L

Sejarah dan Arti dari Ungkapan “Kandangan Cingai !” di Kalimantan Selatan


Bismillahirrohmanirrohim


Story Begin …

 
Berlatar belakang Zaman Penjajahan …
 

“Kandangan Cingai !”

Seringkali juga ditulis “Kandangan Cingae” …

Teriak seseorang yang gagah perkasa disuatu tempat yang kondisi Alamnya masih Asli (Hutan) …
Ketika Seorang Jagoan yang Punya Ilmu Kebal, dan Asli Urang Kandangan itu tidak bisa Show Off (Pamer) kepada Manusia, justru ketika itu hanya ada Kucing Hutan didekat dia, maka dia berkata sambil menepuk dadanya seperti King Kong: “Kandangan Cingai !”.
 
Artinya: “Aku tih Urang Kandangan Kucing ae !, tau lah ikam ?” (“Kamu tau tidak ?, Saya ini Orang Kandangan Loh Kucing !”
Ya, Cing itu singkatan dari Kucing 😀
Mengucapkan “Kandangan Cingai !” itu memang dengan Intonasi yang Tegas, Keras, dan Lantang ! (makanya pakai Tanda Seru jika ditulis dalam bentuk Teks).
 
Ceritanya, dia saat itu memang terkena Suatu Insiden yang membuat Ilmu Kebalnya Beraksi melindunginya, sehingga dia tidak luka sedikit pun !
 
Melihat ada Kucing yang menatapnya dengan ekspresi Heran, maka dia mengira Kucing itu penasaran, lalu dia jelaskanlah bahwa dia bisa seperti itu karena dia Urang Kandangan 😀
Mungkin dalam hati si kucing berkata: “Ya ampun nih orang gk luka, kenapa ya ?”, dan orang (Manusia) itu pun menjawan “Kandangan Cingai !”.

Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



SSL Verified