L

Inilah Cara Terbaik Agar PC Kita Mendukung WiFi dan Bluetooth


Bismillahirrohmanirrohim


Menggunakan MiFi

Maaf fotonya tidak ada (Hemat space hosting), haha,,,

Saya sudah lama memiliki MiFi TP-Link MR3020 yang saya modif antena external (Aslinya tidak punya antena external), MiFi ini punya port LAN yang bisa dihubungkan ke PC/Laptop, mendukung mode WISP sebagai Range Extender dengan cara terkoneksi ke jaringan wifi utama untuk kemudian dipancarkan lagi menggunakan wifi dari MiFi ini atau via kabel LAN.

Menurut saya cara seperti ini unik, karena PC kita seolah-olah terkoneksi ke internet via LAN/Ethernet bawaan motherboard, padahal internet didapatkan melalui wifi yang terkoneksi ke MiFi ini. Internetnya tidak cuma bisa dari WiFi, tapi bisa juga dari USB 3G/4G Modem.

Kalau bagi saya, opsi ini paling rendah biayanya, bahkan tidak perlu keluar biaya lagi kalau sekarang, karena saya sudah memiliki MiFi ini sejak lama, tapi bagi Anda yang tidak memilikinya, opsi ini relatif tidak murah, karena harga MiFi ini sekarang barunya sudah 200rb’an.

Ini cocok bagi Anda yang posisi Wireless Router utama cukup jauh, sehingga sinyal lemah, tapi sebaiknya jika ingin menggunakan MiFi maka jangan menggunakan TP-Link MR3020, soalnya aslinya tidak dilengkapi antena, sedangkan punya saya ini sudah saya modif antena external, MiFi seperti ini selain bisa membuat PC Anda terkoneksi ke Internet, bisa juga untuk gadget Anda yang lain, sehingga kualitas sinyalnya lebih kuat.

Oh ya, tidak melulu TP-Link MR3020 ya, bisa MiFi lain juga yang punya fitur WISP dan LAN Port.

Tapi seperti yang saya sebutkan di atas, MiFi ini sangat dibutuhkan oleh orang sebelah alias di rumah orang tua saya, soalnya IndiHome saya pasang di rumah saya, sinyal wifinya lemah di rumah orang tua saya, kasihan orang tua saya dan adik-adik saya ketika ingin menggunakan wifi.

Maka opsi ini tidak tersedia untuk saya, karena MiFi ini dibutuhkan sebagai Range Extender di rumah sebelah 😀

Lagipula opsi ini juga kurang ideal karena MiFi ini membutuhkan power/listrik untuk bisa beroperasi, jadi kurang hemat daya aja.

Menurut saya jika pakai opsi ini, fiturnya kebanyakan/berlebihan mengingat ini dalam mode WISP, padahal Wireless Router utama saya posisinya tidak menyebabkan sinyal jadi lemah.

Dan ada satu kekurangan yang menyebalkan, yakni meski MiFi ini punya DHCP sendiri yang terpisah dengan Router utama, sehingga fitur sharing jadi tidak bisa dilakukan, seperti sharing file via lokal, sharing printer, dan remote desktop. Dia membangun environment lokal network dia sendiri.

 

Menggunakan USB WiFi Dongle

Mohon maaf tidak ada fotonya juga alias hemat space hosting 😀

Ini opsi paling murah, yang termahal saja setau saya harganya cuma 70rb’an, nambah dikit dapat yang PCIe, hahaha,,,

Tapi jika Anda cari di internet, opsi ini paling tidak direkomendasikan, kalau soal ketersediaan USB Port sih tinggal pakai USB Hub saja.

Masalahnya USB WiFi Adaptor ini katanya ada yang mengalami kerusakan pada USB di PC-nya, karena terjadi overheat/kepanasan, akibat penggunaan internet yang berat dan intensif, tentu saja hal ini tidak saya inginkan dan kondisinya sesuai dengan saya.

Jadi opsi ini saya skip.

Padahal lumayan juga, alatnya kecil, meski tangkapan sinyalnya juga kecil, tapi cukuplah, karena jarak PC dengan Wireless Router sangat dekat.

Opsi ini paling banyak variannya, ada yg tanpa antena, ada yang dengan antena, dan berbagai variasi spesifikasi dan fitur yang tentu saja mempengaruhi harganya.

Opsi ini cocoknya untuk pengguna laptop yang wifi bawaannya rusak, atau kemampuan penangkapan sinyalnya lemah, maka bisa pakai USB Wireles Dongle yang punya fitur antena.

Kalau untuk PC, ini cocok bagi Anda yang budgetnya sangat terbatas dan yang penting bisa terkoneksi ke internet via WiFi saja, karena kita bisa dapat alat ini dipasaran dengan harga termurah cuma 25rb’an saja untuk yang tidak pakai antena. dan 35rb’an saja untuk yang pakai antena.

Satu kekurangan pasti pada perangkat USB 2.0 Dongle adalah Latency yang lebih tinggi dibandingkan PCI Express, mengenai ini silahkan dipertimbangkan apakah masalah latency itu masih bisa ditoleransi atau tidak, jika tidak ya pakai yang PCI Express aaja.


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



SSL Verified