L

Fakta Hasil Pengujian Kecepatan Server Indonesia VS Singapore !


Bismillahirrohmanirrohim


Cloud Server

Kali ini saya ingin membuat Artikel yang berbeda menanggapi pertanyaan Server Hosting Singapore VS Indonesia.

Karena menurut penelusuran saya, pembahasan ini masih bias, masih setengah-setengah, dan masih alakadarnya, dan kebanyakannya Artikel Copy Paste, dan sudah Obsolete serta tidak relevant lagi dengan kondisi perkembangan Teknologi Informasi saat ini 😀

Beberapa Point-point mengenai Server Singapura dengan Indonesia, itu berkutat di Latency (Response Time), Routing, Kecepatan kirim Email, dsb

Dengan kesimpulan, Server Singapore itu lebih ideal untuk target Visitor Asia yang masih cukup cepat untuk Visitor dari Amerika dan Eropa, benarkah ?, atau cuma mistos ?

Faktanya saat ini, perbedaan Latency antara Server Indonesia, Singapore, dan bahkan Server Amerika sekalipun, itu tipis sekali bedanya !

Karena sekarang ini, kita dari sisi Client saja sudah menggunakan Teknologi 4G (Mobile Broadband) dan Fiber Optic (Fixed Broadband).

 

Catatan untuk Server Amerika: Lokasinya berada di West Coast yakni lokasi di Amerika yang paling dekat dengan Asia, salah satunya adalah L.A (Los Angeles)

 

Berdasarkan Geo-location (Maps)

Dan untuk Server Singapore sendiri, jika Anda lihat di Peta, maka lokasinya bisa saja dikatakan sama dengan Server yang berlokasi di Pekanbaru (Riau, Indonesia) dan/atau Batam (Indonesia).

Singapore dan Batam (Indonesia)

Singapore dan Batam (Indonesia)

Kita bicara Geolocation, bukan National Territory 😀

Sama seperti kita membicarakan Network PoP CDN (Content Delivery Network).

Coba perhatikan contoh Network PoP dari salah satu Provider CDN dibawah ini:

BunnyCDN Network

BunnyCDN Network

Perhatikanlah, ketika saya berikan penanda berupa sebuah Kotak, Singapore itu tak ubahnya berada di wilayah Indonesia 😀

Sama seperti Malaysia yang secara Geolocation menyatu dengan Pulau Borneo (Kalimantan). Maka Singapore, dengan jarak sekitar 20 KM dari Batam, itu dekat 😀

Jadi, jangan terpaku pada nama negara, tapi fokuslah pada fakta dari lokasi berdasarkan Geografis (Geo-location).

Berbeda negara, bukan berarti secara jarak itu jauh, makanya Malaysia, Singapura, Timur Leste, bahkan Australia, itu disebut Negri Jiran (Tetangga), karena bersebelahan dengan kita.

Kalau Timur Leste dan Australia bisa dikatakan diluar batas wilayah Indonesia dari prospektif kotak (jika dipukul rata garisnya adalah seperti sebuah kotak persegi empat).

Tapi Singapore ?

Wah, itu ibarat tetangga yang rumahnya ada masih dalam lingkungan kita saja 😀

Bahkan kalau Anda lihat pada peta diatas, kalau kita di Jakarta, maka lebih dekat ke Singapore daripada ke Aceh kan ?, padahal Aceh adalah bagian Indonesia.

Paham kan maksud saya ? 🙂

 

Berdasarkan Hasil Ping (Latency/Response Time)

Maka, hasil Ping pun menunjukkan fakta yang menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan !

Tidak percaya ?

Berikut hasil Ping dari Server Indonesia, Singapore, dan Amerika:

 

Server Indonesia (Jakarta)

Server Singapore

Server Amerika (Los Angeles)

Dalam Test ini, saya menggunakan Provider Dewaweb yang saya gunakan saat riset untuk membuat artikel ini 🙂

 

Selanjutnya mari kita perbandingkan Selisih Latency dari Server Indonesia (Jakarta) VS Singapore, untuk Server Amerika (Los Angeles) tidak akan saya bahas, Anda bisa lihat sendiri dari hasil Ping diatas, Hasil Ping dari Server Amerika hanya membuktikan bahwa bahkan dari Indonesia ke Los Angeles (Amerika) saja, tidak terjadi Latency yang signifikan lebih besar daripada dari Indonesia ke Indonesia dan dari Indonesia ke Singapore.

 

Server Indonesia VS Singapore

Indonesia

Paling Kecil: 43,556 ms

Paling Besar: 95,810 ms

Rata-rata: 63,363 ms

 

Singapore

Paling Kecil: 52,882 ms

Paling Besar: 63,339 ms

Rata-rata: 63,339 ms

 

Selisih

Paling Kecil: 9,325 ms (Server Indonesia lebih unggul)

Paling Besar: 32,471 ms (Server Singapore jauh lebih unggul)

Rata-rata: 0,024 ms (Server Singapore lebih unggul)

 

Pemenangnya

Server Singapore !

Dengan perbedaan yang sangt sedikit (menang tipis) dengan Server Indonesia.

Itu membuktikan bahwa, Server yang berlokasi di Singapore, itu bisa dikatakan tidak ada bedanya dengan Server yang berlokasi di Indonesia, jika dari posisi kita yang merupakan Visitor dari Indonesia.

Tapi jika dari posisi mereka yang berlokasi di Amerika, Eropa, dan Asia secara Umum, maka Server Singapore jauh lebih unggul daripada Server Indonesia.

 

Buktinya Apa ?

Karena saya tidak berada di Amerika, maka saya gunakan Tool dari Pingdom 😀

 

Hasilnya:

Amerika ke Server Indonesia

Load Time US to JKT

Load Time US to JKT

 

Amerika ke Server Singapore

Load Time US to SG

Load Time US to SG

 

Loh Kenapa Server Singapore Lebih Cepat ?

Bukan lebih cepat, tapi lebih stabil 😀

Itu bisa dilihat dari “Spike” yang lebih tinggi pada Server Indonesia, masa Min Latency dari Indonesia ke Indonesia lebih tinggi daripada Indonesia ke Singapore ?

Nah, itulah kelebihan Server Singapore daripada Server Indonesia, yakni pada Networking !

 

Apa Keuntungannya Lainnya Memilih Lokasi Website di Singapura daripada di Indonesia ?

Memang saya akui, ada banyak pemilik Website berpikir bahwa lokasi server di Indonesia lebih baik dan lebih cepat dibanding di Singapura karena langsung terhubung dengan IIX (Indonesia Internet Exchange). Itu ada benarnya juga, karena koneksi Internet kita di Indonesia terganggu untuk koneksi ke International, Server Indonesia akan tetap Online jika diakses dari Indonesia. Anda pernah mengalami ISP (Internet Service Provider) yang Anda gunakan mengalami gangguan pada koneksi International ?

Ada beberapa hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan mengenai Server yang berlokasi di Singapura:

  1. Singapura berada sangat dekat dengan Indonesia dimana semua ISP di Indonesia pasti punya Direct Peering dengan network di Singapura.
  2. Latency network dari Indonesia ke Singapura hanya selisih sedikit saja dibandingkan Indonesia ke Indonesia, dan packet loss hampir tidak ada.
  3. Infrastruktur Internet dan datacenter di Singapura jauh lebih baik dibanding di Indonesia (supply listrik, keamananan, kualitas network, peering, dan lain-lain).
  4. Singapura memiliki koneksi internasional lebih bagus sehingga website Anda yang di-hosting di sana akan tetap bisa cepat diakses dari USA, Eropa, atau China, dan wilayah Asia lainnya. Coba bandingkan kalau website Anda di-hosting di server Indonesia dan coba diakses oleh teman Anda yang berada di Amerika, misalnya di New York.
  5. Reputasi IP address di Singapura lebih baik dibanding IP address Indonesia yang terkenal banyak kasus penipuan dengan kartu kredit, spamming, dsb, sehingga banyak IP address Indonesia yang diblokir oleh ISP dan website e-commerce dari luar.
  6. Faktor SEO juga harus dipertimbangkan. Reputasi IP dan kecepatan network mempengaruhi ranking website Anda di Google dan search engine lainnya.

 

Blog saya ini sudah saya pindahkan dari Server Indonesia ke Server Singapore. Keputusan itu tidaklah mudah, saya harus melakukan serangkaian Riset dan Pengamatan, serta Pertimbangan yang sangat matang, sebelum akhirnya saya putuskan untuk migrasi dari Server Jakarta (Indonesia) ke Server Singapore.

Sebagian besar pemikiran saya itu saya tuangkan di Artikel ini tentunya 🙂

 

Beberapa pertimbangan saya sebelum memindahkan Blog ini dari Server Indonesia ke Singapura:

  1. CloudFlare dan serta mayoritas Provider CDN lainnya seperti BunnyCDN, banyak yang memiliki PoP Server di Singapore, namun tidak di Indonesia. Dan Blog saya ini menggunakan CloudFlare dan CDN yang akan sangat aneh jika Server Blog ini di Indonesia, tapi CloudFlare dan CDN justru lokasinya di Singapore 😀
  2. Network Server Indonesia sering tidak stabil.
  3. Server Singapore menurut saya tak ubahnya seperti Server Indonesia di Batam jika dilihat secara Geografis. Server Indonesia sendiri memang ada yang berlokasi di Jakarta, Surabaya, dan Batam.
  4. Saya lebih yakin dengan Infrastruktur dan SoP di Singapore daripada di Indonesia, buktinya untuk urusan Network saja, Singapore lebih unggul dariapda Indonesia kan ?, belum lagi Prosedur darurat seperti terjadi Bencana Alam, Kebakaran, dsb. Anda pernah baca berita penanganan Data Center di Indonesia ketika terjadi kebakaran tempo dulu ?, heboh tuh di Berita 😀
  5. Banyak Provider Web Hosting, VPN, CDN dari Luar Negri seperti Amerika, dan Eropa yang expand ke Asia justru menyediakan Server Singapore daripada Server Indonesia, menurut mereka yang tentu lebih Expert, dinilai Server Singapore sudah ideal sekali untuk Target Visitor/Client di Indoensia sekali pun. Bagi Anda yang mengamati Harga Hosting di Luar Negri, pasti Anda tau kan betapa “Kompetitif” nya harga disana untuk Hosting bahkan dengan Server yang berlokasi di Singapore sekalipun.

 

Kesimpulan

Kemudian saya bertanya kepada Anda yang membaca Artikel saya ini 🙂

Menurut Anda, apakah Blog saya ini lambat diakses, atau cepat setelah menggunakan Server Singapore ?

Tentu saja diluar dari faktor kecepatan ISP yang Anda gunakan 😀

Agar penilaiannya netral, maka berikut saya berikan Screenshoot hasil pengujian GT-Metrix yang saya fokuskan pada hasil “Fully Loaded Time”:

Load Time GT-Metrix Indonesia VS Singapore

Load Time GT-Metrix Indonesia (Kiri) VS Singapore (Kanan)

Menurut hasil Benchmark, setelah Blog saya ini saya pindahkan ke Server Singapore, terjadi peningkatan Response Time yang sangat signifikan daripada ketika Blog ini saya hosting di Server Indonesia.

 

Akhir kata,

Bukannya beberapa Layanan terkait kebutuhan Webmaster, itu aksesnya dari Luar Negri seperti Amerika ?

Nah, Server Singapore adalah Lokasi paling startegis agar Blog atau Website kita bisa diakses dengan lancar baik untuk Traffic dari Indonesia, Asia pada umumnya, bahkan Amerika dan Eropa !

Salah satu kelebihan Server Singapore yang paling “Killer” adalah Koneksi Internationalnya yang lebih baik daripada Indonesia 😀

Saya tetap nasionalis kok, buktinya Domain Blog ini menggunakan Extension .iD meski saya harus merogoh kocek lebih dalam karena harganya yang mahal !

Dan saya mengutamakan Provider Web Hosting asal Indonesia, meski saya bisa saya membeli Web Hosting dari Provider asal Luar Negri.

Problem Indonesia dari dulu memang Network, akibat monopoli berkepanjangan oleh ISP Plat Merah, kalau saja tidak ada IIX (Indonesia Internet eXchange) dan OpenIXP (Open Internet eXchange Point), Network kita tidak akan sebaik sekarang ini. Dan optimislah kedepannya Network kita di Indonesia akan semakin baik lagi 🙂

Kelebihan Server Indonesia akan Anda rasakan ketika Anda menggunakan Colocation Server, yakni Anda beli Node/Unit Server sendiri, lalu Anda tempatkan di Data Center, tentu Data Center lebih mudah dijangkau karena berada di dalam negri  (Indonesia) bukan ?

 

Perhatian: Saat artikel ini saya buat, saya kebetulan menggunakan Cloud Hosting Dewaweb, sehingga tidak ada maksud apa pun dibalik penggunaan nama Dewaweb disini, anggap saja hanya sample dari riset yang saya lakukan ini.


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



×
SSL Verified