L

Benarkah Busi Standard OEM Itu Tembaga ?


Bismillahirrohmanirrohim


Busi Merah Bata

Busi (Spark Plug), adalah Komponen Vital pada Mesin yang menggunakan Bahan Bakar Bensin (Gasoline). Ada banyak jenis Busi, baik dari Spesifikasi, Merk, Desain, dan Material yang digunakan.

Ada kesalahpahaman mengenai Busi Standard atau OEM (Original Equipment Manufacturer) yang digunakan oleh Sepeda Motor Mainstream di Indonesia ini yang katanya adalah “Busi Tembaga”, Benarkah ?

 

Material Center Electrode Busi

Sebelumnya, saya ingin mengajak Anda mengenal apa itu Tembaga terlebihdahulu 😀

Tembaga

Tembaga

Tembaga adalah salah satu Unsur Kimia dalam Tabel Periodik. Memiliki lambang “Cu” dan Nomor Atom “29”. Lambangnya berasal dari bahasa Latin Cuprum.Tembaga merupakan Konduktor (Penghantar) Panas dan Elektron (Listrik) yang paling baik setelah Silver (Perak). Selain itu, unsur ini memiliki kelemahan yakni sifat korosi yang cepat sekali. Tembaga murni sifatnya halus dan lunak, dengan permukaan berwarna jingga kemerahan. Tembaga bisa dicampurkan dengan Timah untuk membuat Perunggu (Bronze), tau Senar Gitar Akustik ?, Nah itu Lilitannya menggunakan Bronze Alloy yakni Tembaga dicampur Timah dengan Rasio tertentu.

 

Kelemahan Tembaga atau bisa disebut Coper ini, adalah Melting Point (Titik Leleh) yang rendah sekali, yakni hanya 1.085°C.

Titik Leleh ini berbanding terbalik dengan Konduktifitas atau disebut juga Electrical Resistance.

Semakin rendah Resistensinya, semakin baik dalam menghantarkan listrik, namun semakin rendah Titik Lelehnya, misalnya Silver yang terbaik dalam hal menghantarkan listrik hanya memiliki Titik Leleh yakni 961,8°C.

Mustahil diterapkan pada Center Electrode Busi secara murni !

Powered by Dewaweb


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai


Disqus Comments

  • angger

    Assalamu’alaikum bang.. kalo mau ganti ke iridium, koil standard masih boleh atau harus upgrade? Motor ane vario 125cbs ISS 2014 (old)

    • Wa’alaikumsalam, masih boleh kok, tidak ada yang melarang 😀



×
SSL Verified