L

Hati-hati Webcam Kena Hack !, Inilah Fungsi Sebenarnya dari Lampu LED di Webcam !


Bismillahirrohmanirrohim


LED Webcam

Anda punya Laptop/Notebook yang memiliki fitur Webcam (Kamera) tentu sudah tidak asing lagi dengan kehadiran Lampu berjenis LED dengan warna cahaya yang umumnya adalah Biru, Merah, dsb seperti gambar diatas bukan ?

Namun pernahkah terpikir oleh Anda, apa fungsi dari cahaya tersebut ?, apakah Night Vision ?, yang jelas itu bukan LED Flash, dan jelas saja buka Night Vision karena itu bukanlah Infrared (Infra Merah), buktinya mata kita bisa melihatnya 😀

Cahaya tersebut juga tidak memberikan dampak apa pun terhadap kualitas gambar dan kegantengan atau kecantikan orang yang berada di depan Webcam 😀

Lantas apa dong fungsinya ?, terkadang malah bikin silau !

Jika Laptop Anda memiliki fitur tersebut bersyukurlah, jika tidak, coba pertimbangkan untuk menutupi Webcam Anda dengan Selotip ketika tidak digunakan.

Di Forum sangat banyak ditemui Thread yang mengeluhkan Webcam suka menyala sendiri padahal pemilik Laptop yakin betul tidak menggunakan Webcam sama sekali dan tidak ada Aplikasi yang berjalan yang menggunakan fasilitas Webcam. Di Indonesia, hal itu menjurus pada perkiraan Mistis macam-macam, di Amerika dan Eropa lah kejadian itu mulai diperhatikan dengan serius karena berpotensi Laptop memang sedang dihack !

 

Memang sudah menjadi hal umum sekali yang namanya Webcam dihack oleh Hacker, baik di Dunia Nyata maupun di Film Hollywood, yang satu itu jelas tidak luput dari upaya yang dilakukan seorang atau sekumpulan (Tim) Hacker sebagai sarana untuk memata-matai pengguna Laptop bersangkutan.

Apalagi di Luar Negri sana, para wanita suka sekali berbusana minim (Naked) jika sedang berada di Kamar yang merupakan Ranah Privasinya, di Indonesia pun tidak sedikit yang demikian.

Dan jika Laptop ditempatkan di Meja Kerja yang berada di dalam Kamar Pribadi, maka tak jarang pula pemilik Laptop tersebut dengan mudahnya melepaskan seluruh pakaian di depan Laptop yang sedang Online tersebut, untuk apa ?, ya ganti baju lah 😀

Padahal, ketika kita terkoneksi ke Internet dan Komputer atau Laptop kita terdapat Fasilitas Webcam, itu artinya ada potensi masalah pelanggaran privasi dari Webcam tersebut !

Itulah yang mendasari dibuatnya Fitur Notifikasi Cahaya atau istilahnya “Illumination Notif” (bukan Iluminati ya, haha).

Sesuai namanya, Cahaya yang dihasilkan dari LED (Light Emiting Diode) tersebut berfungsi sebagai Penanda atau Notifikasi bahwa Webcam sedang Aktif, dengan atau tanpa adanya Aplikasi pengguna Webcam seperti Aplikasi Messanger yang sedang berjalan.

Hati-hati, Hacker juga ada yang mesum loh, dan itu biasanya tidak hanya untuk konsumsi dia sendiri saja, bisa saja konten tersebut dia Upload ke Situs Pornografi, atau malah dilakukan untuk memeras seseorang yang berada di Video tersebut untuk mendapatkan uang yang banyak. Itulah salah satu Cyber Crime (Kejahatan Dunia Maya) yang patut diwaspadai, khususnya bagi para Wanita.

Saat ini, sudah sulit ditemui Laptop yang tidak menggunakan Fitur tersebut, karena itu salah satu Fitur Wajib terkait Hak Privasi seseorang.

Lalu apakah Cahaya itu bisa dimatikan ?

Sebenarnya cukup sulit, karena Lampu itu terkoneksi secara Hardware dengan Webcam tersebut, bukan secara Software, namun tidak ada yang mustahil selama Webcam dan Laptop masihlah ciptaan Manusia bukan ?

 

Kesimpulan

Hati-hatilah jika Anda suka tampil minimalis di dalam Kamar bersama Laptop Anda 😀

Tidak ada salahnya memasang Tape/Selotip pada Webcam jika sedang tidak digunakan, bahkan menonaktifkan fitur Webcam secara permanent melalui Settingan B.I.O.S.


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



×
SSL Verified