L

Cara Ampuh Mengatasi Proses Sync Disqus ke WordPress yang Lama Tidak Kunjung Selesai


Bismillahirrohmanirrohim


Ilustrasi Disqus Comment System

Ketika kita mengedit atau menghapus komentar di Disqus Comment System, maka ubahan tersebut tidak akan diterapkan pada Native Comment System di WordPress Self Hosted kita.

Maka dari itu kita harus secara rutin melakukan Sync (Synchronization) atau penyesuaian, proses itu akan mengimport seluruh komentar di Database Disqus ke Lokal Database kita.

Sebelum memulainya, sebaiknya Anda Checklist dulu opsi untuk menghapus seluruh komentar sebelum proses Sync dimulai agar tidak ada duplikasi konten komentar setelah proses sync selesai.

Mungkin yang saya jelaskan di atas sudah banyak yang tau khususnya para pengguna Disqus Comment System yang sudah lama.

Namun, ada masalah yang saya alami baru-baru ini dan Alhamdulillah masalah tersebut teratasi dengan baik.

 

Masalahnya

Masalah tersebut adalah proses Sync yang tidak selesai-selesai dalam waktu berjam-jam, tentu tidak biasanya seperti itu dan itu tidak normal. Tidak ada pesan error, yang ada hanya proses yang masih berlangsung tapi ditunggu sekian lama tidak kunjung selesai juga, koneksi internet pun lancar dan cepat, tidak ada gangguan dari sisi koneksi internet.

 

Penyebabnya

Menurut saya masalah itu disebabkan oleh konfigurasi server tempat saya menghosting blog saya ini, karena sebelumnya tidak terjadi hal demikian itu dan sepertinya terkait dengan Cron, tapi bukan Cron Jobs.

 

Solusinya

Untungnya pihak Disqus sendiri sudah memberikan beberapa altenative solusi atau troubleshooting disini.

Saya pun mencoba Solution 1, yakni menggunakan Alternate Cron Methods dengan menambahkan baris kode define( 'ALTERNATE_WP_CRON', true );  pada file wp-config.php di direktori public_html.

Ada banyak solusi lain yang bisa kita coba, namun dalam kasus saya ini, problem solved saat saya menerapkan Solution 1 di atas.

 

Kesimpulan

Pada dasarnya ketika kita menggunakan Plugin Disqus Comment System di blog berbasis WordPress kita, maka setiap ada komentar yang masuk akan secara otomatis Synced ke Local Database di Native Comment blog kita.

Hanya saja ketika pemilik komentar mengedit komentarnya, entah itu pengunjung atau kita sendiri sebagai admin, maka komentar yang sudah diubah tersebut tidak akan Re-sync lagi ke Local Database.

Itulah kenapa kita perlu melakukan Sync Ulang secara manual dengan mencentang opsi “Remove all imported Disqus comments before syncing.” yang posisinya tepat di bawah tombol Sync Comments.

Ini diperlukan selain untuk aktualisasi yakni agar komentar di Disqus sama persis dengan yang di Local Database kita, juga agar komentar yang kita hapus melalui Disqus juga terhapus di Local Database kita.

Ini penting, karena sebelum Disqus diload oleh browser, maka komentar yang kita hapus akan masih ada dan masih bisa dicrawl oleh bot milik Search Engine, dan dengan mematikan fungsi JavaScript di browser pun komentar tersebut bisa dibaca, padahal sudah dihapus, nah komentar yang masih bisa dibaca itu adalah komentar yang ada di Local Database kita.

Jadi, ketika proses sync diulangi, komentar yang sudah kita hapus dari sisi Disqus akan menjadi komentar yang belum diapprove di Native Comment System, selanjutnya bisa saja kita hapus secara permanent komentar tersebut melalui WP Admin.

Untuk solusi lainnya bisa Anda baca pada link yang sudah saya berikan di atas.

 

Semoga bermanfaat 🙂


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



×
SSL Verified