L

Salah Satu Ciri TPS (Throttle Position Sensor) Rusak: Tidak Bisa Setting Mode Altitude !


Bismillahirrohmanirrohim


Fail Safe Mode yang Membingungkan

ECU PGM-FI dari Honda memiliki kemampuan Backup Mode atau Fail Safe Mode yang menjamin motor masih bisa jalan dan digunakan dengan “Normal” meski kondisi inputan dari sensor-sensor sudah tidak optimal/sesuai standard lagi yang belum/tidak menimbulkan DTC (Data Trouble Code) yang ditampilkan di MIL (Malfunction Indicator Lam), bahkan ketika sensor-sensor rusak yakni ketika MIL sudah menunjukkan DTC berupa kedipan dengan pola tertentu, motor masih bisa jalan karena Fail Safe Mode memungkinkan ECU menggunakan mapping/settingan standard/fixed mapping yang sudah terpasang di ECU tersebut.

Terus terang, PGM-FI memudahkan saya, ketika saya mengalami kerusakan Accu/Battery/Aki motor saya (Aki putus/mati total, bukan soak/drop lagi), maka saya masih bisa menyalakan mesin motor dengan menggunakan Kick Starter dan seluruh kelistrikan normal.

Dan yah, Fail Safe Mode ini juga memungkinkan saya masih bisa menggunakan motor meskipun tidak optimal, karena bensin jadi boros dan masalah lainnya yang saya jelaskan di bagian gejala kerusakan di atas.

Tapi, karena saya pribadi sangat minim informasi mengenai Fail Safe Mode itu, maka saya pun bingung sendiri jadinya 😀

Ada yang bilang, ketika melakukan reset DTC di memory ECU, dan ketika sudah clean tapi lampu Check Engine mati, maka itu artinya ECU masih terjebak di Fail Safe Mode, tapi saya melakukan pencarian di YouTube, melihat kawan-kawan Moto Vlogger mendemonstrasikan prosedur reset DTC, hasilnya adalah, motor Old Vario 125i Non-ISS itu ketika DTC sudah clear, maka memang lampu Check Engine mati ketika DLC masih dijamper dan kontak on (Prosedur melihat DTC di memory ECU).

Pada motor Old Vario 125i ISS dan motor PGM-FI lainnya yang lebih baru seperti BeAT Fi, Scoopy Fi, dsb itu berbeda, yakni ketika DTC sudah clear, dan DLC masih dalam posisi jamper, maka ketika kontak on, lampu Check Engine menyala statis (Selalu menyala, tidak berkedip).

Perbedaan itu yang mesti diperhatikan, karena behavior macam itu cuma karena beda di versi ECU saja.

ECU Lama: DTC Clear = MIL Always Off.

ECU Baru: DTC Clear = MIL Always On.

 

ECU yang tidak bisa melakukan setting mode altitude, bukan karena ECU berada dalam Fail Safe Mode, dan kesimpulan ini yang memperkuat dugaan awal saya yakni TPS yang rusak, karena prosedur setting mode altitude memerlukan inputan dari TPS yang dibuka Full Throttle, logikanya jika settting mode altitude tidak bisa, maka TPS tidak memberikan inputan buka penuh ke ECU.

Setting Mode Altitude masih bisa dilakukan meskipun ECU dalam Fail Safe Mode !

Misalnya TPS sudah diganti baru, dan ECU dalam Fail Safe Mode karena O2 Sensor mulai lemah, maka Setting Mode Altitude masih bisa dilakukan.


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



SSL Verified