L

Cara Ampuh Mengganti Kulit Kabel HID Ballast yang Retak dan Rontok


Bismillahirrohmanirrohim


Ketika saya coba lepas karet di pangkalnya juga mudah banget, ternyata itu cuma mempercantik tampilan saja, karena dibaliknya tampilannya begini:

Kabel Ballast HID Projector: Anti Air

Nah karena sudah dicor/potting, maka bagian pangkal kabel juga aman dari kebocoran.

Dan karena insulator berbahan silikon ini sangat kuat, maka jangan khawatir kabelnya putus di dalam atau semacamnya, pokoknya mau dipelintir gimana pun dia kuat. Ya jangan ditest juga kali sob 😀

Agar pengaplikasian “Kulit Baru” menjadi rapih memang agak Tricky, soalnya penutup karet di bagian pangkal mesti dilepaskan agar pengaplikasian isolasi bisa dimulai dari pangkalnya.

Kabel Ballast HID Projector: Isolasi di Pangkal

Mantap, ketika karet penutup dipasang kembali, penampilannya jadi rapih 😀

Nah selanjutnya tinggal dilanjutkan saja lapisan isolasi sampai bagian ujung kabel yakni sampai soketnya.

Kabel Ballast HID Projector: "Ganti Kulit"

Itu karet seal warna kuning saya lepas agar lebih mudah dalam mengaplikasikan isolasi. Maksudnya agar tidak mengganggu saja.

Agar sealing capability tetap bagus, maka isolasi saya teruskan sampai ke badan socket, karena dengan hilangnya lapisan terluar berwarna hitamnya, maka karet seal di socket juga jadi longgar.

Oh ya, sebaiknya gunakan isolasi yang lentur, yakni berbahan Vinyl.

Kalau kamu mau agak repot, kamu bisa melepaskan housing socketnya kemudian gunakan isolasi bakar (Heat shrink) berlapis-lapis agar tebal.

Tapi saya tidak lakukan itu karena penggunaan isolasi bakar kurang ekonomis lebih ribet melepas socket dari housingnya, dan kelebihan pakai isolasi bakar cuma penampilan yang lebih mulus, tapi posisi kabel kan di dalam tebeng motor, ngapain bagus-bagus :D, lagipula penggunaan isolasi bakar bikin kabel jadi kaku banget, lebih kaku daripada pakai isolasi berbahan vinyl, udah pernah coba soalnya di project lain.

Tujuan mengganti kulit kabel ini tak lain dan tak bukan cuma agar lebih terlihat dan terasa kokoh saja, karena insulator kabel berbahan silikon itu kecil ketika tanpa lapisan karet berwarna hitam. Maka dari itu diganti saja, tapi cukup menggunakan isolasi berbahan vinyl, selain itu juga agar kabel lebih terlindungi dari gesekan, tekanan, dan benturan (Kalau terjadi, lapisan terluar yang koyak). Dan karena tanpa lapisan terluar berwarna hitam, maka sealing capability di socket jadi jelek, makanya diperbaiki dengan menggunakan isolasi.


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



SSL Verified