L

Cara Ampuh Mengatasi Masalah Feature Update Windows 10: Error 0x80070002


Bismillahirrohmanirrohim


Windows 10 Pro: Retail FPP Genuine Card

Ketika saya mencoba mencek update terbaru Windows 10 Pro saya via Windows Update (Tool bawaan sistem), saya mengalami masalah “Feature update to Windows 10, version 1803 – Error 0x80070002”, dan ketika saya cek historinya ada keterangan “Last failed install attempt on ?29/?05/?2018 – 0x80240034″.

Saya sudah mencoba berbagai macam cara yang tersedia di internet, dan semua cara itu gagal.

Memang saya pribadi agak kesulitan soal Error Code pada Windows sejak dulu, dan troubleshooting yang beredar di internet juga sering tidak bisa diterapkan. Ternyata ada banyak sekali penyebab masalah dari satu Error Code dan kita jadinya harus trial and error, tapi itu pun sudah saya lakukan, dan masih error 😀

Lalu saya coba putar otak, memikirkan solusi dari masalah tidak bisa mengupdate Windows ini ke versi terbaru via Windows Update.

Sampai saya terfokus pada kata “Feature Update” pada pesan error yang ditampilkan.

Saya pun berfikir bahwa yang namanya Feature Update, maka itu artinya sebuah Upgrade atau bisa dikatakan Major Update.

Mengingat Windows 10 adalah varian terakhir dari OS (Operating System) Windows, sehingga kita cuma sekali install saja, maka untuk urusan pembaharuan baik itu minor ataupun major akan diberikan secara OTA (Over The Air) alias secara online. Itu hebatnya Windows sekarang ini sob, udah kayak OS di Smartphone saja untuk urusan update/upgrade, bahkan untuk urusan re-install/install ulang pun sudah seperti Smartphone yakni Hard Reset.

Tapi untuk urusan update, Windows sering bikin saya kesal pada fitur Windows Update-nya, paling parah adalaah mulai versi 8.1, masalah yang bikin saya kesal adalah sangat resource hungry baik itu CPU Usage, Disk Usage, dan tentu saja Bandwidth.

Namun sekarang pihak Microsoft sudah memiliki solusi untuk hal itu yakni sebuah software minimalis bernama Windows 10 Update Assistant. Wajar saja karena Windows saat ini sudah merupakan layanan yang always lates version/up to date.

Nah sesuai namanya, maka tool ini membantu kita agar lebih mudah dalam melakukan proses update dan upgrade, jadi meskipun hanya sebuah minor update, tool ini bisa membantu kita lebih efektif melakukan update tersebut.

Lebih lengkap mengenai deskripsi dari Windows 10 Update Assistant bisa dibaca disini.

Umumnya, tool itu otomatis tersedia di desktop kita, atau bahkan otomatis jalan ketika kita melakukan update via Windows Update, namun pada kali ini, karena memang Windows Update akan otomatis menginstall tool itu jika ada major upgrade/feature update, namun kali ini rupanya hal itu tidak terjadi, justru error yang didapati.

Maka saya pun berinisiatif untuk mencari file installernya, dan ketemu ! 😀

Kita bisa mendapatkan file installernya disini.

Mohon maaf untuk menghemat space web hosting blog ini, saya tidak bisa terlalu detail memberikan screenshoot, hanya seperlunya saja 😀

Tapi bagi yang sudah paham, point utamanya sudah dapat, yakni menggunakan Windows 10 Update Assistant, artikel dibawah ini selanjutnya akan sangat berguna untuk orang yang masih belum familiar dengan tool yang satu ini.


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



×
SSL Verified