L

Uniknya Lagu Gajah Dibalik Batu dari Band Wali


Bismillahirrohmanirrohim


 

Maksud Gajah Dibalik Batu dari Wali Band

Terus terang, band lokal yang berhasil memikat saya adalah salah salah satunya Wali Band.

Meski saya bukan pendengar setia ataupun penggemar, tapi ketika saya mendengarkan lagu-lagu dari band yang satu ini pasti enak didengar dan selalu menemukan sesuatu yang unik.

Misalnya pada lagu dengan judul “Gajah Dibalik Batu” ini 😀

Apalagi lagu ini menjadi soundtrack salah satu sinetron terbaru di salah satu Channel TV Nasional Indonesia, praktis saya ketika orang rumah sedang nonton TV dan kebetulan sinetron tersebut, yang membuat saya tertarik justru lagu soundtracknya, saya tidak nonton sinetron 😀

Saya suka musik keras yakni Metal dengan berbagai turunan atau Sub Genre-nya. Tapi yang namanya saya makhluk sosial, tentu sesekali mendengar juga genre-genre lain, nah yang membuat saya tertarik sampai-sampai bikin artikel ini, ya Wali Band 😀

Meski saya “Anak Metal” tapi saya tetap menghargai dan bahkan suka-suka saja dengan genre lain, bahkan Dangdut sekalipun !

Karena itu saya pun juga memiliki salah satu usaha yang bergerak di bidang Entertainment dengan genre Dangdut.

Mantap kan anak metal handle projek dangdut ? 😀

Oh ya salah satu yang membuat saya tertarik dengan Wali juga karena permainan Gitar-nya 😀

 

Keunikan Lagu Ini

Setidaknya ada 3 keunikan yang saya rasakan dari lagu ini, yakni pada pelafalan lirik “Ada Gajah Dibalik Batu“, “Udah, Udah, Udah, Udah …”, dan “Teng, Teng, Teng …”.

Asli bikin saya senyam senyum bahkan ngakak kalau liat Official Video Clip-nya yang terus terang baru saya tonton sesaat sebelum menulis artikel ini 😀

Saya sudah lama tau dan dengar lagu ini, tapi baru kali ini saya liat video klip resminya 😀

 

Cara Pelafalan Lirik “…. Dibaliq Baru”

Cukup lama juga saya baru sadar bahwa pelafalan lirik tersebut adalah menggunakan kaidah ilmu Tajwid yakni Qolqolah Sugro 😀

Awalnya saya kira itu adalah dialek atau logat dari salah satu suku di Indonesia yang bahkan saya sendiri tidak tau yang mana.

Sampai saya teringat bahwa background Wali Band yang adalah “Anak Pesantren” itu baru saya paham 😀

Background mereka itulah yang setau saya juga mendasari dipilihnya nama “Wali” pada band yang mereka bentuk.

 

Makanya heading pada point ini saya tulis dengan menggunakan huruf Q yang merupakan penulisan huruf Hijayah Qof (ق) dalam huruf Abjad, yang mana huruf tersebut adalah salah satu dari huruf yang dalam kondisi tertentu harus dibaca dengan cara memantulkannya, atau istilahnya “Qolqolah”.

 

Qolqolah Kubro atau Sugro ?

Karena dalam menyanyikan lirik tersebut disambung yakni “A….da….ga…jah.. Di..ba…likbatu” maka jika menggunakan kaidah pelafalah Qolqolah akan dibaja menjadi “”A….da….ga…jah.. Di..ba…liqobatu”.

Maka karena huruf Q “Mati” berada ditengah-tengah, berlakulah hukum Tajwid Qolqolah Sugro, berbeda jika huruf Q “Mati” berada di akhir kata, maka berlaku hukum Tajwid Qolqolah Kubro.

 

Ini unik, karena faktanya tidak semua orang fasih melafalkan Qolqolah Sugro pada huruf Qof “Mati”, berbeda dengan huruf Ba (ب) “Mati” yang semua orang bisa melafalkannya dalam pelafalah Qolqolah Kubro maupun Sugro.

Powered by Dewaweb


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai


Disqus Comments



×
SSL Verified