L

Web Hosting Bukanlah Ibarat “Sebidang Tanah”


Bismillahirrohmanirrohim


Cloud Server

Web Hosting, adalah sesuatu yang sangat Vital kedua dari Alamat/Nama Domain.

Kenapa ?

Domain menduduki peringkat No. 1 dalam Aspek Terpenting dalam sebuah Website karena meskipun kita pindah-pindah atau gonta-ganti Web Hosting, alamat yang dituju tetaplah sama.

Tapi Web Hosting juga menjadi aspek terpenting kedua setelah Domain, karena tanpa Web Hosting, Website kita tidak akan Online 😀

 

Web Hosting Bukanlah “Sebidang Tanah”

Banyak yang menganggap Web Hosting adalah Sebidang Tanah, dan Domain adalah Sebuah Alamat.

Tidak salah, namun kurang relevant 😀

Menurut saya, Analogi paling relevant adalah Domain itu sama seperti Tanah yang kita beli, yang berlokasi di Alamat tertentu yang Fix tidak bisa dipindah-pindah lagi lokasinya. Tanah sudah termasuk Alamat kan ?

Analogi lainnya yang lebih relevant, Domain itu ibarat Alamat yang mudah dibaca. Misalnya JL. Cinta. RT 01, RW 01, Desa Asmara, Kecamatan Rindu, Kabupaten Pelabuhan Cinta 😀

Padahal, Alamat yang mudah dibaca itu memiliki Koordinat Geografi yang tidak semua orang bisa membacanya dengan baik dan benar, dan bisa gagal paham sehingga tidak bisa mengunjungi kita.

Contoh Koordinat: Kota Banjarbaru 03°27′ s/d 03°29′ LS dan 114°45′ s/d 114°45′ BT

Sedikit orang yang akan hafal angka-angka itu, lebih mudah dipahami ketika kita mengatakan: Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

 

Ada yang Tau Koordinat Itu Ibarat Apa ?

Ya Benar !

Koordinat itu ibarat IP Address, nah yang mengubah IP Address merupakan Angka/Nomor Acak menjadi Huruf yang bisa kita baca dengan mudah dan kita hafal dengan mudah, itu adalah Domain yang didalamnya sudah termasuk kemampuan Domain Name Server (DNS) yang biasanya diberikan Gratis oleh Registrar (Free Managed DNS Server).

Bukankah IP Address Akan Berubah-ubah Tergantung Web Hosting ?

Memang benar, tapi tetap saja yang kita bicarakan adalah Nama Domain (Alamat yang Mudah Dibaca), bukan Koordinat. Faktnya JL. A. Yani saja ada banyak sekali di Kalimantan Selatan atau bahkan di Daerah lain kan ?

Powered by Dewaweb


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai


Disqus Comments

  • Suparno

    Terimakasih, infonya sangat bermanfaat sebagai referensi



×
SSL Verified