Rekomendasi MTF untuk Gearbox Scooter Matic

Sumber: http://dsiventures.com

Sebelumnya saya sudah membahas Fakta tentang Scooter Matic Gear Oil Rekomendasi ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merk) yang ternyata isinya Oli Mesin.

Banyak pertanyaan ditujukan kepada saya, salah satunya yang menurut saya perlu untuk dibuatkan Artikel Khususnya adalah MTF (Manual Transmission Fluid) yang menjadi Rekomendasi, baik dari saya pribadi, maupun dari Komunitas LDIC (Long Drain Interval Community).

Kenapa LDIC ?

Karena saya tidak sendirian 🙂

Topic ini sebenarnya sudah lama saya Blow Up di LDIC, baik itu di Facebook Group maupun di Kaskus.

Pro Kontra ?

Jelas pasti ada, dan saat itulah teman-teman di LDIC mendukung saya, Thanks Bro ! 🙂

Memang wajar jika ada keraguan, karena ini adalah Hal Baru di Indonesia yang Mayoritas pengguna Scooter Matic Honda dan Yamaha, dan Standard/Rekomendasi-nya menggunakan Oli “Gardan” yang disediakan oleh ATPM yang kita sudah tau isinya apa. Sebagian ada yang tetap menggunakan Oli Mesin di “Gardan” (Gearbox) karena menganggap remeh Beban Kerja Gearbox pada Scooter Matic yang menurut mereka tidak seberat Beban Kerja Mesin 😀

Saya pun awalny mengira bahwa “Glitter” itu hanya terjadi pada Scooter Matic saya yakni Vario 125i.

Tapi setelah mendapat respon “Senasib” dari pengguna Scooter Matic berbagai merk dan tipe, akhirnya saya putuskan untuk Riset, untuk menbuktikan sendiri.

Hasilnya jelas sekali, Oli Mesin ya untuk Mesin, Gearbox ?, ya Manual Transmission Fluid !

Singkatnya, Adpack (Additive Pack)-nya BEDA !. Wajar saja, Standard Sertifikasinya saja sudah berbeda 😀

Tidak perlu saya ceritakan proses panjang ketika saya melakukan Experiment Pribadi, yang jelas saya menyimpulkan bahwa Oli Mesin, baik itu MCO (Motorcycle Oil), maupun PCMO (Passanger Car Motor Oil), dan HDEO (Heavy Duty Engine Oil), semuanya dari Sample yang saya uji pada Scooter Matic dari Honda, Yamaha, dan Suzuki, menghasilkan “Glitter”.

 

“Glitter” itu bagaimana sih ?

Silahkan lihat sendiri, jelas kok 😀

Faktanya, “Glitter” ini ada, dan banyak, bahkan cuma dalam pemakaian singkat, yakni 100 – 200 KM !, itu artinya terjadi Friksi Hebat bahkan sejak Pertamakali digunakan, sehingga terakumulasi sedemikian banyaknya.

Klik Gambar untuk Memperbesar

Itu Oli Mesin yang saya gunakan cuma sekitar 200 KM saja !

 

Apa itu “Glitter” ?

Glitter” atau dalam Bahasa Indonesianya “Berkilau“, itu sesuai Istilahnya, yakni Bintik-bintik Putih yang berkilauan ketika disorotkan cahaya, khususnya dari LED Flashlight, paling mudah saat ini menggunakan Flashlight di Smartphone yang menggunakan LED Flash Kamera sebagai Senter. Yeah Mostly Senter saat ini menggunakan LED 😀

Ada banyak spekulasi mengenai dari mana serpihan itu dihasilkan ?, apakah dari Bearing ?, Gear ?, bahkan ada yang mengira itu dari Drat Baut. Tidak ada yang bisa memastikan, karena tidak melakukan UOA (Used Oil Analysis).

Dugaan terkuat, serpihan itu dari Bearing !, karena melihat kenyataan yang terjadi pada Motor Scooter Matic yang Mileage-nya sudah jauh, ketika mengganti Oli “Gardan”, selalu didapati Oli Bekasnya menjadi Hitam.

Bearing yang ada pada Gearbox sudah Aus, maka Oli didalam Gearbox PASTI cepat Hitam, meskipun hanya digunakan dengan jarak yang pendek !

 

Rekomendasi MTF untuk Scooter Matic

Disinilah saya sangat dibantuk oleh Teman-teman di LDIC yang Sharing, MTF yang terbukti secara empiris tidak menghasilkan “Gliter”. Karena saya Stuck di Castrol MTF API GL-4 SAE 80W-90 😀

Ya, Rekomendasi dari saya adalah Castrol MTF API GL-4 SAE 80W-90.

Sumber: Official Castrol

Sumber: http://www.castrol.comSilahkan Download PDS (Product Data Sheet) disini dan MSDS (Material Safety Data Sheet) disini, atau bisa Anda lihat Screenshoot-nya dibawah ini:

Klik Gambar untuk Memperbesar

Saya menggunakan ini karena memang produk ini sangat mudah didapatkan di Indonesia, sudah menjadi MTF yang  Mainstream sekali di Indonesia ini, bahkan di Daerah terpencil pun ada. Harganya terjangkau, dan yang terpenting adalah saya sudah buktikan tidak terdapat “Glitter”.

 

Inilah hasilnya, setelah saya menggunakan Castrol MTF API GL-4 SAE 80W-90:

Klik Gambar untuk Memperbesar

No “Glitter” yeah 😀

Padahal Pemakaian 10.000 KM !, bahkan Warna-nya saja tidak berubah.

 

Community Recomendation

Kalau Castrol MTF API GL-4 SAE 80W-90 diatas adalah Recomendasi dari saya, maka selanjutnya saya akan memberikan satu lagi MTF yang Lulus “Flashlight Test“, yang dilakukan oleh Teman-teman di LDIC.

Pertamina RORED SAE 80W-90

Sumber: Official Pertamina

Silahkan Anda Download PDS-nya disni, atau bisa Anda lihat langsung Screenshoot-nya dibawah ini:

Klik Gambar untuk Memperbesar

Mostlye Teman-teman di LDIC mengatakan bahwa Pertamina RORED baik itu MTF, EPA, dan HDA, bisa digunakan di Gearbox Motor Scooter Matic tanpa ditemukannya “Glitter”. Padahal EPA dan HDA itu Differential Gear Oil (Gardan Mobil).

Ada perbedaan antara Manual Transmission Fluid (MTF) dan Differential Gear Oil (Gear Oil), karena Transmisi dan Gardan pada Mobil pun berbeda. Maka, meski sama-sama menggunakan Standard API GL, antara MTF dan Gear Oil itu Mostly berbeda pada Adpack-nya. Tapi tentu saja hanya Produsen yang tau, yang jelas mereka tidak akan membedakan produk mereka menjadi Gear Oil dan MTF kalau tidak ada bedanya dari sisi Adpack, karena sama-sama API GL, bahkan sama-sama SAE 80W-90, bahkan ada Gear Oil khusus LSD (Limited-slip Differential).

Jadi, perlu digaris bawahi bahwa ketika sebuah produk menggunakan Istilah “Gear Oil”, maka umumnya itu adalah Differential Gear Oil, namun jika menggunakan Istilah “Manual Transmission Fluid”, maka  sudah bisa dipastikan itu untuk Transmisi Manual.

Testimonial dari Teman-teman LDIC ketika menggunakan Pertamina Gear Oil ini menarik, karena dalam proses Experiment yang saya lakukan, penggunaan Gear Oil masih terdapat “Glitter”. Jadi, semua kembali lagi pada “Flashlight Test”.

 

Kenapa MTF, bukan ATF (Automatic Transmission Fluid, kan Motor Scooter Matic itu Automatic ?

Anda tau yang “Automatic” di Scooter Matic itu apa ?

CVT (Continuously Variable Transmission), dan “Transmission” disini bukan merujuk pada Gearbox, karena Gearbox pada Scooter Matic itu Fixed yang karena itulah lebih relevant disebut “Gear Ratio“.

Tau kalau ATF sering digunakan juga pada Power Steering ?

Karena ATF itu Kompatibel dengan Sistem Hidrolis (Hydraulic) yang menjadikannya sangat encer 😀

Tau kalau ATF dicampur Asetone bisa lebih baik daripada Penetrant ketika ingin membuka Baut yang sudah Berkarat ?

Karena ATF itu Encer 😀

Menurut Teman-teman yang sudah mencoba ATF di Gearbox Scooter Matic, hasilnya Harmful !

Mau coba ?, DWYOR (Do It With Your Own Risk) !

 

Jangan khawatir, meskipun MTF itu SAE 80W-90, tapi itu sama dengan SAE 20W-40 pada Oli Mesin 🙂

Sumber: http://www.leaderpetroleum.com/viscosity_table.htm

 

Mau yang sama dengan 10W-30 ?

Maka carilah dan gunakanlah SAE 75W-80, Good Luck :), soalnya itu barang langka 😀

 

Jika, Anda punya Tambahan mengenai MTF atau bahkan Gear Oil yang lulus “Flashlight Test”, saya berharap Anda mau berbagi dengan saya untuk melengkapi Artikel ini 🙂

Dukung saya dengan cara menonaktifkan Plugin/Addon AdBlocker di Browser maupun di Smartphone Anda khusus untuk www.lukmanulhakim.id dan mengklik Iklan yang ada di Blog saya 🙂



Facebook Comments

Content Protection by DMCA.com
Self-signed Certificate
%d bloggers like this: