L

Salah Satu Ciri TPS (Throttle Position Sensor) Rusak: Tidak Bisa Setting Mode Altitude !


Bismillahirrohmanirrohim


Cara Klasik: Pinjem Part Sejenis dari Motor Lain

Kalau ke AHASS yang notabene bengkel resmi yang harusnya Injection Ready saja masih main “Kanibal” untuk urusan diagnosis. Mending saya lakukan sendiri 😀

Iya sob, mestinya kalau sudah sistem electronic fuel system gini, ya diagnosis kerusakan sistem injeksi bisa menggunakan alat diagnosis legendaris yakni AVO Meter !, tapi teorinya rumit kalau kita baca di buku manual reparasinya, dan ini sudah masuk ranah teknisi kelistrikan.

Awalnya saya kepikiran untuk pinjem Scoopy Fi punya adik saya, karena saya lupa adik saya yang satunya punya Vario 150i 😀

Honda Vario: Old 125 dan New 150 PGM-FI

Alhamdulillah, karena unit Vario 150i siap untuk saya “Mutilasi”, maka langsung saya eksekusi 😀

Karena dugaan awal adalah TPS, maka Throttle Body milik Vario 150i yang pertama-tama saya pasang di Vario 125i saya.

Throttle Body Vario 150i di Vario 125i

Dan hasilnya, ketika saya coba lakukan inisialisasi ECU alias Setting Altitude, prosedurnya berhasil 🙂

Maka positif 100% TPS yang rusak !

Alhamdulillah, budget saya untuk beli ECU terselamatkan jadi cuma beli TPS saja yang banyak dijual di Online Market Place dengan harga 10x lebih murah dari harga ECU baru (Sampai artikel ini saya tulis, tidak ada yang jual ECU OEM Old Vario 125i copotan/bekas secara online).

Selain itu, tudingan Koil Racing “Haram” digunakan pun terbantahkan, saya bisa kembali menggunakan Koil Ultra Speed Racing saya setelah mengganti TPS, saya masih belum berani pakai Koil Racing kalau TPS masih rusak, karena detonasi bisa makin parah akibat AFR masih belum normal.


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



SSL Verified