L

Bisakah Ngeblog dengan Facebook ?


Bismillahirrohmanirrohim


Blogging

Aktivitas Blogging di Facebook bukanlah sesuatu yang mustahil. Hanya karena Anda menulis di Facebook, bukan berarti Anta tidak bisa dikatakan Blogging dan Anda tidak bisa disebut Blogger !, teruslah membagikan informasi bermanfaat kepada sesama, namun pastikan bukan Hoax.

Blog“adalah Singkatan Kata dari “Web Log“, sedangkan “Log” adalah Kata dalam Bahasa Inggris yang berarti “Mencatat“. Ketika Anda Update Status di Facebook, sebenarnya Anda sedang membuat Log Aktivitas Anda sehari-hari, namun ketika Anda memposting Pemikiran di Facebook, itu artinya Anda sedang Blogging.

Bukankah di Facebook terdapat Fitur “Log Aktivitas” ?

Ketika Twitter disebut Microblogging karena Batasan Karakter hanya 140 saja, maka Facebook adalah Makroblogging,  karena Batasan Karakter sampai 63.206 ! yang sebelumnya hanya 420 saja.

With the increased Facebook status update limit, people can even share a short book on a friends wall

-Vadim Lavrusik (Facebook’s Journalist Program Manager)-

 

Jangan lupa kalau Facebook itu pun juga adalah sebuah Website (Situs Web) dengan URL (Uniform Resource Locator) https://www.facebook.com 😀

Web” adalah istilah lain selain “Network” yang berarti “Jaringan“, bukankan Facebook itu disebut “Social Networking” ?

Perbedaannya hanya pada Platform saja yang sudah pasti mengakibatkan perbedaan Environment, bahkan WordPress dan Blogger by Google saja berbeda Environment, apalagi jika dibandingkan dengan Facebook ? 😀

Kekurangan dari Aktivitas Blogging di Facebook cuma satu, yakni Anda memposting di Facebook hanya dalam Format Plain Text, sama seperti Anda mengetik di Plain Text Editor seperti Notepad di Windows, Gedit di Ubuntu.

Sedangkan Blogging di WordPress ataupun Blogger ataupun lainnya yang berbasis Website, Anda seperti mengetik di Word Editor dalam Format HTML dengan dibantu WYSWYG (What You See What You Get) Editor yang merupakan GUI (Graphical User Interface) dari Code Editor di Web Log.

Tapi Aktivitas Blogging di Facebook lebih “Easy Doing”, tidak perlu memikirkan Judul Postingan, Anda bisa secara Spontan menulis apa yang ada dipikiran Anda di Facebook.

Bahkan saya biasa menulis di Facebook Update Form terlebih dahulu, lalu Konsep itu saya Copy ke Editor Blog saya ini dan kemudian saya Editing dan Kembangkan lebih lanjut sehingga menjadi Artikel yang lebih baik di Platform WordPress. Tinggal memikirkan Judulnya saja.

Saya akui memang Ide Tulisan itu mudah sekali muncul ketika dihadapkan pertanyaan “What’s on your mind ?” di Facebook.

Tidak peduli Media Aplikasi tempat Anda menulis, yang terpenting adalah Konten yang Anda buat !

Kalau bisa Memposting sesuatu yang Bermanfaat, kenapa harus Memposting sesuatu yang Sia-sia ?

Dan ketika Anda ingin mendapatkan Pembaca dengan Ruang Lingkup Lebih Besar, maka Go Public lah !

Caranya dengan mengubah Pengaturan Privasi Akun Facebook Anda menjadi Public lalu mengizinkan Search Engine untuk mengindex Akun Facebook Anda.

Powered by Dewaweb


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai


Disqus Comments



×
SSL Verified