L

Bikin Review Itu Tidak Mudah !


Bismillahirrohmanirrohim


Property of Lukmanul Hakim Watermark V2

Banyak orang yang request artikel review ke saya baik di blog ini maupun di group sosmed dan forum, beberapa sudah saya penuhi dan Alhamdulillah hasilnya cukup baik, namun tidak sempurna, meski panjang lebar dan detail.

Tapi untuk review di blog, saya pernah bermasalah karena saya keliru dalam melakukan review dan menyikapi segala sesuatu terkait review tersebut.

Jadi sob, dalam membuat review itu saya seringkali sebenarnya cuma membuat artikel preview, dan saya dulu sering kurang objektif dan tidak memposisikan saya pada zona netral.

Dalam membuat review, itu tergantung logika berfikir si reviewer, kalo keliru, hasilnya juga gagal, dan malah bisa membuat orang tersinggung, khususnya yang punya produk/jasa, karena itu adalah sumber nafkah seseorang.

Saya adalah tipikal orang yang memberikan review total semampu saya pada produk/jasa yang menurut saya terbaik dan menjadi pilihan saya, dan produk/jasa tersebut memang saya gunakan. Dan itu menjadi masalah karena saya jadi tidak objektif ketika pembaca menanyakan “Bagusan yang mana ?” ketika ada produk lain yang menjadi kandidat lain menurut pembaca.

Reviewer professional tidak akan menjawab pertanyaan seperti itu, karena mana yang bagus itu adalah preferensi personal tiap pembaca, reviewer tidak boleh memberikan kesimpulan tersebut, pembacalah yang harus menyimpulkan sendiri. Saya dulu pernah terjebak pertanyaan itu dan menjawabnya, alhasil review menjadi tidak objektif, dan menjadi tidak sehat ketika alasan tidak memilih yang lain itu disertai kejelekkan-kejelekkannya, maka akan menjadikan tindakan menjelek-jelekkan.

Powered by Dewaweb


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



×
SSL Verified