L

Lebih Dalam Membahas Busi NGK MR9C-9N


Bismillahirrohmanirrohim


 

Ilustrasi NGK MR9C-9N

Kita yang mengamati perkembangan teknologi otomotif khususnya sepeda motor tentu tau dengan busi OEM baru sepeda motor Honda dari NGK yakni MR9C-9N, sudah banyak yang bahas tentang keunggulannya.

Di komunitas otomotif sepeda motor pun tentu juga banyak yang bahas, tapi disini saya ingin mencoba membahas lebih dalam semampu saya, karena saya tidak puas dengan penjelasan yang saya dapatkan ketika browsing informasi mengenai busi baru ini.

Menggunakan Nickel Alloy teknologi terbaru pada Center Electrode yang lebih canggih sehingga mampu dibentuk dalam ukuran diameter lebih kecil daripada Busi Nickel Alloy standard biasa. Itu point yang diunggulkan pada busi terobosan terbaru ini.

Nickel Alloy yang dipakai untuk Center Electrode sudah berbeda, sudah pakai teknologi terbaru yang lebih canggih, sehingga diameter center electrode bisa dibuat lebih kecil, meski masih Nickel Alloy, bukan Platinum Alloy apalagi Iridium Alloy.

Selain itu, desain Ground Electrode juga berbeda dibandingkan busi standard Nickel Alloy biasanya, bahkan berbeda dengan yang digunakan Busi Iridium dan Platinum yang sudah ada sebelumnya.

Nomor Part (Honda Genuine Part) NGK MR9C-9N adalah: 31919-K25-601.

Busi ini kompatibel/bisa dipakai pada motot yang sebelumnya menggunakan busi NGK CPR Series, seperti NGK CPR9EA-9.

 

Nickel Alloy Baru yang Lebih Baik pada Center Electrode

Grafik Perbedaan Nickel Alloy Lama VS Baru

Pada grafik tersebut ada parameter Gap growth dalam satuan mm (Milimeter) dan Last time dalam satuan jam (Hrs/Hours).

Gap growth sesuai namanya adalah bertambahnya kerenggangan celah antara center electrode dengan ground electrode busi karena efek erosi/pengikisan yang disebabkan oleh ignition process pada busi.

NGK MR9C-9N diklaim 40% lebih tahan terhadap efek erosi (Erosion Resistant) dan oksidasi (Oxydarion Resistant) serta 11% lebih efisien dalam hal konsumsi bensin dibandingkan NGK CPR9EA-9.

Sedangkan Last time adalah waktu terakhir hingga gap growth optimal yang boleh terjadi, pada busi NGK CPR9EA-9, batas maksimal gap growth adalah 0.25 mm.

Inilah sebab kenapa masa pakai (Biasanya berdasarkan jarak dalam KM) busi itu direkomendasikan 8000 KM, padahal meskipun lebih dari itu, busi ya masih bisa berfungsi, tapi sudah tidak optimal lagi karena gap growth akibat terjadinya erosi pada center electrode sudah tidak ideal lagi untuk mendapatkan fuel efficiency yang diharapkan, dengan kata lain konsumsi bensinya sudah tidak seirit ketika menggunakan busi baru.

Pada grafik di atas, Nickel Alloy terbaru hanya mengalami gap growth dari 0 mm hingga 0.12 mm dalam waktu 200 jam, berbeda dengan Nickel Alloy lama yang baru 100 jam sudah mengalami gap growth dari 0 mm hingga 0.17 mm.

Artinya NGK MR9C-9N 2x lebih tahan lama dibandingkan NGK CPR9EA-9 padahal ukuran diameter center electrodenya juga berbeda dari sebelumnya 2.5 mm (Standard), menjadi lebih kecil dari itu, berapa ukuran diamternya masih belum ada referensi terkait itu.

Perlu diketahui disini bahwa angka di tengah-tengah kode busi itu merujuk pada Heat Range dari busi bersangkutan, tentu saja masih ada NGK MR8C-9N dan CPR8EA-9, Heat Range pada busi NGK setidaknya tersedia dari 5 yang paling panas sampai 9 yang paling dingin, tapi ketersediaannya di pasaran belum tentu ada 😀

Yang unik dari busi baru NGK MR9C-9N ini adalah meski secara ukuran fisik sama dengan NGK CPR9EA-9, tapi kodenya beda, meski gk kali ini aja sih ya, NGK SIMR8A9 dulu juga beda kode tapi ukuran sama 😀

Saya tidak menemukan referensi mengenai kode busi pada NGK MR9C-9N ini.



Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



×
SSL Verified