L

Faktanya Charger Aki Motor Bisa pakai UPS Komputer !


Bismillahirrohmanirrohim


Charger Aki Mobil pakai UPS Komputer

UPS adalah singkatan dari Uninterruptible Power Supply yang menjadi Alat yang cukup Penting disandingkan dengan Komputer Desktop, namun UPS bisa kita jadikan sebagai Charger Aki Motor yang sangat Powerful dan Ampuh untuk mengisi kembali Aki (Accu/Battery) yang Drop.

Kelebihan UPS adalah, UPS menggunakan Dual Smart Charging System yang menjaga Stabilitas Tegangan dan Arus pada Aki ketika Aki sudah Fully Charged atau pengisian daya sudah penuh dengan mensuplai Tegangan yang ideal yang disebut Float Voltage, sehingga mencegah terjadinya Overchagred.

Selain itu, UPS juga bisa mencegah terjadinya Overdischagred ketika Aki digunakan sampai Habis Total, sehingga UPS akan Trun Off secara otomatis sebelum daya listrik pada Aki habis total. Tapi ini tidak disarankan pada Aki berjenis Starting Battery, hanya cocok pada Aki berjenis Deep Cycle Battery seperti Aki Gel yang marak beredar di Pasaran saat ini.

Aki Gel pada UPS

Aki Gel pada UPS

Aki Gel memang Idealnya untuk UPS, bukan untuk Motor, karena Aki Gel adalah Deep Cycle Battery dan membutuhkan Charging Profile khusus untuk bisa menggunakan Aki Gel di Motor, jika tidak, Aki Gel akan Hamil Duluan 😀

Aki Bawaan UPS

Aki Bawaan ICA UPS

Aki Bawaan ICA UPS

Seperti Aki Bawaan UPS ini yang merupakan Jenis Deep Cycle Battery dengan Teknologi VRLA (Valve Regulated Lead-acid) dan AGM (Absorbent Glass Matt) yang secara Teknologi sama seperti Aki Motor Bawaan Pabrikan, bedanya Aki Motor Bawaan Pabrikan bukan Deep Cycle Battery, tapi Jenis Starting Battery, lengkapnya SLI (Starting, Lighting, Ignition) Battery.

 

Trik mengubah UPS menjadi Charger Aki ini saya buat, karena jika Topiknya mengubah UPS yang sebelumnya menggunakan Aki Internal menjadi External, itu sudah Mainstream 😀

 

Konsep Dasar dalam Modifikasi UPS Menjadi Charger Aki

Konsepnya adalah mengubah UPS yang semula menggunakan Aki Internal, menjadi Aki External, itu artinya Kabel yang terhubung ke Terimal Aki, harus diubah agar bisa keluar dari Casing UPS, dengan menggunakan Bor Listrik.

Modifikasi ICA UPS pakai Bor Listrik

Modifikasi ICA UPS pakai Bor Listrik

Lubangi bagian yang saya beri tanda panah dan lingaran tersebut menggunaan Bor Listrik, yang akan digunakan sebagai jalan keluar Kabel Konektor Aki dari Cashing UPS.

Tentu saja dalam hal ini dibutuhkan Extension Cable (Kabel Tambahan) yang berkualitas baik yakni memiliki Core (Inti Kabel) berbahan Tembaga Murni dan Insulator (Kulit Kabel) yang berkualitas. Serta dibutuhkan Konektor berupa “Konektor Buaya” yang memudahkan dalam memasang Kabel Charger UPS ke Terminal Aki.

Trafo ICA UPS

Trafo ICA UPS

Kabel berwarna Merah dihubungkan ke Terminal (+) pada Aki, dan Kabel berwarna Hitam dihubungkan ke Terminal (-) pada Aki.

 

Peralatan yang Dibutuhkan Selain Bor Listrik

Teardown ICA UPS

Teardown ICA UPS

Peralatan yang dibutuhkan Standard saja, Multipurpose Tools seperti Obeng, Tang, Gunting, Isolasi (lebih baik lagi pakai Isolasi Bakar alias Heatsrink).

 

Perbandingan Sebelum dan Sesudah dilakukan Modifikasi Casing UPS

Berikut ini adalah Foto yang menunjukkan perbedaan Sebelum dan Sesudah dilakukan Modifikasi pada Casing Belakang UPS yakni melubanginya menggunakan Bor Listrik.

Sebelum

Terminal ICA UPS

Terminal ICA UPS

Sesudah

Kabel External untuk Baterai UPS

Kabel External untuk Baterai UPS

Kabel Tambahan dan Konektor Jepit sudah dipasang dan Hasilnya ?

Mantap sekali bro 😀

 

Charger Aki Menggunakan UPS

Charger Aki Motor pakai UPS Komputer

Charger Aki Motor pakai UPS Komputer

UPS Komputer pakai External Battery

UPS Komputer pakai External Battery

 

Opsional

Buzzer ICA UPS

Buzzer ICA UPS

Agar tidak berisik, sebaiknya Buzzer pada UPS dilepas saja 😀

Tapi in selera saja sih, tidak harus, kalau saya pribadi tidak suka bunyi yang dihasilkan Buzzer ini.

 

Kesimpulan

UPS sebenarnya adalah Alat yang terdiri dari Charger yang berfungsi mengisi ulang daya pada Aki dan Inverter yang berfungsi mengubah Arus DC menjadi AC agar bisa digunakan untuk sumber listrik Komputer Desktop.

Dalam Project ini, saya memanfaatkan fungsi UPS yakni Charger yang menurut saya sangat baik, karena Charger pada UPS didesain untuk mengisi daya pada Deep Cycle Battery, itu artinya, Aki yang benar-benar Drop bisa diisi kembali dengan sangat mudah menggunakan Charger yang ada pada UPS, dimana tidak semua Charger Aki bisa.

UPS ini sukses saya gunakan mengembalikan “Kesehatan” Aki Motor yang Drop, dan bisa digunakan kembali dengan Normal, padahal Aki tersebut sudah sangat Discharged karena lupa mematikan Kunci Kontak ke posisi Off.

Selama tidak digunakan untuk mencharge Aki, UPS ini saya gunakan sebagaimana mestinya yakni untuk UPS Komputer Desktop saya, menggunakan Aki Gel Deep Cycle Battery seperti yang bisa dilihat pada Foto diatas 😀

Aki Gel itu sebelumnya saya pasang di Motor saya, hingga saya kecewa dengan hasilnya !

Ternyata, Aki Gel Technology disandingkan dengan UPS benar-benar mantap, hahaha. Backup Time-nya lebih lama dibandingkan ketika saya menggunaka AGM Battery pada UPS.

Kekurangannya ?

Tentu ada, seperti Charger pada Umumnya, tentu saja Arus yang dihasilkan membatasi Ukuran Aki yang bisa dicharge menggunakan UPS ini, Idealnya adalah Aki Motor 7 Ah, bisa lebih atau kurang, tapi tidak bisa terlalu besar seperti Aki Mobil. Jika ingin mencharge Aki dengan Kapasitas lebih besar, maka Trafo harus diupgrade ke ukuran yang lebih besar.

Itulah kenapa Judulnya saya khususkan untuk Aki Motor saja, meskipun Gambar Utama di Artikel ini menggunakan Aki Mobil, itu hanya Ilustrasi, Faktanya UPS ini tidak bisa mengisi ulang Aki Mobil tersebut, hanya bisa digunakan sebagai Backup Power menggunakan sumber daya listrik dari Aki Mobil tersebut, yang sangat tidak saya rekomendasi menggunakan Aki Mobil tipe Konvensional adalah ketika proses Discharge (mengubah DC ke AC oleh Inverter UPS) pada Aki Mobil tersebut melepas Gas Acid ke Udara, memenuhi Ruangan tempat Aki tersebut digunakan. Cukup bikin Kulit saya menjadi Gatal-gatal 😀

 

Semoga Bermanfaat 🙂


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



×
SSL Verified