L

Inilah Cara Terbaik Agar PC Kita Mendukung WiFi dan Bluetooth


Bismillahirrohmanirrohim


Menggunakan PCIe Single Wirelesss Adaptor dari TP-Link

TP-Link TL-WN881ND

TP-Link lagi 😀

Yah mau gimana lagi, mereka menawarkan solusi terjangkau sih 😀

Saya tidak diendorse apalagi disponsori TP-Link disini, saya sebut mereknya karena di semua opsi disini, cuma TP-Link yang bener-bener punya merek yang familiar dan produknya punya harga terjangkau, saya sejak zaman Telkom Tembaga Non-FO (Fiber Optic) selalu pakai TP-Link, ya gimana lagi, harganya murah.

Nah untuk PCIe WiFi sendiri, TP-Link ngasih produk dengan spesifikadi yang ideal dengan harga bersahabat.

Untuk opsi ini, terbagi lagi dalam dua tipe, yakni yang dua antena (300 Mbps) dan satu antena (150 Mbps), selisih harganya tipis, maka dari itu saya pilih yang dua antena, bukan karena kecepatan maksimalnya dan jumlah antenanya, tapi karena nanggung aja, meski jarak PC dengan Wireless Router terbilang dekat, siapa tau nanti PC ini digunakan ditempat lain dan membutuhkan kemampuan penangkapan sinyal yang lebih baik, dua antena adalah yang paling ideal.

Nah kelebihan menggunakan PCIe Wireless Adaptor adalah dia lebih besar powernya dalam menangkap sinyal, ketimbang USB WiFi Dongle.

Opsi ini terlihat lebih elegan, karena PC ya tentu saja menyediakan beberapa slot PCIe, khususnya PCIe x1 yang dibutuhkan adaptor ini, yang juga bisa digunakan di slot PCIe x16 sekalipun (yang digunakan cuma ujungnya saja yang dibutuhkan PCIe Wireless Adaptor ini).

Meski bagi yang memperhatikan estetika komponen di dalam casing PC, keberadaan alat ini bikin anomali aja, karena desainnya jadul banget. Emang maunya PCIe WiFi Adaptor dengan Headspreader sangar futuristik dan RGB lighting ?, ada gk yah yg seperti itu ?, entahlah saya tidak sampai cari yang seperti itu, pastinya harga akan lebih mahal. Kalau mau agak kerenan dikit, beli aja heatsink gede yang ukurannya sesuai, tempel deh pakai double tape, tapi PCB-nya masih hijau, tidak hitam 😀

Oh ya soal versi WiFi, saya cukup pakai WiFi 802.11 b/g/n saja, tidak membutuhkan 802.11 AC, karena Wireless Router IndiHome yang saya gunakan idak mendukung 802.11 AC. Lagipula PC kan tidak portable, jadi jangan overkill urusan WiFi ini, tidak seperti Smartphone dan Laptop yang sudah menggunakan 802.11 AC, karena banyak kemungkinan kita berada di public place yang menyediakan WiFi 802.11 AC, banyak kelebihannya loh, silahkan googling untuk info itu.

Smartphone dan Laptop zaman now sih mestinya tanpa diminta pun, produsen udah ngasih WiFi 802.11 AC.

 

Menggunakan PCIe Dual Wireless Adaptor dengan Bluetooth

PCI Express WiFi with Bluetooth Adapter

Ini adalah opsi terbaik jika Anda sangat membutuhkan Bluetooth yang mampu digunakan jarak jauh, Class 1 atau 2.

Bahkan kalau saya analisa dari harga, yang bikin ini mahal adalah Bluetooth-nya, silahkan Anda cari USB Dongle Bluetooth Class 1, harganya 200rb’an, haha

Class 1 bisa digunakan hingga jarak 100 meter !

Nah opsi ini yang bikin saya galau 😀

Saya sebenarnya butuh Bluetooth tidak sih ?

Jawabannya bisa ya dan bisa tidak !

Karena setidaknya saya masih punya perangkat Bluetooth yakni IEM (In-ear Monitor) Bluetooth.

Urusan dengerin lagu dan apa pun urusan bebunyian bisa saja via Smartphone yang sudah pasti Bluetooth-nya bagus dan bisa dipakai dengan jarak yang cukup jauh.

Maka PC saya tidak perlu punya fitur Bluetooth !

Untuk keyboard dan mouse, serta speaker saja, saya menggunakan wired connection 😀

Saya tidak merekomendasikan USB Dongle Bluetooth seperti dibawah ini:

Bluetooth USB Dongle

Karena ini Class 3 yang cuma bisa digunakan sampai jarak 1 meter saja !

Makanya harganya murah, 25rb’an saja 😀

FYI, CSR pada contoh di atas adalah nama perusahaan Chip Bluetooth-nya yakni Cambridge Silicon Radio.

 

Kalau Anda cari di Internet, tidak ada PCIe modul khusus Bluetooth, kan ?, karena memang jarang sekali pengguna PC yang membutuhkan Bluetooth, kalau pun menggunakan Bluetooth, biasanya untuk pheripheral seperti mouse, keyboard, dsb yang USB Dongle Bluetooth-nya sudah disertakan, punya Bluetooth Receiver masing-masing.

 

Kembali ke pembahasan PCIe WiFi + Bluetooth …

Sebenarnya PCIe WiFi with Bluetooth ini “Tidak Resmi”, alias karya orang china sana yang bisa bikin converter Mini PCIe to PCIe.

Bahkan pada beberapa motherboard tertentu, kita bisa saja langsung tancapkan modul M.2-nya ke slot M.2, bahkan ada yang bisa pakai slot PCIe x1 di motherboard tersebut, kemudian tambahkan antena agar sinyal-nya kuat.

Adanya produk semacam ini adalah solusi untuk motherboard yang tidak punya slot M.2, atau motherboard yang punya slot M.2 tapi cuma satu saja untuk NVme/SATA III SSD.

Dengan nilai lebih berupa antena yang bisa dilepas yang posisinya di luar casing PC, serta lampu LED untuk indikator.

Perlu Anda ketahui bahwa WiFi with Bluetooth itu cuma ada di laptop saja, menggunakan modul dengan form factor Mini PCIe atau M.2.

Kelebihannya, Anda yang membeli versi WiFi 802.11 b/g/n bisa saja kedepannya upgrade ke 802.11 AC, cuma dengan membeli modul M.2 WiFi 802.11 AC untuk laptop saja, begitu juga dengan Bluetooth 4.0 bisa saja kedepannya upgrade ke Bluetooth 5.0 yang include di modul M.2 PCIe 802.11 AC untuk laptop tersebut.

Tapi harganya relatif paling mahal disini, tergantung versinya, yang WiFi 802.11 b/g/n dengan Bluetooth 4.0 saja sudah lebih mahal dari PCIe WiFi 802.11 b/g/n 2.4Ghz tanpa Bluetooth, apalagi yang WiFi 802.11 AC dengan Bluetooth 5.0.

Harganya sekitar 300rb’an untuk versi WiFi 802.11 b/g/n dengan Bluetooth 4.0 😀

Padahal kita bisa dapatkan PCIe WiFi 802.11 b/g/n di opsi kedua di artikel ini yang harganya cuma 100rb’an saja, tapi tidak bisa Bluetooth.

Kok bisa relatif lebih mahal ?

Karena ini WiFi-nya Dual Band Frequency, yakni Dual Band 2.4Ghz-300Mbps / 5Ghz-300Mbps dan sudah termasuk Bluetooth yang bisa digunakan jarak jauh. Makanya namanya “Dual Wireless Adaptor”, kata “Dual” disini adalah Frekuensinya, bukan karena modulnya include WiFi dan Bluetooth sekaligus.

Kalau yang TP-Link PCIe WiFi di atas, itu Single Band, cuma 2.4Ghz-300Mbps saja dan tanpa Bluetooth. Tapi balik lagi ke kebutuhan, Wireless Router IndiHome saya pakai 2.4Ghz 😀

Dual Wireless Adaptor seperti ini ya idealnya untuk laptop, karena ada banyak kemungkinan kita berada di public place yang bisa saja hanya tersedia WiFi 2.4Ghz atau hanya WiFi 5Ghz.

Ada juga yang Single 802.11 b/g/n 2.4Ghz 300Mbps

Satu kekurangan pasti pada perangkat USB 2.0 Dongle adalah Latency yang lebih tinggi dibandingkan PCI Express, mengenai ini silahkan dipertimbangkan apakah masalah latency itu masih bisa ditoleransi atau tidak, jika tidak ya pakai yang PCI Express aja, baik itu yg WiFi saja atau WiFi + Bluetooth.

 

Tips: Untuk penggunaan pada PC, pilihlah WiFi Receiver untuk PC yang teknologinya sama dengan yang digunakan Wireless Router yang kalian gunakan, kalau Wireless Router-nya pakai WiFi 802.11 b/g/n dengan frekuensi 2.4 Ghz, ya pakailah WiFi Receiver WiFi 802.11 b/g/n dengan frekuensi 2.4 Ghz.


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



SSL Verified