Blogging di Facebook, Kenapa Tidak ?

Sumber: http://www.bacaaku.com

Aktivitas Blogging di Facebook bukanlah sesuatu yang mustahil. Hanya karena Anda menulis di Facebook, bukan berarti Anta tidak bisa dikatakan Blogging dan Anda tidak bisa disebut Blogger !

Blog“adalah Singkatan Kata dari “Web Log“, sedangkan “Log” adalah Kata dalam Bahasa Inggris yang berarti “Mencatat“. Ketika Anda Update Status di Facebook, sebenarnya Anda sedang membuat Log Aktivitas Anda sehari-hari, namun ketika Anda memposting Pemikiran di Facebook, itu artinya Anda sedang Blogging.

Bukankah di Facebook terdapat Fitur “Log Aktivitas” ?

Ketika Twitter disebut Microblogging karena Batasan Karakter hanya 140 saja, maka Facebook adalah Makroblogging,  karena Batasan Karakter sampai 63.206 ! yang sebelumnya hanya 420 saja.

With the increased Facebook status update limit, people can even share a short book on a friends wall

-Vadim Lavrusik (Facebook’s Journalist Program Manager)-

Jangan lupa kalau Facebook itu pun juga adalah sebuah Website (Situs Web) dengan URL (Uniform Resource Locator) https://www.facebook.com 😀

Web” adalah istilah lain selain “Network” yang berarti “Jaringan“, bukankan Facebook itu disebut “Social Networking” ?

Perbedaannya hanya pada Platform saja yang sudah pasti mengakibatkan perbedaan Environment, bahkan WordPress dan Blogger by Google saja berbeda Environment, apalagi jika dibandingkan dengan Facebook ? 😀

Kekurangan dari Aktivitas Blogging di Facebook cuma satu, yakni Anda memposting di Facebook hanya dalam Format Plain Text, sama seperti Anda mengetik di Plain Text Editor seperti Notepad di Windows, Gedit di Ubuntu.

Sedangkan Blogging di WordPress ataupun Blogger ataupun lainnya yang berbasis Website, Anda seperti mengetik di Word Editor dalam Format HTML dengan dibantu WYSWYG (What You See What You Get) Editor yang merupakan GUI (Graphical User Interface) dari Code Editor di Web Log.

Tapi Aktivitas Blogging di Facebook lebih “Easy Doing”, tidak perlu memikirkan Judul Postingan, Anda bisa secara Spontan menulis apa yang ada dipikiran Anda di Facebook.

Bahkan saya biasa menulis di Facebook Update Form terlebih dahulu, lalu Konsep itu saya Copy ke Editor Blog saya ini dan kemudian saya Editing dan Kembangkan lebih lanjut sehingga menjadi Artikel yang lebih baik di Platform WordPress. Tinggal memikirkan Judulnya saja.

Saya akui memang Ide Tulisan itu mudah sekali muncul ketika dihadapkan pertanyaan “What’s on your mind ?” di Facebook.

Tidak peduli Media Aplikasi tempat Anda menulis, yang terpenting adalah Konten yang Anda buat !

Kalau bisa Memposting sesuatu yang Bermanfaat, kenapa harus Memposting sesuatu yang Sia-sia ?

Dan ketika Anda ingin mendapatkan Pembaca dengan Ruang Lingkup Lebih Besar, maka Go Public lah !

Caranya dengan mengubah Pengaturan Privasi Akun Facebook Anda menjadi Public lalu mengizinkan Search Engine untuk mengindex Akun Facebook Anda.

 

Caranya ?

Buka Pengaturan Facebook

Pilih Privasi

Pada Opsi “Siapa yang dapat melihat kiriman saya?“, ubah menjadi “Public“.

Lalu pada Opsi “Siapa yang dapat mencari saya?“, ubah pada “Anda ingin mesin pencari di luar Facebook terhubung dengan profil Anda?“, lalu Centang pada “Izinkan mesin pencari di luar Facebook untuk terhubung ke profil Anda“.

Selamat Anda sudah Go Public ! 😀

Di Search Engine, Facebook menggunakan Domain https://id-id.facebook.com yang akan Redirect ke https://www.facebook.com ketika diakses oleh Visitor.

Pada intinya adalah, “Artikel” Anda sudah bisa dibaca Public (Dunia) dan bisa ditemukan di Search Engine seperti Google, Bing, dsb

Anda tidak perlu memikirkan SEO (Search Engine Optimization), tinggal bagaimana Anda kemudian membuat Postingan yang Bermanfaat, Informatif, bukan Hoax, jangan malah menjadi Alay dan Drama di Facebook ketika suda Go Public, malu-maluin saja. Apa Kata Dunia ?

Facebook Comments

%d bloggers like this: