L

Charger Aki Motor pakai UPS Komputer ?, Bisa !


Bismillahirrohmanirrohim


Charger Aki Mobil pakai UPS Komputer

UPS adalah singkatan dari Uninterruptible Power Supply yang menjadi Alat yang cukup Penting disandingkan dengan Komputer Desktop, namun UPS bisa kita jadikan sebagai Charger Aki Motor yang sangat Powerful dan Ampuh untuk mengisi kembali Aki (Accu/Battery) yang Drop.

Kelebihan UPS adalah, UPS menggunakan Dual Smart Charging System yang menjaga Stabilitas Tegangan dan Arus pada Aki ketika Aki sudah Fully Charged atau pengisian daya sudah penuh dengan mensuplai Tegangan yang ideal yang disebut Float Voltage, sehingga mencegah terjadinya Overchagred.

Selain itu, UPS juga bisa mencegah terjadinya Overdischagred ketika Aki digunakan sampai Habis Total, sehingga UPS akan Trun Off secara otomatis sebelum daya listrik pada Aki habis total. Tapi ini tidak disarankan pada Aki berjenis Starting Battery, hanya cocok pada Aki berjenis Deep Cycle Battery seperti Aki Gel yang marak beredar di Pasaran saat ini.

Aki Gel pada UPS

Aki Gel pada UPS

Aki Gel memang Idealnya untuk UPS, bukan untuk Motor, karena Aki Gel adalah Deep Cycle Battery dan membutuhkan Charging Profile khusus untuk bisa menggunakan Aki Gel di Motor, jika tidak, Aki Gel akan Hamil Duluan 😀

Aki Bawaan UPS

Aki Bawaan ICA UPS

Aki Bawaan ICA UPS

Seperti Aki Bawaan UPS ini yang merupakan Jenis Deep Cycle Battery dengan Teknologi VRLA (Valve Regulated Lead-acid) dan AGM (Absorbent Glass Matt) yang secara Teknologi sama seperti Aki Motor Bawaan Pabrikan, bedanya Aki Motor Bawaan Pabrikan bukan Deep Cycle Battery, tapi Jenis Starting Battery, lengkapnya SLI (Starting, Lighting, Ignition) Battery.

 

Trik mengubah UPS menjadi Charger Aki ini saya buat, karena jika Topiknya mengubah UPS yang sebelumnya menggunakan Aki Internal menjadi External, itu sudah Mainstream 😀

Powered by Dewaweb


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai


Disqus Comments



×
SSL Verified