L

Pengalaman Menggunakan Dewaweb Cloud Hosting


Bismillahirrohmanirrohim


Cloud Web Hosting

Assalamu’alaikum, kali ini saya ingin mereview Dewaweb nih sob 😀

Provider Cloud Hosting yang sangat populer di Indonesia ini memang menarik untuk dikupas tuntas disini 😀

Mengenai Term atau Istilah “Cloud” ini memang masih baru (seharusnya sih bukan hal baru lagi di tahun sekarang ini, karena kita sudah memasuki era Cloud Computing, contohnya Smartphone yang Anda miliki).

Istilah ini sama barunya dengan Istilah “WordPress Hosting”.

 

Kenapa Dewaweb Berani Mengklaim “The True Cloud Hosting” ?

Sepenelusuran saya, Dewaweb adalah yang paling gencar menyuarakan Cloud Hosting, dan mengklaim sebagai Cloud Hosting pertama di Indonesia.

Maka, di Artikel ini saya akan menjelaskan mengenai Cloud Hosting, versi/menurut Dewaweb 😀

 

Auto Healing

Salah satu kemampuan Wajib Cloud Hosting adalah Failover (Fail-over) atau bisa juga disebut “Auto Healing”.

Saya lebih suka menggunakan istilah Failover karena lebih relevant, kalau Auto Healing (Menyembuhkan Diri Sendiri) itu lebih kepada Bahasa Marketing saja. Bukankah ketika ada kerusakan dan trouble lainnya, Server tidak bisa memperbaiki dirinya sendiri ?, tetap perlu tenaga Manusia untuk melakukan Troubeshooting 😀

Failover, sesuai namanya, adalah kemampuan yang memungkinakan Server yang ketika mengalami Down (Fail) akan bisa dialihkan ke Server lain yang masih Up (Over).

Nah, proses ini ada yang Manual Failover, atau juga yang Auto Failover.

Dewaweb ?, Menurut informasi dari CTO (Chief Technical Officer), Dewaweb menerapkan Manual Failover.

Alasannya ?, Masih menurut informasi dari CTO Dewaweb. Failover kadangkala mesti dilakukan secara Manual, agar meminimalisir “False Alarm” karena bisa saja Down terjadi bukan karena kerusakan dari sisi Server, sehingga dilakukan Diagnosa secara mendalam dulu baru dilakukan Failover, nah ini perlu Monitoring yang sangat intensif lagi daripada “Auto-autoan”.

Jadi, Dewaweb jelas mendukung Failover, meski saya dapat konfirmasi bahwa Dewaweb tidak Auto Failover, melainkan Manual Failover, maka istilah “Auto Healing” menjadi tidak relevant ya sob, tapi lumrah saja jika itu merupakan istilah marketing, alasannya sudah saya jelaskan diatas, saking intensifnya Dewaweb melakukan monitoring dan saking sigapnya Dewaweb menanggulangi masalah yang terjadi, maka meskipun Manual Failover, tapi praktiknya terasa seperti Auto Failover. Justru penanggulangan masalah jadi lebih tepat.

“Healing” disini maksudnya Server (Hypervisor) untuk Website kita sudah “Sembuh” karena dialihkan ke Hypervisor lain yang masih “Sehat”, sementara Hypervisor yang tadi “Sakit” sedang dilakukan “Tindakan Medis”, eh “Maintenance” 😀

Tapi perlu diketahui bahwa Down ya Down saja, apalagi jika Down itu disebabkan masalah Software dan Sistem Operasi Server, bukan Hardware Server 😀

Tetap akan terjadi Down, tapi tidak lama, hitungan menit saja.

Dalam hal ini, tentu saja Sistem tidak bisa memprediksi/meramal kapan terjadinya Down, sehingga Down masih Sempat Terjadi tapi langsung dengan cepat dilakukan Failover, sehingga Server kembali Up lagi. Praktiknya, kita tidak akan merasakan hal itu, kecuali Anda beruntung menyaksikan sendiri kemampuan Auto Healing tersebut yang secepat Healing Factor-nya Wolverine alias Logan, bahkan Logan saja pasti luka dan berdarah dulu kan ?, baru kemudian sembuh kembali seperti semula 😀

Nah, Website yang sudah Online/Up kembali itu, sebenarnya dipindahkan ke Hypervisor Server lain yang masih Up, padahal Hypervisor Server sebelumnya dimana Website tadi disimpan sedang mengalami Down for Maintenance.

Perlu dicatat ya sob, Failover ini dilakukan hanya ketika Down yang terjadi akibat Failure dari sisi Hypervisor, bukan Down akibat error dari sisi Software dan Konfigurasi Server. Dan perlu sobat ketahui, jika Node Server-nya yang Down, maka seluruh Hypervisor di dalamnya akan Down juga 😀

Powered by Dewaweb


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai


Disqus Comments



×
SSL Verified