L

Optimasi JS, CSS, dan HTML dengan Fast Velocity Minify


Bismillahirrohmanirrohim


Ilustrasi Fast Velocity Minify

Bicara mengenai OnPage Optimization, maka mengoptimasi Scripts seperti JavaScript dan CSS, bahkan HTML termasuk salah satu opsi Tweaking yang perlu kita lakukan, karena saya menggunakan WordPress Self Hosted dan sepertinya Anda juga demikian, maka tentu saja kita akan lebih mudah melakukannya dengan bantuan plugins.

Ada banyak plugins yang bisa kita gunakan, dan saya sudah mencobanya satu persatu dan semua memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Ada satu plugin yang membuat saya puas, yakni Fast Velocity Minify (FVM).

Ketika membaca istilah “Velocity”, saya teringat TV Serial The Flash, karena arti dari istilah tersebut sendiri adalah “Kecepatan” 😀

Plugin FVM  ini adalah favorite saya, karena jangan terkecoh dengan namanya, plugin ini tidak hanya berfungsi sebagai Script Minify saja.

 

Fitur Utama

FVM mampu meminify script HTML, JavaScript, dan CSS, tidak hanya itu saja, FVM juga bisa mengurangi jumlah file *.css dan *.js dengan cara mengkombinasinya.

Anda yang terbiasa dengan Benchmarking Tool seperti GTMetrix dan Pingdom Tools pasti familiar dengan istilah “Combine” yang mana itu adalah salah satu parameter penilaian (Google) PageSpeed Score.

Kita juga bisa mengecualikan file *.js dan *.css yang tidak ingin kita optimasi dengan FVM.

 

Kompatibilitas dengan Plugins Lain

Saya sudah melakukan banyak uji coba pada plugin sejenis di Directory Plugins WordPress.org dan FVM adalah yang terbaik di semua aspek, dan gratis 😀

Biasanya, problem yang ditimbulkan dari plugin sejenis ini adalah rusaknya tampilan dan tidak berfungsinya plugin-plugin tertentu yang menggunakan JavaScript.

Nah FVM lulus uji coba terkait kompatibilitas terhadap plugins lainnya yang menggunakan JavaScript.

 

Integrasi dengan Caching Plugins

FVM juga sudah terintegrasi dengan plugins lain yang berfungsi sebagai Page Caching seperti LiteSpeed Cache, W3 Total Cache, dsb

Integrasi disini maksudnya adalah secara otomatis melakukan Purge Cache pada plugin bersangkutan ketika kita meregenerate file *.js dan *.css dari plugin FVM (Purge processed files).

Powered by Dewaweb


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai


Disqus Comments



×
SSL Verified