L

WP CDN Rewrite: Plugin Terbaik untuk Menerapkan CDN Hostname


Bismillahirrohmanirrohim


Ilustrasi Perbandingan Dengan dan Tanpa Menggunakan CDN

Ketika menerapkan CDN (Content Delivery Network) pada website berbasis WordPress Self Hosted, kita membutuhkan plugin khusus yang berfungsi untuk menulis ulang (Rewrite) URL dari files konten yang didelivery oleh CDN tersebut.

Ubahan yang dilakukan adalah pada HTML Page yang digenerate oleh WordPress, sehingga URL dari CDN diterapkan hanya pada HTML Page yang diakses oleh pengunjung.

Mungkin Anda sudah tau dengan plugin CDN Enabler yang dikembangkan oleh KeyCDN yah 😀

Memang sudah biasa bahwa setiap provider CDN menyediakan plugin CDN Rewrite masing-masing sesuai “Branding” mereka, misalnya BunnyCDN yang juga menyediakannya, dan provider CDN lainnya, yah sekaligus promosi karena pasti ada branding pada plugin tersebut.

Tapi, apakah Anda penasaran, apakah ada CDN Rewrite pihak ketiga yang dikembangkan bukan oleh provider CDN ?

Jawabannya ada, dan lebih powerful daripada CDN Enabler bawaan provider CDN 😀

 

WP CDN Rewrite

WP CDN Rewrite: Settings

Ya, itulah nama plugin yang akan saya review kali ini, Anda bisa mengunjungi WP CDN Rewrite di Directory Plugins WordPress.org disini.

Ada banyak developer yang berkontribusi dalam project WP CDN Rewrite ini yang bisa Anda lihat di link di atas.

 

Pembeda

Berbeda dengan CDN Enabler yang mencache semua file extension kecuali kita memasukkan file extension tertentu pada daftar Exclusion untuk dikecualikan seperti file */.php, *.xml, dsb, nah WP CDN Rewrite ini sebaliknya.

Kita harus memasukkan file extension atau format file pada daftar File Extensions agar URL-nya direwrite oleh plugin ini.

Tapi tenang, plugin ini sudah pre-listing dengan file extensions umum yang sebaiknya dihost menggunakan CDN, yakni: bmp|bz2|gif|ico|gz|jpg|jpeg|mp3|pdf|png|rar|rtf|swf|tar|tgz|txt|wav|zip

Selain file extensions tersebut maka plugin ini tidak akan mengubah URL-nya menggunakan CDN Hostname.

Kelebihan metode ini adalah kita tidak akan mengalami file sitemap.xml menjadi bermasalah yakni Blank Page. Pernah mengalaminya ketika menggunakan CDN Enabler dan sejenisnya yang menggunakan metode yang sama ?

Metode seperti ini juga digunakan oleh plugins Caching seperti WP Fastest Cache dan W3 Total Cache pada build in CDN URL Rewrite bawaan plugin tersebut.

Bagian ini disebut “Root CDN Hostname”, dan saya menggunakan URL https://cdn.lukman.al-hakim.id  untuk ini.

 

Custom CDN Hostname untuk JS dan CSS Files

Nah inilah fitur yang paling saya suka dari WP CDN Rewrite, karena saya bisa menggunakan CDN Hostname yang berbeda dari Root CDN Hostname yang sudah saya bahas sebelumnya.

Ini salah satu kelebihan metode yang digunakan oleh WP CDN Rewrite yang sudah saya bahas di atas. Sebenarnya bisa saja dikembangkan lagi, misalnya CDN URL Hostname khusus file gambar seperti *.jpg, *.png, *.gif, dsb ya 😀

Dengan fitur ini, kita bisa menggunakan CDN Zone yang berbeda, sehingga ketika melalukan Purge All Cache pada CDN Zone khusus “General Asset” yakni Root CDN Hostname di atas, maka CDN Zone yang khusus untuk JS dan CSS Files tidak akan terpengaruh, ya karena berbeda Pull Zone 😀

CDN Hostname saya untuk files *.css adalah https://cdn.css.lukman.al-hakim.id  dan untuk files *.js adalah https://cdn.js.lukman.al-hakim.id .

Tapi saya juga menggunakan CDN Hostname khusus untuk Fast Velocity Minify yakni https://cdn.scripts.lukman.al-hakim.id  dan khusus CDN Storage yakni https://cdn.storage.lukman.al-hakim.id .

 

Kesimpulan

WP CDN Rewrite adalah plugin khusus CDN URL Rewrite terbaik menurut pengujian saya karena memang fitur-nya saya butuhkan, khususnya Custom JS dan CSS Hostname yang penting untuk menghindari rusaknya tampilan website saya ketika saya melakukan Purge All Cache yang tujuan utamanya adalah re-deploy asset lain yakni files gambar saja.

Soalnya saya kadang perlu melakukan purge all cache pada file gambar setelah melakukan optimasi dan editing yang saya lakukan pada gambar dan thumbnails.

Soalnya provider CDN yang saya gunakan tidak mendukung Wildcard Purge menggunakan karakter * (Asterix).

Kan ribet kalau menghapus cache untuk semua variasi ukuran thumbnails yang ada 😀

Disini saya tidak bermaksud menjelek-jelekkan Plugin CDN Enabler by KeyCDN, tapi lebih tepatnya membandingkan, karena menurut riset yang saya lakukan, Plugin CDN URL Rewrite yang paling banyak digunakan adalah CDN Enabler by KeyCDN, tapi saya perlu mengedukasi para blogger berbasis WordPress.org bahwa metode yang paling bagus untuk CDN Rewrite adalah seperti yang diterapkan caching plugins seperti WP Fastest Cache, W3 Total Cache yang versi Standalone-nya adalah WP CDN Rewrite yang saya bahas di artikel ini.

Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, CDN Enabler by KeyCDN adalah yang paling basic, bahkan BunnyCDN pun menerapkan konsep/metode yang sama yakni menggunakan Exclude File Extensions List, bukan File Extensions List.

Kelebihannya tentu saja lebih simple dan mudah 😀

Anggap saja WP CDN Rewrite ini Advanced Version dari CDN URL Rewrite yang ada sebelumnya.

Alasan saya menggunakan WP CDN Rewrite selain kelebihannya di atas juga karena saya menggunakan LiteSpeed Cache Plugin sebagi plugin untuk Page Caching, saya tidak menggunakan plugin lain seperti WP Fastest Cache, W3 Total Cache, dsb

 

Alasan Keamanan dan Privasi

Dengan metode yang digunakan WP CDN Rewrite ini juga memastikan bahwa Pull CDN yang kita gunakan hanya mempull/deploy file dengan extensions yang sudah kita tentukan, tidak semua file yang ada di public_html lantas dideploy ke CDN PoP (Point of Presence) dari Origin URL yakni domain website kita.

Powered by Dewaweb


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai


Disqus Comments



×
SSL Verified