L

Sulitnya Menemukan Kertas PaperOne


Bismillahirrohmanirrohim


PaperOne: All Purpose

Saya adalah pengguna printer HP (Hewlett-Packard) yang notabene menggunakan tinta jenis pigment pada cartridge warna hitamnya, sehingga membutuhkan kertas yang tidak menyerap partikel pigment pada tinta ketika diinjectkan/dicetakkan ke kertas.

Untuk kebutuhan tersebut, dibutuhkan kertas khusus yang tidak menyerap tinta Pigment Base ke dalam serat kertas. Tinta ini berbeda dengan Toner yang digunakan pada mesin FotoCopy dan Printer LaserJet.

Sebenarnya HP memiliki teknologi kertas sendiri untuk memungkinkan hal itu yakni teknologi ColorLok.

Dulu PaperOne adalah satu-satunya produsen kertas lokal yang menggunakan teknologi ColorLok, sampai pada akhirnya mereka mengembangkan teknologi sendiri dan beralih menggunakan teknologi sendiri tersebut, yakni ProDigi Nanotechnology.

Di kota saya Banjarbaru, Kalimantan Selatan bahkan secara umum di daerah Kalimantan Selatan, kertas merk PaperOne sangat sulit ditemukan, hanya tersedia di toko buku besar seperti Gramedia dan Salemba.

Masalahnya, di Banjarbaru, Gramedia hanya ada di Q Mall (PaperOne bisa didapatkan di HyperMart di Mall), saya paling males beli di Mall, parkir kendaraannya ribet, apalagi pakai mobil, dan ke mall cuma beli kertas printer doang ?, yang benar saja 😀

Kalau di Banjarmasin sih ada Gramedia yang tidak di Mall, meski ada juga yang di Duta Mall. Tapi domisili saya tidak di Banjarmasin, tapi tetangganya yakni Banjarbaru.

Nah di Banjarbaru biasanya saya beli di Toko Buku Salemba di Giant, tapi Giant di dekat simpang empat Banjarbaru sudah tutup, Salemba setau saya pernah buka toko sendiri yang bukan di pusat perbelanjaan, tapi saya lihat lagi ternyata sudah tutup lagi atau pindah ?, namun saya tidak tau pindahnya kemana, atau ke Giant baru yang lebih besar itu di Banjarbaru ?, entahlah saya tidak pernah ke Giant yang baru di Banjarbaru :D, nanti saya coba deh, soalnya Giant lebih simple parkirnya daripada di Mall.

Update: Toko Buku Salemba tidak ada di Giant, karena Giant di simpang empat Banjarbaru itu seperti di Mall, yakni pusat perbelanjaan yang sebagian tempatnya digunakan oleh Giant, Salemba, dsb, persis seperti HyperMart di Mall-mall yang di Mall yang sama terdapat Toko Buku Gramedia.

Di Banjarbaru, merk kertas yang paling populer adalah merk Sinar Dunia (SIDU) dan brand lainnya yang masih produksi pabrik yang sama yang semuanya menggunakan teknologi yang mereka sebut TruTone Technology.

Hanya saja TruTone Technology tidak kompatibel dengan tinta pigment, hanya khusus tinta Dye Base saja yang umumnya ada pada printer Canon dan Epson.

Mungkin populernya kertas TruTone Technology karena mayoritas pengguna disini menggunakan printer Canon dan Epson kali yah ?, entahlah 😀

Saya sangat tidak suka menggunakan kertas SIDU karena partikel pigment pada tinta HP akan diserapnya, jadi tidak tercetak di permukaan kertas, sehingga warna hitam yang saya cetak menjadi lebih buram, tidak Solid Black seperti ketika saya menggunakan kertas merk PaperOne.

Disini saya tidak bermaksud mengkomparasi PaperOne VS SIDU dan tidak bermaksud menjelek-jelekkan kertas merk SIDU tersebut.

Saya menulis artikel ini adalah saya tujukan kepada pihak produsen PaperOne, karena saya coba hubungi ternyata PaperOne sudah International, maksudnya tidak bisa dikirimi email berbahasa Indonesia lagi, bukan berarti saya tidak bisa bahasa Inggris, hanya saja saya kesulitan mengkontak mereka karena yang terhubungi adalah pihak Global-nya, bahkan Sosmed PaperOne seperti di Twitter pun sudah Global. Jadi saya khawatir akan terlalu panjang prosesnya sampai ke PapeOne di Indonesia.

Kalau dulu mudah mengbubungi PaperOne Indonesia.

Saya sebenarnya maklum, stock pada toko biasanya tergantung permintaan pasar, dan rupanya kertas merk PaperOne yang menurut saya yang terbaik untu printer HP dan printer Pigment lainnya susah didapatkan di kota saya.

Saya masih bersyukur masih bisa menemukannya di toko buku besar yang masih eksis yakni Gramedia dan Gramedia punya toko diluar Mall yakni di JL. Veteran di Banjarmasin, masih mendingan daripada masuk ke Mall cuma buat beli kertas doang, karena dari Banjarbaru ke Banjarmasin lumayan jauh, alhasil saya mesti beli banyak kertas PaperOne untuk stock berbulan-bulan 😀

Semoga kedepannya Kertas Printer merek PaperOne mudah ditemukan ditoko-toko buku pinggir jalan yah 🙂

 

Powered by Dewaweb


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai


Disqus Comments



×
SSL Verified