Preview PCMO Repsol Elite Neo API SN/GF-5 SAE 5W-30

Sumber: https://www.repsol.com

Repsol Elite Neo Full VHVI SAE API SN ILSAC GF-5 SAE 5W-30 ini saya dapatkan di salah satu Bengel Khusus Ganti Oli Mobil di Kota Banjarbaru tempat saya berdomisili.

Dengan Harga Rp 115.000 (Di Pulau Jawa Harganya Rp 100.000) untuk Kemasan 1 Liter, saya membawa pulang Oli ini dengan rasa Penasaran yang berkecamuk di Pikiran saya, kenapa ?

Karena saya benar-benar tidak merencanakan untuk membeli Oli ini sama sekali ! 😀

Tidak seperti biasanya saya yang selalu “Hunting” Informasi dulu sebelum membeli Oli yang sama sekali Baru bagi saya, kali ini saya terhipnotis oleh Brand Image Repsol yang begitu Familiar dan Bonafit itu.

Apalagi ketika melihat tulisan 115 yang ditulis menggunakan Spidol di Label Oli ini yang berarti Harganya cuma Rp 115.000, dan ketika melihat Label bagian belakang yang mengindikasikan ini Made In Europe (Spain). Oli Import nih 😀

Sebenarnya niat saya ke Bengkel tersebut untuk membeli Pertamina Fastron Gold Full VHVI API SN/CF SAE 5W-30, karena saya memutuskan untuk tidak melanjutkan penggunaan Honda E-Pro Blue Full VHVI API SN/GF-5 SAE 5W-30 di Honda Vario 125i saya. Kenapa ?, nanti akan saya tulis di Artikel Review Honda E-Pro Blue !

Rasa Rindu saya terhadap Pertamina Fastron Gold Full VHVI API SN/CF SAE 5W-30 akhirnya harus lebih lama lagi, selain karena Harga Oli ini yang lebih murah daripada Fastron Gold, Bengkel tersebut tidak menjual Pertamina Fastron Gold, saya datang ke Bengkel itu Jam 5 Sore :D, benar-benar tidak ada waktu untuk “Hunting” Informasi, sedangkan Hati saya sudah tidak sabar lagi ingin membeli Oli ini, tidak bisa menunggu besok lagi karena E-Pro Blue sudah EOL saja @6000 KM yang berimbas ke Fuel Consumtion dan Vibrasi Mesin.

Melihat Harganya yang bersaing dengan E-Pro Blue, Oli ini benar-benar layak dicoba 😀

Siapa yang tidak kenal Repsol coba ? 😀

Tapi Repsol kali ini tidak dominan warna Orange, karena ini PCMO (Passanger Car Motor Oil) / Oli Mobil. Yupz, Warna Orange itu khusus untuk MCO (Motorcycle Oil) Repsol yang Populer sekali menjadi Livery pada Motor Honda.

Desain Jerrycan

Desain Jerrycan Repsol yang selalu mengingatkan saya pada Desain Box Retail Windows Vista ini memang “Bulking” sekali untuk Ukuran Oli 1 Liter, tapi justru malah menambah kesan “Elite”-nya Oli ini. Alhamdulillah dibagian sisinya juga terdapat “Volume Level” Per 250 mL, yang ditandai Garis Tengah pada bertuliskan 0,5 L (500 mL). Tau sendiri kan Vario 125i itu perlunya cuma 750 mL saja, itu pun padahal saya selalu Drain Oli dari samping sekalian membersihkan Strain Oil Filternya yang tidak pernah kotor itu :D. Dengan ini, saya cukup menuang Oli didalamnya sampai tersisa Oli pada Garis Terakhir, yang artinya Oli di dalam Jerrycan tersisa 250 mL. Maka, pada Ujung Dipstick pasti akan berada di Level Ideal antara Upper Level dan Lower Level.

Satu hal yang membuat saya Gagal Paham pada awalnya adalah Teknologi Sealing yang digunakannya, saya sempat Parno sendiri jadinya, takutnya ini Palsu 😀

Untungnya saya pernah mendengar Informasi kalau Teknologi Sealing seperti ini sudah biasa, justru Sealing menggunakan Segel Hologram berbahan Aluminium Foil dan Kertas Karton di bagian dalam Tutupnya itu Teknologi Usang. Salah satu Produsen yang sudah tidak menggunakan Segel Aluminium adalah Amsoil, tapi saya tidak tau apakah sama seperti Repsol ini.

Ketika Tutupnya diputar, memang Feelnya tidak biasa, seperti memutar sesuatu di dalamnya, dan ketika sudah terbuka, seperti inilah jadinya:

“Teeth” yang berada di Tutupnya itulah yang mengait “Teeth” bagian dalam sehingg terbuka. Jadi sebelum Segel Ring di Tutup sobek, Tutup Jerrycan ini memutar “Itu” dulu. Buset dah saya tidak tau Istilah Bagian-bagian itu 😀

Yeah, New Experience 😀

 

Spesifikasi/Sertifikasi

Sumber: https://www.repsol.com

Sumber: https://engineoil.api.org

Oli ini benar-benar hanya untuk Asian OEM Requirement, lihat saja Sertifikasinya hanya API SN dan ILSAC GF-5 (yang sudah pasti Resource Concerving), dimana OEM Mobil Eropa tidak menysaratkan ILSAC (International Lubricants Standardization and Approval Committee), melainkan ACEA (European Automobile Manufacturers’ Association).

Product Data Sheet ?

Sayang sekali Product Data Sheet Oli ini tidak tersedia 🙁

 

Kesimpulan

Meskipun Oli ini sudah API SN dan SAE 5W-30, Oli ini tidak sebanding jika dikomparasikan dengan Pertamina Fastron Gold yang lebih banyak menyabet Prestasi Sertifikasi baik itu ACEA maupun Europe OEM Approval.

Dengan kata lain, Oli ini memang untuk Asian OEM Approval di Europe sana 😀

Oli Repsol yang pantas dikomparasikan dengan Fastron Gold 5W-30 adalah Repsol Elite Evolution Long Life 5W-30

Sumber: https://www.repsol.com

Sumber: http://pertaminaracing.com/

Ya, Fastron Gold 5W-30 adalah Oli Europe OEM Approval by Indonesia 😀

Repsol Elite Neo API SN/GF-5 SAE 5W-30 ini lebih tepat jika dikomparasikan dengan Honda E-Pro Blue Full VHVI API SN ILSAC GF-5 SAE 5W-30, kebetulan Oli yang saya gunakan sebelumnya adalah E-Pro Blue, benar-benar menjadi Komparasi yang menarik nih Honda Genuine Oil E-Pro Blue VS Repsol Elite Neo 😀

Performance Feeling dan Drain Interval ?

Nanti di Artikel Review PCMO Repsol Elite Neo API SN/GF-5 SAE 5W-30, ini baru Artikel Preview 😀

Facebook Comments

%d bloggers like this: