L

Dilema Antara Domain Extension .web.id dan .my.id, Mana yang Terbaik ?


Bismillahirrohmanirrohim


Bangga Pakai Domain .iD

Setidaknya untuk Domain Indonesia, ada 3 Domain Extension yang bisa digunakan untuk Personal yang hanya memerlukan verifikasi dokumen berupa KTP saja, yakni .web.id dan .my.id, serta yang terbaru adalah .id.

Kalau .id itu sudah tidak perlu galau lagi sob 😀

Sudah Top Level Domain !

 

Kita patut galau dengan Domain Extension .web.id VS .my.id karena keduanya memuat kata lain yakni “web” dan “my”.

Memang sejak adanya Domain Extension .id, rasanya Domain Indonesia yang lain seperti “Premium Subdomain” saja ya sob 😀

Misal contoh.co.id, itu seperti Subdomain dari Domain Utama www.co.id 😀

Jadi menurut saya akan wajar jika Domain Extension .id dibandrol dengan harga yang lebih tinggi dari Domain Extension .co.id yang merupakan Domain Extension termahal dari Domain Indonesia.

Itulah alasan kenapa disebut anything.id, karena bisa saja Anda membeli Domain .id dibawah 4 Digit, maksimal 2 Digit, misalnya .cc.id. Maka akan terkesan seperti Domain Extension lagi kan ?

 

.id Adalah Country Code

ID adalah Country Code 2 Digit untuk Negara Indonesia berdasarkan Standard Dunia (ISO), jika 3 Digit, maka Kode-nya adalah IDN. Kalau dalam dunia olahraga di kawasan Asia, Kode-nya adalah INA.

Karena itu adalah ccTLD (Country Code Top Level Domain), maka perlu ada Second Level-nya.

Maka dibuatlah Second Level yang sudah kita kenal selama ini yakni .co.id, .biz.id, mil.id, .ponpes.id, .ac.id, .sch.id, .or.id, .desa.id, .web.id, dan .my.id.

Dari semua Second Level diatas, hanya .co.id yang dijual dengan harga termahal, dibawah harga .id.

Karena kegalauan saya dengan masa depan Domain anything.id yang sepertinya akan mahal, maka saya mulai mempertimbangkan untuk menggunakan Doman Extension lain.

Domain Extension .id hanya untuk 2 Domain saya yang memiliki prospek jangka panjang saja, yakni al-hakim.id dan alhakim.id.

Sedangkan untuk Domain yang tidak terlalu krusial seperti lukmanulhakim.id ini bisa saja saya ganti 😀

Bahkan saya sudah punya Domain lukmanulhakim.info yang merupakan gTLD untuk Domain ini.

 

Tapi muncul keinginan untuk memiliki Domain Second Level Indonesia 😀

Dari semua Second Level yang ada, hanya dua yang memungkinkan, yakni .web.id dan .my.id.

Disitu kegalauan mulai terjadi 😀

 

Arti dari Domain Extension .web.id dan .my.id

Ini adalah Second Level tertua di Indonesia !

Dibuat sebagai Domain Personal untuk Rakyat Indonesia yang tidak mungkin bisa memiliki Domain .co.id karena terkendala Dokumen untuk Verifikasi.

Sesuai namanya, .web.id diperuntukkan untuk Website Indonesia, lebih banyak digunakan untuk Blog, meski secara nama lebih general yakni Website, tidak hanya khusus untuk Web Log (Blog) saja.

Ini adalah Domain Extension yang sangat populer sampai hari ini, ada banyak Blogger yang sukses membangun Blog menggunakan Domain Extension .web.id.

Meski tidak sedikit pula yang tidak suka dengan Domain Extension .web.id, sehingga lebih mengunggulkan gTLD seperti .com, .info, dsb, hingga kemunculan .id yang membuat seluruh Webmaster Indonesia terpesona dengan kecantikannya. Karena ID tidak hanya bermakna Indonesia, tapi juga Identity bahkan dalam Bahasa Indonesia pun masih sesuai yakni Identitas. Tidak dibatasi oleh kata lain seperti web, my, mil, sch, ac, or, co, dsb

Sedangkan arti dari Domain Extension .my.id adalah seperti namanya juga, yakni “This is My Identity” !, ini adalah Domain Extension Second Level terbaru dari Domain Indonesia.

Ya, .my.id itu bisa dikatakan adalah .name dari Indonesia.

Jadi .my.id ini seringkali digunakan untuk Personal Website yang lebih personal, termasuk Blog Pribadi, tidak seumum .web.id yang masih bisa dalam bentuk umum, bukan Personal.

Domain Extension .my.id lebih banyak didaftarkan menggunakan nama asli dari seseorang, bukan nama yang merupaka plesetan atau nickname.

Domain Extension .my.id juga ideal untuk digunakan sebagai Domain untuk Alamat Email. Hanya saja jika untuk Alamat Email sebaiknya gunakan nama belakang Anda, agar nanti Alamat Email lebih cantik, misanya: [email protected]

Tapi bisa juga menggunakan nama depan Anda, sehingga nanti Alamat Email bisa dibuat menjadi: [email protected] atau [email protected], dsb

Ada yang mencibir Domain Extension .my.id “Kok seperti ada cita rasa Malaysia ya ?”, karena Domain ccTLD milik Malaysia adalah .my.

Seperti .id, .my juga merupakan Country Code, yang bisa dimaknai sebagai “Saya” atau “Milikku”, ada juga yang mencibir .my itu sesuai untuk Malaysia karena Malaysia suka mengklaim budaya orang lain, khususnya milik Indonesia.

 

Kesimpulan

Domain Extension .web.id diperuntkkan untuk Pengguna Umum, dan dikhususnya untuk Website yang juga secara Umum.

Sedangkan Domain Extension .my.id diperuntukkan untuk Pengguna Persoanal, dan dikhususkan untuk Website yang juga secara Personal, dan .my.id sangat ideal untuk Alamat Email Pribadi.

Domain Extension .my.id ini bisa dikatakan sebagai Domain Extension versi Murah dari Domain anything.id, karena maknanya sama, yakni “Identitas Saya”, bahkan .my.id lebih menegaskan makna itu.

 

Second Level ini sebenarnya dipilih karena harga yang jauh lebih murah daripada Domain Extension .id, karena Domain Extension .id bisa dikatakan adalah perpaduan dari Domain Extension .web.id dan .my.id.

Disatu sisi .id itu menyatakan bahwa “Website ini Milik/Berasal dari Indonesia” seperti .web.id, disisi lain .id menyatakan baha “Ini adalah Identitas Saya”, seperti Domain lukmanulhakim.id yang digunakan Blog ini misalnya, yang bermakna ganda sebagai Website dari dan dimiliki orang Indonesia tapi juga bermakna lukmanulhakim adalah nama/identitas saya.

 

Jika Anda memiliki Budget lebih dan tidak masalah dengan harga, tentu Domain anything.id adalah pilihan terbaik, tapi jika sebaliknya, maka Second Level bisa menjadi pilihan Alternatif.

Sekali lagi, untuk Website Umum, pilihlah .web.id, tapi jika untuk Website Personal, pilihlah .my.id.

 

Blog Itu Termasuk Umum atau Personal ?

Blog lebih bersifat Personal, karena merupakan Log (Catatan) yang dibuat oleh Pemilik Blog tersebut.

Pada dasarnya Blog ya Website juga, begitu juga Social Media ya Website juga, yang membedakan hanya peruntukannya dan sifatnya saja.

Contoh Website Umum adalah Portal Berita, Forum Komunitas (Bukan Organisasi), Situs Jurnalisme seperti Citizen Jurnalism, dsb

Jika suatu Blog sudah menggunakan kata “Kami” atau Nickname dari Blog tersebut, maka itu sudah bisa disebut Umum. Seperti misalnya Blog Tentang Gadget, Tentang Komputer, dsb

Contoh Website Personal adalah seperti Blog saya ini, dan Websit lain yang Penulisnya memposisikan diri sebagai “Saya” saat menulis Artikel.

Jika Nama Domain merupakan Nama Pribadi, sebaiknya pilih Domain Extension .my.id, karena itu sudah bisa dipastikan adalah Website yang bersifat Pribadi, apa pun isi konten-nya.

 

Jadi, silahkan tentukan pilihan Anda 🙂


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



×
SSL Verified