L

IPTV: IndiHome UseeTV VS Android TV Box !, Pilih Mana ?


Bismillahirrohmanirrohim


IndiHome: UseeTV

Ketika Anda mencari review-review tentang Android TV Box di YouTube, biasanya yang Anda dapatkan adalah Android TV Box yang lebih menitikberatkan soal mengubah TV di rumah Anda menjadi layaknya Smart TV yang lebih menonjolkan sisi Personal Computer (PC) berbasis Android.

Saya belum menemukan review Android TV Box di YouTube yang menunjukkan alat itu digunakan untuk menonton TV 😀

Kenapa ?

Karena pada dasarnya IPTV (Internet Protocol Television) itu adalah Online TV Streaming !

Itu cuma satu dari sekian banyak potensi dari Android TV yang bisa dikatakan menjadikan TV kita menjadi PC berbasis Android.

Anda bisa mendownload banyak aplikasi TV Internet di Google Play Store, tidak perlu di Android TV Box, bahkan di Smartphone berbasis Android Anda pun bisa.

Kenapa di TV ?

Karena layarnya gede 😀

 

Kita semua tau bahwa banyak dari TV-TV Free to Air Channel bahkan Premium Channel yang sudah Go Online, bisa ditonton secara streaming di Internet, nah itu namanya IPTV.

Nah, lantas apa sih bedanya IndiHome UseeTV dengan Android TV Box “Biasa” yang toh sama-sama Streaming Online ?

Maka di sini saya selaku pengguna akan sharing mengenai itu, karena ternyata beda 😀

Perlu dicatat disini bahwa saya tidak berafiliasi dengan pihak Telkom, saya tidak dibayar dan diminta untuk membuat artikel ini.

 

Speed Internet

Kita semua tentunya tau dong yah kalau Streaming Video Online itu memerlukan kecepatan Internet, khususnya resolusi 720p ke atas ?

Nah berbeda dengan Streaming Video Online lain seperti Video On Demand layaknya video di YouTube dan situs-situs Streaming Film baik bajakan maupun ori. Maka untuk Streaming IPTV ini agak berat sob.

Bahkan untuk memutar channel TV dengan resolusi 720p saja sering banget ngelag atau istilah lainnya adalah buffering !

Apalagi jika menggunakan resolusi 1080p 😀

Apalagi pakai aplikasi IPTV gratisan yang pastinya berat karena kebanyakan client/penonton yang mengakses servernya.

Sungguh saya katakan sangat tidak nyaman jika menonton TV yang notabene Live Streaming itu terjadi lag/buffering, kita bisa ketinggalan cerita sob.

Padahal saya menggunakan Internet Fiber Optic dengan kecepatan 20 Mbps, masih saja sering buffering ketika menonton TV di Android TV Box biasa.

Disinilah bedanya IndiHome UseeTV dengan Android TV Box.

Pada Android TV Box, kita masih menggunakan Shared Bandwidth, sehingga untuk urusan streaming TV itu kita layaknya nonton YouTube dan streaming video lainnya. Jika di Komputer yang terhubung di jaringan yang sama sedang mendownload file besar-besaran yang menguras Bandwidth, misalnya mendownlad file berGB-GB menggunakan IDM (Internet Download Manager), maka acara TV di Android TV Box Anda akan frezzing, alias lebih parah dari ngelag, yakni benar-benar berhenti, dan percayalah itu sangat tidak nyaman sekali 😀

Nah pada UseeTV, hal itu tidak terjadi, karena pada UseeTV itu menggunakan Dedicated Bandwidth yang kecepatannya jauh di atas kecepatan Internet Umum kita.

Jika misalnya Internet Umum kita yang masih sama-sama di jaringan Telkom IndiHome  adalah 10 Mbps, maka Bandwidth untuk UseeTV bisa saja dibukan sampai 100 Mbps untuk menjamin lancarnya streaming IPTV kita tanpa lag.

 

Fitur-fitur Interaktif

UseeTV disebut sebagai TV Interaktif karena dia menawarkan beberapa benefit, seperti Puase, Rewind, dan Playback hingga 7 hari ke belakang.

Aplikasi IPTV gratisan sebenarnya sudah mendukung fitur Puase, tapi tidak untuk fitur Playback.

Apalagi saat artikel ini saya tulis, IndiHome sudah menerapkan Hybrid STB, artinya IndiHome UseeTV ya benar-benar Android TV dengan Value Added seperti yang saya jelaskan di point mengenai Internet Speed di atas.

 

Channel-channel

Karena UseeTV adalah Pay TV, maka tentu ada banyak Premium Channel yang bisa dinikmati, tapi ini tidak sempurna.

Misal bagi Anda penggemar MNC Group tentu tidak akan mendapati channel-channel seperti RCTI, MNCTV, GlobalTV, dsb di UseeTV, karena UseeTV adalah Pay TV, sedangkan MNC Group punya Pay TV sendiri.

Maka dari itu MNC Group Channel bisa kita tonton dengan aplikasi terpisah yang tentu saja tidak terbebas dari buffering, karena sudah diluar dari channel yang didukung oleh UseeTV.

Mengenai channel ini sangat bersaing sekali sob, jadi pada Android TV Box dengan aplikasi TV Internet gratisan maupuun premium yang notabene Shared Bandwidth, kita bisa mendapatkan channel-channel yang jauh lebih lengkap daripada di UseeTV. Tapi untuk Premium Channel kita tetap saja perlu untuk membayar agar bisa menontonnya, jika menggunakan cara lain, maka itu ilegal.  Bahkan pada UseeTV pun beberapa Premium Channel dijual secara terpisah berupa Add-on.

Channel-channel pada Android TV Box biasa juga banyak sekali yang tidak bisa ditonton karena gagal streaming !

Ini sering saya alami ketika streaming TV di Android TV Box biasa dengan aplikasi IPTV gratisan tertentu.

Memang ada banyak sekali channel dari berbagai negara, tapi tidak semuanya bisa ditonton, pada aplikasi selain Cloud TV juga seringkali saya alami masalah ini.

Tapi menurut saya, semenjak UseeTV menggunakan Hybrid STB yang notabene memungkinkan kita untuk menginstall aplikasi pihak ketiga dengan mudah, maka kelemahan UseeTV dari sisi Channel diluar Channel IPTV yang mereka sediakan bisa ditutupi, yakni kita tinggal pasang saja aplikasi IPTV pihak ketiga, meski streamingnya akan sharing dengan Internet Umum kita yang berpotensi buffering.

 

Spesifikasi STB

Dari tadi saya nyebutin istilah STB yah, nah STB itu singkatan dari Set Top Box, ya bisa dikatakan STB ya Android TV Box itu sendiri.

Pada UseeTV, kita tidak bisa memilik STB dengan spesifikasi tertinggi saat ini, pokoknya ya STB yang disediakan Telkom aja 😀

Sedangkan jika kita membeli STB Android TV Box selain UseeTV, kita bisa membeli STB dengan spesifikasi tertinggi saat ini, tentu saja ada harga yang mesti dibayar untuk mendapatkan itu.

Spesifikasi ini tidak cuma Hardware saja, tapi juga Software, yakni Versi dari Android yang digunakan.

 

Kepemilikan STB

Yah sudah umum kita ketahui, layanan-layanan seperti UseeTV ini tentu saja STB-nya hanya dipinjamkan saja, atau lebih tepatnya hanya disewakan saja, kita harus bayar sewa per bulannya diluar tarif UseeTV itu sendiri.

Kelebihannya kita dapat Lifetime Warranty, selama kita berlangganan, maka ketika STB mengalami kerusakan maka kita berhak mengajukan klaim pergantian unit baru.

Selain itu jika ada Upgrade STB ke spesifikasi yang lebih tinggi, kita berhak mendapatkannya.

Sedangkan jika Anda membeli Android TV Box selain UseeTV, tentu saja ada mendapatkan kepemilikan penuh terhadap Android TV Box tersebut, tapi Anda tidak mendapatkan benefit seperti yang Anda dapatkan pada UseeTV.

 

Support

Yah untuk ini sudah pasti ya sob, UseeTV memberikan support kepada Anda ketika layanan mereka mengalami gangguan, sedangkan Android TV Box biasa tentu saja tidak memberikan itu, karena Android TV Box itu biasanya menggunakan aplikasi IPTV gratisan untuk menonton TV Online.

Support ini juga termasuk STB yang kita gunakan.

 

Akhir Kata

UseeTV dari IndiHome menawarkan kualitas streaming bebas buffering pada semua channel yang mereka sediakan karena sudah menggunakan Dedicated Bandwidth.

Sedangkan Android TV Box biasa tidak, karena masih sharing dengan gadget lainnya di jaringan yang sama.

UseeTV juga memberikan fitur interaktif yakni yang paling saya suka adalah Playback 7 hari ke belakang.

Bisa dikatakan bahwa UseeTV itu ya Android TV Box juga, tapi dengan kelebihan yakni Dedicated Bandwidth untuk channel-channel yang disediakannya, ya ini penting untuk menjamin kualitas tayangan bebas buffering, karena kita bayar untuk channel-channel itu.

Bisa dikataka, UseeTV ini sebenernya adalah penyedia layanan aplikasi IPTV-nya yang sudah dipasang secara native di Firmware/ROM STB yang mereka sediakan.

Jadi tidak relevant jika UseeTV disamakan dengan Android TV Box lainnya, karena Android TV Box hanyalah alat/hardware agar UseeTV bisa digunakan.

Karena UseeTV yang notabene adalah penyedia aplikasi IPTV yang membutuhkan Android TV Box, maka ketika kita berlangganan UseeTV, mereka pun menyewakan Android TV Box-nya kepada pelanggan agar bisa menikmati layanan UseeTV.

Dulu, UseeTV sangat terbatas, yakni ya sekedar untuk UseeTV saya, dan Browsing, serta menikmati Media dari Storage, sedangkan kini UseeTV sudah lebih fleksibel karena membuka semua potensi dari Android TV Box yakni menjadikan TV biasa kita menjadi Smart TV, yakni bisa menginstall aplikasi pihak ketiga dengan leluasa.

Jadi anggap saja UseeTV ini adalah Android TV Plus Plus 😀

 

Semoga Bermanfaat 🙂


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



×
SSL Verified