L

Tantangan Ngeblog Justru Memaintenance Artikel Lama


Bismillahirrohmanirrohim


Blogging

Membuat Artikel baru itu sangat mudah, namun yang sulit justru merevisi atau memaintenance Artikel yang sudah lebih dulu kita publish.

Blog bukanlah Short Term (Jangka Pendek) macam Social Media yang setelah Update Status lalu lupakan begitu saja, tenggelam ditelan Timeline.

Tanggungjawab kita terhadap konten di Blog adalah bersifat Long Term (Jangka Panjang). Karena pembaca terus berdatangan tidak peduli kapan Artikel tersebut diterbitkan.

Kita Manusia tentu selalu berkembang, entah itu Skill dalam Menulis yakni Retorika Basa, Cara Penulisan, dsb, maupun dari segi keilmuan dan update informasi terbaru yang lebih relevant.

Tentunya, Artikel lama kita bisa saja sudah tidak relevant lagi dengan realita yang ada sekarang ini, dan Artikel lama kita bisa saja sangat buruk dalam hal gaya penulisan.

Apalagi jika kita adalah Blogger yang melakukan Daily Update, yakni memposting artikel baru setiap hari, minimal 1 artikel, bisa dibayangkan betapa terburu-burunya proses itu bukan ?

 

Berapa Interval Paling Ideal untuk Memposting Artikel Baru ?

Tentu ini relatif, mengingat kapasitas dan skill seorang Blogger bisa berbeda-beda, ada Blogger yang dalam menulis Artikel bisa perfect dalam satu hari sehingga kemungkinan revisi dikemudian hari bisa diminimalisir, tapi ada juga Blogger yang buru-buru, yang penting asal jadi.

Secara umum, Idealnya untuk Blog yang dihandle secara Part Time, adalah 1 Minggu sekali, minimal 3 – 4 Hari sekali.

Waktu selama itu dibutuhkan untuk penyempurnaan Artikel sebelum dipublish, apakah sudah yakin atau tidak ?, dan itu dilakukan secara bertahap, alokasi waktu terbatas, sehingga Artikel sering masuk kedalam Draft sebelum dipublish.

Powered by Dewaweb


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai


Disqus Comments



×
SSL Verified