Cara Mengganti Oli Gear Motor Matik Honda yang Tidak Biasa tapi Efektif

Sumber: Manual Reparasi Vario 125i

Kali ini saya mau bikin Artikel Anti Mainstream lagi nih 😀

Insya Allah, kedepannya saya akan mengubah Retorika Bahasa saya menjadi lebih mudah dipahami, karena banyak sekali kritik dan saran yang masuk ke saya mengenai Retorika Bahasa saya yang seringkali bikin gagal paham :D, dan saya menyadari ternyata itu berpengaruh pada Keyword Artikel saya di Search Engine, khususnya pada Judul Artikel 🙁

Di Internet sudah banyak sekali Artikel yang menunjukkan bagaimana cara mengganti Oli “Gardan” (Final Reduksi) Motor Matik dari berbagai Produsen Motor, baik itu Yamaha, Honda, Suzuki, Kymco, dsb

Tapi, pernahkan Anda bertanya-tanya, kenapa Honda dan Yamaha itu berbeda ?

Yamaha seperti yang kita tau, mengisi Oli dari atas, dan penutupnya terbuat dari plastik, mirip seperti Dipstick Oli Mesin, tapi Honda ?

Kok beda ya ? 😀

Lubang pembuangan (Drain) dan pengisian (Fill) kok sama-sama berada disamping ?, seperti Gambar diatas.

 

Semua Tanda Tanya itu akan coba saya jawab, Insya Allah 🙂

 

Pernahkah Anda melihat Gardan Mobil ?, pasti pernah.

Sumber: http://www.jip.co.id

Tau kan kenapa pada Motor Matik, Final Gear Reduksi atau Gearbox Final Ratio itu disebut “Gardan” oleh Khalayak Umum ?, karena posisinya terkoneksi ke As Roda (Drive Shaft). Itu tidak salah. Karena bedanya Gardan Mobil dan Gardan Motor, itu terletak dari Jumlah Roda Belakangnya. Pada Mobil, jelas sekali terdapat Dua Buah Roda, Kiri dan Kanan, maka Gardan pada Mobil disebut “Differential”, fungsinya adalah untuk mengurangi Ban yang Sliding/Tergelincir saat Mobil berbelok ke Kiri dan ke Kanan. Jika Anda pernah menghandle reparasi Mobil, pasti tau bahwa Roda Kiri dan Kanan itu tidak menyatu, ketika kita putar Roda sebelah Kiri, maka Roda sebelah Kanan tidak berputar, begitu sebaliknya.

Sedangkan pada Motor Matik, Gardan itu hanya terhubung ke satu As Roda, dan karena itu, tidak bisa disebut “Differential”.

Namun uniknya, pada Gardan Motor Matik, disematkan berbagai ukuran Gear yang berfungsi untuk mengubah Rasio, yang itu sama seperti Transmission. Bedanya pada Motor Matik, Transmissinya Fixed (Tetap), makanya tidak sesuai lagi jika disebut Transmisi, maka dipilihkan Istilah yang tepat yakni Final Gear Reduction. Dan secara keseluruhan, Gear-gear itu terpasang didalam Ruangan Khusus yang disebut Gearbox.

 

Kenapa Gardan Motor Matik Honda memiliki Desain seperti Gardan Mobil ?

Desain seperti itu dimaksudkan agar pengisian oli pada Gearbox tidak melebihi takaran yang dianjurkan, karena jika melebihi takaran yang dianjurkan, maka Oli akan tumpah (Luber), selama posisi Vertikal, tidak dimiring-miringkan.

 

Cara Mengisi Oli Gear Motor Matik yang Tidak Biasa tapi Efektif

Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Gear_oil

Konsepnya adalah “Isi Oli sampai Luber, lalu diamkan sampai Oli berhenti menetes, kemudian Tutup Baut pada Lubang Pengisian Oli Gear”. Mudah 😀

 

Agar memudahkan pembaca, akan saya munculkan lagi Gambar diatas dibawah ini:

Sumber: Manual Reparasi Vario 125i

“Tinggi Permukaan Terendah” itu adalah Batas dimana Oli yang masuk sesuai Spesifikasi yakni 120 mL. Artinya jangan sampai lebih rendah dari itu, karena itu sudah batas paling rendah, jika kurang dari itu, berarti Oli didalam Gearbox tidak sesuai Spesifikasi, dalam hal ini kurang dari 120 mL

Bahkan kita tidak perlu menggunakan Gelas Ukur untuk memastikan Oli yang masuk berjumlah 120 mL, karena secara Otomatis, Oli yang masuk ke Gearbox dengan cara itu akan pas 120 mL.

 

Peralatan yang Anda Butuhkan

Selain Kunci Ring atau Shock ukuran 12 mm, Anda hanya memerlukan Botol yang didesain khusus untuk Gear Oil, seperti misalnya yang mudah didapatkan dipasaran adalah Castrol Grandprix Series Scooter Gear Oil ini.

Satu Kali Beli untuk Selamanya 😀

Kenapa saya rekomendasikan menggunakan Kemasna Bekasnya ? (Bukan Olinya)

Karena kemasannya dapat digunakan kembali, yakni bisa dibuka dengan sangat mudah seperti membuka Tutup Kemasan Oli seperti biasa (memiliki Drat). Saya sarankan untuk mencari yang bekasnya saja di Bengkel, tidak perlu beli baru 😀

 

Kalau dulu, saya menggunakan ini 😀

Maksa Banget Yah 😀

Jujur, ketika Konsepnya sudah dapat, saya sempat “Riset” pakai apa yah enaknya “Inject” Oli ke Gearbox ?, Soalnya saya pakai Oli MTF (Manual Transmission Fluid) kemasan 1 Liter yang Desain Kemasannya seperti Oli Mesin pada umumnya, bukan Khusus Oli Gear.

Bahkan saya sempat pakai KemasanBekas Kecap Manis 😀

 

Sekarang paham kan kenapa Desain Kemasan Gear Oil itu Khusus ?, yakni memiliki Tutup yang bisa berfungsi sebagai Corong Kecil dan proses pengisian dengan cara “Inject”.

 

 

Kesimpulan

Maka bisa saya buatkan Step by Step-nya sebagai berikut:

  1. Keluarkan Oli Bekas dari dalam Gearbox.
  2. Tutup Lubang Pengeluaran Oli-nya.
  3. Pastikan Motor Matik dalam posisi Stand Tengah dan di permukaan yang Rata.
  4. Isi Oli Baru kedalam Gearbox sampai Luber (Jangan kebanyakan lubernya dan jangan dimiring-miringkan ke kanan Motor-nya).
  5. Maka Oli akan menetes dari Lubang Pengisian. Maka, diamkan beberapa menit sampai berhenti menetes.
  6. Tutup Lubang Pengisian Oli-nya.
  7. Selesai.

 

Silahkan praktekkan di Penggantian Oli Gear Matik selanjutnya 😀



Facebook Comments

Content Protection by DMCA.com
Self-signed Certificate
%d bloggers like this: