L

Bersihkan FISV/IACV Agar Motor Tidak Ngempos Ketika Mesin Masih Dingin


Bismillahirrohmanirrohim


Old Vario 125i: IACV

Masalah tarikan yang tersendat alias ngempos yang terjadi hanya ketika mesin masih dingin ini menjadi misteri yang seakan-akan tidak terpecahkan selama ini dalam kurun waktu 5 tahunan ! (Sampai artikel ini saya tulis).

Awalnya, masalah itu diklaim teratasi di Old Vario 125i Gen 2 yang memiliki perbedaan pada posisi injector di intake manipul yang lebih dekat dengan intake valve, bahkan posisi dudukan injector pun sudah berbeda.

Tapi, faktanya diluaran sana masih banyak yang mengaku masih mengalami gejala ngempos itu padahal sudah Gen 2, dan bahkan All New Vario 125i dan 150i pun tidak luput dari masalah ngempos ketika mesin dingin ini !

Saya dan mungkin banyak pengguna Vario lainnya sudah menganggap itu adalah “Penyakit Bawaan” yang tak ada obatnya, sudah lelah mencari solusi namun tak kunjung sembuh, dan pada akhirnya berhenti berusaha, pasrah, dan menerima apa adanya dan menjadi kebiasaan.

 

Tak Sengaja Menemukan Solusi

Old Vario 125i: Trik Membuka Baut Bintang Sensor Injeksi

Saya mengalami masalah pada motor saya ini yakni TPS (Throttle Position Sensor) mengalami kerusakan, mengenai itu sudah saya bahas disini, dan artikel penggantian TPS bisa dibaca disini.

Nah pada saat itu saya juga terpikir untuk sekalian saja IACV (Idle Air Control Valve) dibersihkan dengan cara dibongkar, karena biasanya setiap saya membersihkan Throttle Body (TB) itu cuma dibongkar lalu disemprot dari lubang-lubang kecil jalur udara ke IACV, tanpa melepas IACV tersebut untuk dibersihkan.

Alat ini juga punya nama lain yakni FISV (Fast Idle Solenoid Valve), dan secara teknis nama yang tepat adalah FISV, bukan IACV.

Old Vario 125i: TB dengan TPS Baru

Maka kali ini beda, IACV benar-benar dibongkar dan dibersihkan.

Old Vario 125i: Selenoid IACV

Sampai disini, saya tidak terpikir bahwa membersihkan IACV seperti ini akan menyelesaikan masalah ngempos yang sudah saya rasakan selama menggunakan motor saya ini.

Saya rakitlah semuanya, dan ketika motor saya gunakan, saya heran, ini kok bisa langsung ngacir yah tanpa ada gejala tersendat ?, padahal mesin dalam kondisi dingin 😀

Efek ganti TPS baru atau IACV yang dibersihkan dengan cara dibongkar ?


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



SSL Verified