L

Salah Satu Ciri TPS (Throttle Position Sensor) Rusak: Tidak Bisa Setting Mode Altitude !


Bismillahirrohmanirrohim


Kesimpulan

Penyebab ECU Honda PGM-FI tidak bisa melakukan prosedur inisialisasi atau setting mode altitude adalah karena TPS mengalami penurunan fungsi, yakni outputnya dari TPS atau inputannya ke ECU sudah tidak sesuai standard lagi, memang motor masih bisa jalan dengan keterbatasan tertentu, tapi masih acceptable menurut saya kecuali borosnya konsumsi bensin.

Karena salah satu step dari prosedur setting mode altitude adalah inputan dari TPS ke ECU.

Nah dalam kondisi seperti ini TPS pada dasarnya belum rusak yang jika sudah rusak maka akan menyebabkan kode error/DTC pada MIL yakni 8 Kedipan.

Fail Safe Mode ini bagi pengguna yang tidak peka/risih sih masih bisa jalan terus, karena cuma asal pake, mati rasa, khususnya yang tidak suka ngail top speed 😀

Karena gejala brebet di putaran tinggi cuma terjadi di kecepatan diatas 90 kmpj saja (Ini yang saya alami).

Gejala TPS rusak kalau di motor PGM-FI yang sudah ISS (Ilding Stop/Start System) menurut pengalaman orang lain di forum tidak seperti pada motor PGM-FI Non-ISS, kalau di motor yang sudah ISS, ketika TPS rusak maka motor tidak bisa jalan, Fail Safe Mode tidak bisa membantu, tapi saya tidak tanya lebih lanjut apakah ketika ISS dinonaktifkan melalui switch-nya apakah masih seperti itu ?

Mengenai proses penggantian TPS di Throttle Body motor saya mungkin akan saya share di artikel terpisah, saya memilih mengganti TPS saja, meski di pasaran tidak ada yang Original/OEM, cuma ada KW/Aftermarket, tapi yang penting berfungsi dan tersedia, toh isi dari TPS ini sebenarnya adalah Potensio yang sudah familiar di komponen elektronika 😀

Harga TPS berkisar 100 – 150rb, tergantung seller, cari di Online Market Place dan urutkan list dari harga termurah ke mahal agar tidak beli seller dropshiper (Tidak bermaksud mendiskreditkan) 😀


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



SSL Verified