagus atau tidak, itu hanya hiasan.

 

Kenapa Ini Penting ?

Tentu saja ini penting, memang sedikit yang akan komplain, karena rata-rata tutup galon yang digunakan banyak pengusaha depot isi ulang air minum adalah yang berkualitas jelek, ini pengalaman saya yang lama menjadi konsumen/pelanggan.

Kini saya sudah jadi pengusaha depot isi ulang air minum, sehingga soal kualitas, itu bisa saya tentukan !

Pengalaman saya dari segi harga, tutup galon yang bagus dengan yang jelek itu sama saja, itu artinya, margin keuntungan produsen tutup galon yang jelek itu lebih besar, ini bisa dilihat dari kualitas bahan plastik yang digunakan.

Kalau harganya sama saja, tentu lebih baik beli yang bagus, kan ?

 

Selain itu, tutup galon berkualitas bagus juga akan memperbudah konsumen dalam membuka tutup galon tersebut, bahkan kita sebagai pengusaha depot isi ulang air minum juga akan diuntungkan.

Karena kadang, pelanggan tidak menggunakan tutup anti tumpah, tapi cukup melubangi bagian tengah tutup galon dengan pola X atau + untuk bisa dipasang ke dispenser, sehingga tutup galon itu akan kembali ke kita juga, yang artinya kita juga yang melepas tutup galon itu.

Saya pribadi masih menjadi owner sekaligus produksi, saya yang handle semuanya, jadi saya tau gimana ribetnya membuka tutup galon berkualitas jelek.

Harus pakai tang harus pakai pisau, ujung jari saya sakit !

Bayangkan itu terjadi pada konsumen/pelanggan kita, bisa saja cuma karena pengalaman membuka tutup galon itu menjadi alasan untuk tetap berlangganan atau pindah ke depot isi ulang air minum lain, kita tidak tau karena penilaian orang itu beda-beda.

 

Semoga bermanfaat, selalu berikan yang terbaik untuk konsumen 🙂


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



SSL Verified