L

Beginilah Tampilan Iklan Facebook Audience Network di Blog (Website)


Bismillahirrohmanirrohim


Facebook Audience Network

Facebook saat ini sudah membuka peluang untuk Publisher Iklannya pada Platform selain Mobile Application, yakni sekarang sudah merambah ke Platform Mobile Site (Mobile Friendly Website / Blog).

Mobile Site disini tidak mesti Wap Site saja, tapi seluruh Website atau Blog yang secara teknis mendukung Mobile Device, yang biasa disebut Mobile Friendly, agar Website Desktop menjadi Mobile Friendly dibutuhkan Theme/Template yang sudah Responsive, yakni yang sudah bisa menyesuaikan tampilan berdasarkan Ukuran Layar Perangkan yang mengaksesnya. Contohnya adalah Blog saya ini 😀

 

Baca Juga: Cara Menguji Website Apakah Sudah Mobile Friendly atau Tidak

 

Meski saat Artikel ini saya tulis Facebook Audience Network masih dalam Tahap Beta, sehingga Website yang disetujui masih terbatas.

Saya berkesempatan mencoba Facebook Audience Network ini, bagaimana bentuk tampilan Iklan dari Facebook ini ?

Silahkan lihat sendiri pada Screenshoot dibawah ini:

 

Ads by Facebook Audience Network

Iklan di Sidebar Widget

Iklan Facebook Audience Network di Sidebar Widget

Iklan Facebook Audience Network di Sidebar Widget

Iklan di Konten/Artikel (Native)

Iklan Facebook Audience Network di Artikel

Iklan Facebook Audience Network di Artikel

Iklan di Footer Widget

Iklan Facebook Audience Network di Footer Widget

Iklan Facebook Audience Network di Footer Widget

Iklan yang ditampilkan memiliki Icon AdChoices, bukan Ads by Facebook atau semacamnya, perlu diketahi bahwa AdChoices adalah Standard Dunia untuk Ads Network, bahkan Google AdSense pun juga seringkali menampilkan Iklan dengan Icon AdChoices.

Bedanya dengan Google AdSense adalah, Iklan dari Facebook ini dia menggunakan Kode HTML yang lebih Kompleks, tidak hanya sekedar JavaScript saja, melainkan sudah menggunakan Format HTML yang didalamnya tentu ada JavaScript juga.

Ini bisa dilihat dari adanya Tombol khusus yang bertuliskan “Buka Tautan“. Tapi tidak hanya itu saja, tergantung dari Iklan apa yang ditampilkan, Tombol dibawah Iklan bisa bertuliskan “Belanja Sekarang” jika Iklan Online Shop, “Daftar Sekarang” jika Iklan Keanggotaan, dsb

Secara Default, Iklan dari Facebook ini sudah memiliki kemampuan Responsive yang bisa menyesuaikan ukuran sesuai Ukuran Layar Devices yang mengakses Blog kita.

 

Cara Mengambil Kode

Mengambil Kode HTML Facebook Audience Network

Mengambil Kode HTML Facebook Audience Network

Kode tersedia untuk Mobile Apps (iOS, dan Android), serta untuk Mobile Site (HTML, JavaScript)

 

Contoh Kode

Contoh Kode HTML dan JavaScript Facebook Audience Network

Contoh Kode HTML dan JavaScript Facebook Audience Network

Sepeti yang bisa dilihat pada Screenshoot diatas, Kode yang digunakan sudah Kompleks, terdiri dari Kode HTML, dan JavaScript, bahkan CSS.

Perlu diketahi bahwa Iklan dari Facebook ini hanya bisa muncul jika Situs yang memasangnya diakses menggunakan Mobile Devices seperti Smartphone dan Tablet PC, Iklan tidak akan muncul jika diakses menggunakan Desktop Computer, meski ada Cara Resmi untuk bisa menampilkannya hanya sebatas untuk Uji Coba, bukan Trick Blackhat tentunya.

 

Kesimpulan

Iklan dari Facebook ini menggunakan Format Standard Dunia Periklanan Online yakni AdChoices, tidak atau belum menggunakan Branding sendiri seperti layaknya Google AdSense, namun saya mendengar kabar bahwa Google AdSense pun kedepannya akan secara penuh menggunakan Format AdChoices juga.

Saat Artikel ini ditulis, Facebook Audience Network hanya berupa Beta Tester, yang mana tidak semua Website bisa disetujui sebagai Publisher, namun semoga saja kedepannya untuk menjadi Publisher Facebook Audience Network tidak sesulit menjadi Publisher Google AdSense.

Dan semoga saja, kedepannya Facebook Audience Network juga merambah Pemirsa dari Mobile Devices ke Desktop Devices.

Kelebihan Facebook Audience Network adalah, Facebook ini Perusahaan Besar yang juga mendapatkan Income dari Avertisement (Iklan), dan itu artinya Facebook Audience Network akan menjadi saingan berat Google AdSense. Karena begitu banyak Mitra Advertiser yang dimiliki Facebook.

Selain itu, Rate CTR dan CPM yang diberikan Facebook juga sangat besar, dibandingkan Ads Network lain yang hanya bisa menjadi Alternative Google AdSense saja.

Dan menjadi Publisher Facebook tidak sesulit Google, hanya saja untuk sekarang ini, dan mungkin kedepannya, target Facebook hanya untuk Mobile Device, berbeda dengan Google yang memiliki target tidak hanya Desktop tapi juga Mobile.

Namanya juga masih Beta kan ? 😀

 

Selamat Datang, Facebook Audience Network, kami para Blogger siap menjadi Publisher 🙂


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



×
SSL Verified