L

Inilah Cara Terbaik Agar PC Kita Mendukung WiFi dan Bluetooth


Bismillahirrohmanirrohim


Kesimpulan

Ini kita bicara soal PC yah 😀

Setelah saya pertimbangkan masak-masak, saya memilih menggunakan PCIe Single Wireless WiFi 802.11 b/g/n 2.4Ghz Adaptor TP-Link TL-WN881ND untuk WiFi, dan soal Bluetooth, saya tidak memerlukannya di PC, karena di Smartphone dan Laptop saya sudah ada, toh penggunaan saya untuk Bluetooth Headset/IEM saja.

TP-Link TL-WN881ND mulai versi 2 sudah lebih baik kompatibilitasnya dengan Linux, bahkan TP-Link menyediakan dukungan resmi yakni driver untuk Linux.

Kalau TP-Link TL-WN781ND sampai versi 3 pun masih tidak ada dukungan driver untuk Linux.

Maklum, saya menggunakan Windows dan Linux.

Kalau saja TP-Link TL-WN781ND tersedia driver untuk Linux, maka saya akan pilih itu saja, mengingat jarak PC dengan Wireless Router cukup dekat.

Saya tidak ingin coba-coba beli TP-Link TL-WN781ND, kalau ternyata bermasalah di Linux, jadi repot sendiri nantinya.

Lagipula harga TP-Link TL-WN881ND dengan TP-Link TL-WN781ND hanya selisih sedikit saja.

BTW, istilah “Dongle” itu sering kita dengar, tapi apa sih artinya ?, well, Dongle tidak ada artinya, tidak ada terjemahannya, itu adalah istilah yang merujuk pada suatu alat kecil yang terkoneksi ke komputer, umumnya untuk kebutuhan koneksi tanpa kabel alias wireless, yakni umumnya adalah Modem, WiFi dan Bluetooth.

Alasannya, karena ini kembali ke kebutuhan saya, untuk WiFi, saya sesuaikan dengan Wireless Router dari IndiHome yang saya gunakan, untuk Bluetooth, saya tidak membutuhkannya di PC, karena di Smartphone dan Laptop sudah mantap.

Bahkan untuk urusan transfer file dari smartphone saja, itu saya lebih suka lewat WiFi, yakni menggunakan Airdroid, lebih cepat, lebih stabil, lebih canggih ketimbang Bluetooth, hari gini Bluetooth cuma untuk urusan Wireless Pheripheral saja.

USB Bluetooth Dongle Class 1 atau 2 masih cukup relatif mahal bagi saya, juga sangat langka dipasaran.

 

Perbandingan Biaya

Menggunakan TP-Link TP-Link TL-WN881ND dan USB Bluetooth Dongle CSR 4.0, saya cuma mengeluarkan biaya sekitar 150rb’an saja.

Sedangkan jika saya menggunakan Dual Wireless WiFi with Bluetooth, saya perlu mengeluarkan biaya nyaris 300rb’an.

Menggunakan MiFi TP-Link MR3020 pun masih lebih mahal yakni sekarang ini sekitar 250rb’an jika saya mesti beli lagi, karena yang sudah saya punya itu digunakan untuk WiFi Range Extender di rumah sebelah, dulu belinya 400rb’an loh 😀

MiFi lain yang mendukung WISP dan LAN ya lebih mahal lagi 😀

Bagaimana dengan fitur USB 3G/4G Modem pada MiFi ?, hmmm sekarang ini saya lebih suka pakai Hotspot Tethering di Smartphone ketimbang pakai USB Modem 😀

Saya sudah punya USB 3G/4G, beli lumayan mahal 500rb’an, akhirnya tidak terpakai lagi, jadi dijual saja.

 

Akhir Kata

Semoga artikel yang berisi pengalaman saya dalam mempertimbangkan pemilihan solusi Wireless Connection di PC saya ini bisa bermanfaat dan menginspirasi serta memberi pencerahan kepada pembaca sekalian.

Ingat, bijaklah dalam menggunakan uang Anda, gunakanlah hanya yang sesuai dengan kebutuhan Anda saja.

 

Update

Udah capek-capek mikir, dan jadi artikel, pada akhirnya saya upgrade Motherboard PC saya yang sudah memiliki fitur WiFi dan Bluetooth 😀

Karena ada suatu hal terjadi pada Motherboard lama saya, sehingga saya perlu untuk upgrade Motherboard, karena harganya relatif masuk akal untuk tambahan fitur WiFi dan Bluetooth, ya sudah ambil yg itu saja.

Sekarang PCIe WiFi Card TP-Link yang selama ini saya gunakan sudah saya jual, posisinya digantikan oleh PCIe USB 3.0 Card untuk nambah port USB 3.0 sebanyak 5 buah lagi 😀

Artikel ini masih relevant untuk semua orang yang menggunakan Motherboard tanpa fitur WiFi dan Bluetooth, semoga bermanfaat 🙂


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



SSL Verified