L

Menyandingkan CloudFlare dengan Provider Pull CDN Berbayar


Bismillahirrohmanirrohim


Ilustrasi Perbandingan Dengan dan Tanpa Menggunakan CDN

CloudFlare selain berfungsi sebagai Nginx Proxy (Reverse Proxy), juga berfungsi sebagai CDN (Content Delivery Network), tapi CDN dari CloudFlare tidak saya rekomendasikan jika Anda menginginkan CDN yang lebih reliable.

Opsi untuk menggunakan CloudFlare berbayar juga menurut saya mahal ya sob 😀

Saya lebih merekomendasikan menggunakan CDN Provider meskipun yang termurah seperti BunnyCDN.

 

Kelemahan CDN dari CloudFlare

Kelemahan CloudFlare CDN yang tidak saya sukai adalah tidak mendukung Cookie-free Domain dan tidak banyak format/extension file yang didukung.

Dan karena CDN CloudFlare menggunakan cara Reverse Proxy, maka proses caching CDN berlangsung otomatis meskipun file belum diakses sama sekali di browser, ini seringkali membuat saya kesal, karena saya menggunakan Watermark yang saya apply menggunakan plugins di WordPress saya, sehingga file gambar yang sudah saya bubuhi watermark tetap ada di CDN CloudFlare, sedangkan jika melaukan purge cache pada gambar bersangkutan akan membuang-buang waktu saya karena satu file gambar saja ada banyak variasi ukuran thumbnail.

Berbeda dengan CDN Berbayar selain CloudFlare yang menggunakan cara Pull Caching, sehingga file akan deploying ke semua PoP (Point of Presence) hanya ketika file bersangkutan diakses oleh client.

Sehingga saya bisa lakukan modifikasi pada file gambar saya seperti menerapkan thumbnail, optimasi lossy compression, dsb sebelum deploying ke CDN.

Karena file tersebut akan deploying ke Server CDN hanya ketika artikel yang saya tulis sudah saya publish, sehingga gambar-gambar tadi diakses oleh client (Browser) dan secara otomatis Pull ke Server CDN (Deploy).

 

Jika menggunakan CDN CloudFlare, saya jadi sering melakukan Purge All Cache yang akan menyebabkan CloudFlare tidak akan pernah berhasil mencache halaman artikel kita.

Perlu Anda ketahui bahwa CloudFlare memiliki kelebihan dibandingkan CDN Berbayar dengan sistem yang berbeda, karena CloudFlare adalah Reverse Proxy, maka dia bisa melakukan Full Page Cache, yang ketika server asli website kita mengalami down, website kita tetap bisa diakses normal, hanya saja itu adalah halaman cache dari CloudFlare.

Powered by Dewaweb


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai


Disqus Comments



×
SSL Verified