L

Penjelasan Lengkap Tentang Semi Dedicated Hosting


Bismillahirrohmanirrohim


Logo Hawkhost

Disini saya akan melakukan preview atau pratinjau mengenai “Semi Dedicated” Plan di Hawkhost, agak asing ya istilah itu, bahkan lebih dari sekedar preview, saya akan coba mengedukasi siapa pun yang masih awam mengenai istilah ini 🙂

 

Maksud dari Semi Dedicated

Banyak yang mengira istilah “Semi Dedicated” itu adalah VPS (Virtual Private Server), sebenarnya tidak terlalu keliru juga, mengingat CloudLinux OS (Operating System) juga memiliki fitur Virtual Environment yang disebut LVE (Lightwheight Virtual Environment) yang juga termasuk fitur CageFS.

Perlu Anda ketahui, Semi Dedicated Hosting di Hawkhost tetaplah Shared Hosting secara teknis, tetapi lebih sedikit pengguna dalam satu server yang sama, dan spesifikasi alokasi resource yang lebih besar. Itulah beberapa alasan kenapa disebut “Semi Dedicated”, karena nyaris menguasai satu server penuh 😀

Seperti yang sudah saya singgung sebelumnya bahwa Semi Dedicated ini adalah CloudLinux Shared Hosting yang memiliki kemampuan Virtualisasi pada Normal User Level.

Maka dugaan bahwa “Semi Dedicated” adalah VPS hampir-hampir tepat 😀

Jadi, ketika sebuah Shared Hosting menggunakan CloudLinux OS, maka hosting tersebut seolah-olah menjadi “VPS”.

Bedanya, jika VPS Konvensional menjadikan Dedicated Server sebagai Host dan VPS-VPS di dalamnya sebagai Guest.

Maka CloudLinux Shared Hosting menjadikan Dedicated Server atau VPS sebagai Host dan User-user di dalamnya sebagai Guest. Apalagi di era IaaS (Infrastructure as a Service) Cloud Server saat ini yang notabene hanyalah KVM Virtualization, artinya Cloud Server saat ini adalah VPS, itulah gunanya CloudLinux yang membuat Virtual Environment di dalam Virtual Server.

Bedanya jika dengan VPS Anda bisa menginstall segala sesuatunya mulai dari OS sampai 3rd Party Applications/Software di dalamnya dan mengkonfigurasinya sepenuhnya sebagai Root (Superuser), maka Virtualisasi dengan CloudLinux tidak demikian, user hanyalah Normal User saja.

Virtualisasi dengan CloudLinux hanya mengadopsi sedikit kemampuan dari VPS, yakni Guaranteed Shared Resource.

Ya, banyak yang keliru menganggap VPS itu adalah “Dedicated Resource”, padahal ada sistem yang rumit pada Software Virtualisasi yang mengatur alokasi resource dan membaginya kepada Guest-guest (VPS) lain di dalam Host (Dedicated Server) yang sama, ketika ada “Available/Free Resource” maka itu diberikan kepada Guest lain yang membutuhkan, ketika sudah tidak membutuhkan lagi oleh Guest tadi, resource tersebut kembali tersedia untuk dimanfaatkan oleh Guest lain yang membutuhkan di Host yang sama. Makanya, meski dengan LVE, jika jumlah user di server terlalu banyak maka tetap bisa terjadi overload. Di cPanel terdapat fitur Server Information yang bisa kita gunakan untuk melihat Server Loads, Memory Usage, Disc Usage, dsb dari Server Host utama (Node).

Rumit ya ?, tidak juga 😀

Konsep itu juga diterapkan pada CloudLinux LVE, makanya disebut “Lightwheight Virtual Environment” karena memang selain menjadikan server lebih stabil juga memang fitur virtualisasinya yang tidak Heavy seperti VPS.

Cara kerja CPU Speed/Core Limit di CloudLinux LVE bisa Anda baca disini.


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



SSL Verified