L

Cara Mudah Membuat CDN Palsu dengan Lokasi Server Indonesia


Bismillahirrohmanirrohim


CDN Nodes

Judulnya “Cara Membuat CDN Palsu dengan Lokasi Server Indonesia” tapi URL Slug malah “Solusi CloudFlare pada Blog Indonesia” 😀

Karena memang “Fake CDN (Content Delivery/Distribution Network)” ini dibuat, untuk mengatasi “Masalah” pada CloudFlare yang tidak tersedia PoP (Node Server) yang berlokasi di Data Center Indonesia.

Kata “Palsu” memang agak gimana gitu yah ?

Kalau mau agak keren dikit, sebut saja “Fake CDN” atau “Local CDN” 😀

Server Indonesia memang terkenal mahal, baik itu Web Hosting, maupun CDN.

Tidak heran mengapa Provider Web Hosting dan CDN di Amerika (Luar Negri) sana, mereka menyediakan Server Singapore, tapi tidak untuk Server Indonesia.

Bahkan maaf, banyak juga Orang Indonesia yang tidak menggunakan Server Indonesia, lebih memilih Server US (Amerika), justru bukan karena Target Visitor International, tapi karena masalah Cost/Biaya Hosting yang lebih murah jika pakai Server US, atau minimal pakai Server Singapore dengan harga yang sama-sama murah dibandingkan Server Indonesia, kita bisa mengcover Traffic dari Indonesia dengan Cost yang lebih murah.

Tapi saya yang Cinta Indonesia ini, bisa dilihat dari Extension Domain saya yang menggunakan .id. Saya tentu saja menggunakan Server Indonesia yang bisa disebut IIX (Indonesia Internet Exchange). Mahal ?, itu Relatif 😀

Buat apa saya menyajikan Konten berbahasa Indonesia, ditujukan untuk orang Indonesia, tapi mereka harus jauh-jauh mengambil konten saya dari Server US atau Singapore ?

Update

Saya sekarang memutuskan untuk menggunakan Server Singapore, alasannya ?, Klik Disini.

 

Meski dengan Koneksi Internet secepat sekarang ini, perbedaan kecepatan bisa tidak terasa, tapi bagi orang yang sensitif, perbedaan itu bisa terasa. Ada yang namanya “Latency” yang bisa kita cek dengan cara melakukan “Ping”, itulah yang membedakan Server Luar dengan Server Lokal, Latency atau Response Time itu yang utama menurut saya.

Lagipula, kita tidak bisa pungkiri bahwa Bandwidth Lokal dan Bandwidth International itu berbeda. Bandwidth Lokal bisa sampai 10 Gbps, dengan Bandwidth International yang paling cuma 1 – 2 Mbps, dan itu pun Shared.

Ketika ISP (Internet Service Provider) yang saya gunakan bermasalah (bukan ISP yang digunakan Server) pada Koneksi Internationalnya, saya masih bisa membuat konten untuk blog saya, dan besar kemungkinan bahwa bukan saya saja yang mengalami masalah pada Koneksi International, maka dari itu visitor dari Indonesia masih bisa membaca artikel di blog saya tanpa masalah.

 

Nah apa hubungannya Artikel ini dengan CloudFlare ?

Anda pasti tau, Server atau PoP milik CloudFlare tidak ada yang berlokasi di Indonesia, paling dekat hanya di Singapore, sedangkan target visitor adalah untuk Indonesia. Dari Indonesia, untuk Indonesia.

Sedangkan kita membutuhkan CloudFlare bukan pada Fitur CDN yang ada pada CloudFlare, melainkan Fitur Security, Firewall, Anti-DDoS dan Web Accelerator yang ada pada CloudFlare.

Dengan CloudFlare, Blog saya bisa IPv6 Ready baik itu Web Server maupun DNS Server, silahkan Test sendiri dengan mengklik Button “√ IPv6” pada bagian Footer blog saya ini. Dengan CloudFlare juga saya bisa menerapkan DNSSEC dan juga fitur Page Rule yang ada di CloudFlare juga sangat membantu saya untuk kebutuhan tertentu. Waktu Resolve DNS Record pada Zone DNS CloudFlare juga sangat-sangat cepat.

Ada banyak kelebihan CloudFlare yang saya butuhkan, tapi untuk CDN ?, Oh no saya tidak perlu, karena meningkatkan Latency saat meload Static File pada Blog saya, seperti File Gambar, CSS, JavaScript, dsb

Koreksi: Latency Server Indonesia dan Singapore perbedaanya kecil sekali 😀

Sedangkan CloudFlare tidak memberikan Opsi untuk menonaktifkan Fitur CDN, memang ada Opsi “Development Mode” yang akan melewatkan Caching CDN, tapi itu Temporary, akan otoamtis Disable dalam waktu tertentu.

Bonus: Kita bisa sedikit mendapatkan nilai keren karena menggunakan Subdomain untuk Static File, misalnya cdn.example.com 😀

Anda tidak perlu repot-repot mencari “CDN Indonesia” hanya untuk mendapatkan PoP CDN yang berlokasi di Indonesia. Save your money !

Kecuali Blog atau Website Anda memang disimpan di Web Hosting yang berlokasi di Luar Negri.

CloudFlare sangat cocok pada Website yang dihosting di Server Amerika atau Eropa, bukan untuk Website yang dihosting di Server Indonesia.

 

Caranya ?

Pertama-tama, sesuai judul artikel ini, tentu saja Website/Blog Anda menggunakan Web Hosting yang Servernya berlokasi di Indonesia.

Buatlah Alias/Parked Domain melalui cPanel/Plesk, terserah Anda mau pakai cdn.example.com, dsb

Saya yakin Anda bisa melakukannya, karena ini sangat umum sekali, Anda bisa mencari Tutorial Cara Membuat Parked/Alias Domain di cPanel, di YouTube ada banyak sekali Tutorialnya.

Tapi untuk bisa dijadikan sebagai CDN, kita harus mengaktifkan CORS (Cross Origin Resource Sharing) Header yang bisa diaktifkan menggunakan File .htaccess yang ada di ~/public_html.

Tambahkan Kode dibawah ini pada File .htaccess tersebut:

Lalu Install Plugins CDN pada umumnya, seperti CDN Enabler, atau Fitur CDN di Plugins W3 Total Cache jika Anda menggunakannya.

Dan pada Hostname, isilah dengan Alias/Parked Domain yang Anda buat tadi.

 

Default Domain Alias pada cPanel

Secara Default, setiap Account cPanel memiliki Domain Alias yakni mail.example.com.

Sebagai Contoh:  https://mail.lukmanulhakim.id/wp-content/uploads/2017/03/logo-lukmanul-hakim-v1.png

Bahkan mail.example.com sudah diterapkan HTTPS jika Anda menggunakan Let’s Encrypt yang diaktifkan melalui cPanel. Kelebihan Let’s Encrypt CA selain SNI (Server Name Identification) adalah SAN (Subject Alias Name) yang mampu menerapkan SSL Certitifate yang sama pada Domain Alias, meskipun berbeda Nama Domain dan Extension, SAN berbeda dengan Wildcard (*.example.com) yang cuma bisa diterapkan pada Subdomain saja.

Anda bisa lakukan Testing menggunakan Alias Default mail.exampl.ecom tersebut.

Nah, jika Anda ingin menggunakan Hostname selain mail.example.com, misalnya cdn.example.com, maka buatlah Alias/Parked Domain menggunakan Hostname lain, tidak melulu Subdomain, bisa juga Domain lain atau Subdomain dari Domain lain. Misalnya seperti yang saya terapkan pada Domain al-hakim.id milik saya, yakni lukman.al-hakim.id .

 

Alternative Lain yang Lebih Baik

Cara yang lebih baik jika toh cuma pakai Subdomain, adalah dengan membuat Subdomain yang Documment Root diarahkan ke public_html. Itu hasil akhirnya sama persis seperti Alias/Parked Domain.

Fitur Alias/Parked Domain itu idealnya digunakan jika kita menggunakan Domain lain sebagai Alias yang berbeda secara keseluruhan.

Misalnya: lukman.al-hakim.id

Itu adalah Alias/Parked Domain

Sedangkan Subdomain yang diarahkan Doccument Root-nya ke public_html contohnya adalah: cdn.lukmanulhakim.id  (yang dicover CDN CloudFlare) atau blog.lukmanulhakim.id  (yang tidak dicover CDN CloudFlare).

Jadi, seperti saya sekarang yang berubah pikiran justru menggunakan Server Singapore, maka CDN dari Subdomain cdn.lukmanulhakim.id bisa saya gunakan dan itu sudah menerapkan CDN dari seluruh PoP Network yang disediakan CloudFlare.

Fungsinya sama persis dengan CDN berbayar seperti KeyCDN, dan BunnyCDN.

Gratis pula 😀

Tutorialnya sudah saya buatkan khusus disini.

 

Kesimpulan

Ini adalah solusi bagi Anda yang tidak ingin membuat Visitor asal Indonesia Anda harus jauh-jauh ke Singapore dulu untuk mengambil Static Content di Blog Anda, seperti File Gambar, CSS, JavaScript, dsb

Memang terkesan sepele, tapi percayalah Latency itu bagi mereka yang sensitif, sangat membuat risih jika Response Time-nya lambat, tentu ini relatif tidak terasa jika Speed Internet cepat, tapi jika lambat ?, wah sangat terasa sekali pengaruhnya. Dengan Koneksi 3G, Anda akan merasakan bedanya, namun jika menggunakan 4G, memang tidak merasakan bedanya.

Kalau saja CloudFlare hanyalah Layanan CDN biasa, saya tidak akan menggunakan CloudFlare !

Tapi CloudFlare tidak sekedar CDN saja, malah banyak yang heran loh kenapa CloudFlare bisa kasih CDN Gratis dengan Unlimited/Unmetered Bandwidth/Data Transfer, sementara banyak Provider CDN lain menjual CDN dengan Harga Mahal dengan Limited Data Trasfer.

CDN bagi CloudFlare cuma sebagian kecil dari Fitur yang mampu diberikan CloudFlare, bahkan mereka gratiskan.

Dan karena Blog saya ini saya targetkan untuk Traffic dari Indonesia, maka saya tidak perlu CDN yang berlokasi di Singapore.

Seperti kita ketahui, Web Hosting di Indonesia umumnya memberikan Unmetered Data Transfer/Bandwidth, sehingga kita tidak perlu memikirkan tambahan Biaya untuk membayar CDN lagi hanya karena ingin mendapatkan CDN yang memiliki PoP di Indonesia. Dan sepengetahuan saya, tidak ada CDN yang Unmetered/Unlimited selain CloudFlare.

Sebaiknya Anda membaca Artikel saya sebelumnya yang berjudul “Perlukan Menggunakan CDN ?“.

So, tidak perlu lagi mencari di Google dengan Keyword “CDN Indonesia” yah, kalau toh Website/Blog Anda disimpan di Server Indonesia dan Mayoritas Traffic berasal dari Indonesia 😀

Kalau Anda memang membutuhkan CDN yang menyediakan PoP (Node Server) yang berlokasi di Indonesia dan juga lokasi lain secara Global untuk mengcover Traffic Lokal maupun Interational, saya akan informasikan CDN yang menyediakan itu, yakni CDN77. Tapi Anda perlu membuat Deal khusus dengan bagian Sales mereka untuk bisa mengaktifkan PoP yang berlokasi di Indonesia tersebut, dan saya asumsikan Anda tidak masalah dengan Harga/Tarif, karena memang mahal 😀

 


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



×
SSL Verified