L

Pengalaman Menggunakan Dewaweb Cloud Hosting


Bismillahirrohmanirrohim


Cloud Web Hosting

Assalamu’alaikum, kali ini saya ingin mereview Dewaweb nih sob 😀

Provider Cloud Hosting yang sangat populer di Indonesia ini memang menarik untuk dikupas tuntas disini 😀

Mengenai Term atau Istilah “Cloud” ini memang masih baru (seharusnya sih bukan hal baru lagi di tahun sekarang ini, karena kita sudah memasuki era Cloud Computing, contohnya Smartphone yang Anda miliki).

Istilah ini sama barunya dengan Istilah “WordPress Hosting”.

 

Kenapa Dewaweb Berani Mengklaim “The True Cloud Hosting” ?

Sepenelusuran saya, Dewaweb adalah yang paling gencar menyuarakan Cloud Hosting, dan mengklaim sebagai Cloud Hosting pertama di Indonesia.

Maka, di Artikel ini saya akan menjelaskan mengenai Cloud Hosting, versi/menurut Dewaweb 😀

 

Auto Healing

Salah satu kemampuan Wajib Cloud Hosting adalah Failover (Fail-over) atau bisa juga disebut “Auto Healing”.

Saya lebih suka menggunakan istilah Failover karena lebih relevant, kalau Auto Healing (Menyembuhkan Diri Sendiri) itu lebih kepada Bahasa Marketing saja. Bukankah ketika ada kerusakan dan trouble lainnya, Server tidak bisa memperbaiki dirinya sendiri ?, tetap perlu tenaga Manusia untuk melakukan Troubeshooting 😀

Failover, sesuai namanya, adalah kemampuan yang memungkinakan Server yang ketika mengalami Down (Fail) akan bisa dialihkan ke Server lain yang masih Up (Over).

Nah, proses ini ada yang Manual Failover, atau juga yang Auto Failover.

Dewaweb ?, Menurut informasi dari CTO (Chief Technical Officer), Dewaweb menerapkan Manual Failover.

Alasannya ?, Masih menurut informasi dari CTO Dewaweb. Failover kadangkala mesti dilakukan secara Manual, agar meminimalisir “False Alarm” karena bisa saja Down terjadi bukan karena kerusakan dari sisi Server, sehingga dilakukan Diagnosa secara mendalam dulu baru dilakukan Failover, nah ini perlu Monitoring yang sangat intensif lagi daripada “Auto-autoan”.

Jadi, Dewaweb jelas mendukung Failover, meski saya dapat konfirmasi bahwa Dewaweb tidak Auto Failover, melainkan Manual Failover, maka istilah “Auto Healing” menjadi tidak relevant ya sob, tapi lumrah saja jika itu merupakan istilah marketing, alasannya sudah saya jelaskan diatas, saking intensifnya Dewaweb melakukan monitoring dan saking sigapnya Dewaweb menanggulangi masalah yang terjadi, maka meskipun Manual Failover, tapi praktiknya terasa seperti Auto Failover. Justru penanggulangan masalah jadi lebih tepat.

“Healing” disini maksudnya Server (Hypervisor) untuk Website kita sudah “Sembuh” karena dialihkan ke Hypervisor lain yang masih “Sehat”, sementara Hypervisor yang tadi “Sakit” sedang dilakukan “Tindakan Medis”, eh “Maintenance” 😀

Tapi perlu diketahui bahwa Down ya Down saja, apalagi jika Down itu disebabkan masalah Software dan Sistem Operasi Server, bukan Hardware Server 😀

Tetap akan terjadi Down, tapi tidak lama, hitungan menit saja.

Dalam hal ini, tentu saja Sistem tidak bisa memprediksi/meramal kapan terjadinya Down, sehingga Down masih Sempat Terjadi tapi langsung dengan cepat dilakukan Failover, sehingga Server kembali Up lagi. Praktiknya, kita tidak akan merasakan hal itu, kecuali Anda beruntung menyaksikan sendiri kemampuan Auto Healing tersebut yang secepat Healing Factor-nya Wolverine alias Logan, bahkan Logan saja pasti luka dan berdarah dulu kan ?, baru kemudian sembuh kembali seperti semula 😀

Nah, Website yang sudah Online/Up kembali itu, sebenarnya dipindahkan ke Hypervisor Server lain yang masih Up, padahal Hypervisor Server sebelumnya dimana Website tadi disimpan sedang mengalami Down for Maintenance.

Perlu dicatat ya sob, Failover ini dilakukan hanya ketika Down yang terjadi akibat Failure dari sisi Hypervisor, bukan Down akibat error dari sisi Software dan Konfigurasi Server. Dan perlu sobat ketahui, jika Node Server-nya yang Down, maka seluruh Hypervisor di dalamnya akan Down juga 😀

 

Jaminan Uptime 100%

SLA (Service Level Agreement) Dewaweb adalah Uptime 100%

Menarik bukan ?

Imposible !, begitu kira-kira yang dipikirkan oleh mereka yang skeptis 😀

Tapi 100% itu bukan penanda Perfect/Kesempurnaan, karena tidak ada yang Sempurna di Dunia ini.

Menurut saya yang penting Klaim Uptime ini bukan main-main atau cuma slogan, tapi digaransi sesuai SLA.

 

Kenapa Bisa Menjamin Uptime 100% ?

Ya karena Auto Healing itu tadi, Down yang sangat singkat itu tidak akan menyebabkan Uptime menjadi kurang dari Overall 100%, silahkan dibuktikan sendiri dengan Uptime Monitoring Pihak Ketiga. Dan jika kurang dari 100%, klaim saja kompensasi yang mereka berikan, fair kan ? 😀

Sebenarnya ini adalah hak/kebijakan dari Hosting Company bersangkutan, dengan SLA 100%, berarti Dewaweb sangat percaya diri.

 

Kenapa Bisa Auto Healing ?

Nah ini pertanyaan bagus sekali, dan jawabannya adalah karena Dewaweb menggunakan Cloud Infrastructre as a Service (IaaS). Sehingga Virtual Server atau Hypervisor yang digunakan sudah mendukung Failover.

 

Hypervisor Utama

Server Status Dewaweb

Server Status Dewaweb

Note: Jumlah Hypervisor Server diatas bisa bertambah sewaktu-waktu seiring bertambahkan jumlah Client mereka dan tidak akan saya update disini, silahkan cek di Client Area Dewaweb langsung.

 

Jika Anda melihat Hypervisor sebanyak itu, maka ketahuilah ini hanya Hypervisor Utama untuk kebutuhan Provisioning saja yang dihubungkan ke Client Area agar bisa melakukan Manajemen Hosting langsung dari Client Area, baik untuk kebutuhan Billing (Suspend, Unsuspend, Terminate, Create, dsb), maupun untuk kebutuhan pelanggan dalam mengelola layanan Cloud Hosting-nya.

Dibelakangnya, 1 Hypervisor Utama yang dipasang di Client Area, itu memiliki banyak sekali Hypervisor-hypervisor lain yang menjadi Backup Hypervisor dari Hypervisor yang dipasang di Client Area tadi (Shadow Server). Jumlahnya sangat banyak, jadi jika ditotal semuanya ada ratusan Hypervisor yang siap mencover jika Hypervisor Utama mengalami trouble yang mengakibatkan terjadinya Down, sehingga Downtime bisa sangat diminimalisir, karena ketika Hypervisor Utama itu dalam proses perbaikan pun service tetap berjalan karena dicover oleh Hypervisor lain yang masih sehat, website kita pun akan tetap online dan siap menerima konversi visitor menjadi revenue.

Jumlah Server seperti Screenshoot di atas itu hanya menandakan bahwa Client/Customer Dewaweb sangat banyak !

Bukan berarti misalnya Server JKT01 jika Down maka akan Failover ke Server JKT02. Hey !, di Server JKT02 sudah ada penghuninya 😀

 

Syarat Auto Healing adalah ada Banyak Server lain yang bertindak sebagai Backup Server, jadi banyaknya Server, bukan berarti diisi semuanya sampai sesak, kalau begitu, bagaimana bisa dilakukan Failover kalau salah satu Server Down jika isinya sudah penuh dengan Client ?.

Ingat !, satu Server Down, maka seluruh Website didalamnya dipindahkan ke Server lain, bukan cuma Website milik Anda saja, mengingat ini Shared Hosting.

Jadi, satu Hypervisor yang Anda lihat pada Screenshoot diatas, sejatinya dibackup oleh beberapa Hypervisor lain yang tidak terpasang di Client Area.

Daftar Hypervisor di Screenshoot itu adalah Hypervisor Utama. Server Status itu cuma penanda bahwa Client Dewaweb sangat banyak, sehingga memerlukan banyak Hypervisor yang dikoneksikan ke Client Area agar Client bisa memanajemen cPanel via Client Area atau Login ke cPanel langsung dari Client Area (Passwordless).

 

Apa Itu Cloud Hosting ?

Definisi Cloud Hosting adalah:

Sekumpulan Server yang digunakan secara bersamaan untuk melayani Website tertentu, ketika salah satu Server mengalami Down, maka Website tersebut akan kembali Up dengan sangat cepat karena sudah dipindahkan ke Server lain yang masih Up, dengan IP Address Server dan Hostname Server yang masih sama

 

Untuk lebih jelas mengenai Cloud Hosting, Anda bisa tonton Video dibawah ini:

Perkenalkan Dewaweb, Cloud Hosting & Cloud Server Murah Pertama di Indonesia dengan SLA Uptime 100%, Garansi 90 Hari, dan Ninja Support 24/7!

Keren kan ?

Selamat datang di era Cloud Computing 🙂

Tidak melulu Failover saja, Cloud Infrastructure memiliki banyak kelebihan lainnya, yakni diantaranya High Availability dan High Scalability.

Maksudnya ketersediaan Resource sangat melimpah di “Bank Resource” !, sehingga pihak Hosting Provider bebas melakukan re-scaling resource, misalnya menambahkan alokasi CPUS (CPU Core), RAM, Storage, dsb

Infrastruktur yang dimiliki Dewaweb juga powerful sekali sob, silahkan baca disini untuk lebih jelasnya.

 

Layanan Backup Harian yang Terintegrasi dan Kita Memiliki Akses Terhadap File Backup Kita !

Dewaweb memberikan Layanan Backup “Extra” menggunakan R1Soft Backup (Time Machine Backup Restore) Backup yang mana kita memiliki Akses terhadap semua File Backup kita itu, dan opsi Background Backup lainnya yang mana itu kita harus meminta Backup melalui Technical Support via Ticket (Sudah umum). Bahkan di cPanel pun sudah disediakan 3 Full cPanel Backup yang siap didownload.

Seluruh Backup di Dewaweb disimpan di Server terpisah khusus untuk Backup atau yang disebut dengan “Offsite Backup”, salah satunya di NAS (Network Attached Storage).

Kebanyakan Provider Web Hosting lain biasanya hanya menyediakan Background Backup hanya untuk kebutuhan Internal mereka saja, itu pun di Local Server, bukan Offsite Backup, sehingga tidak ada tanggungjawab mengenai Backup. Biasanya kita bermasalah ketika menuntut File Backup kita namun mereka tidak punya, kita akan disalahkan kenapa tidak backup sendiri ?

Nah di Dewaweb, hal itu tidak akan terjadi, Backup adalah Layanan yang sudah termasuk dalam paket pembelian kita, karena ini berupa layanan tambahan (Value Added Service), tentu saja Dewaweb bertanggungjawab terhadap File Backup kita.

Dewaweb Time Machine Backup

Dewaweb Time Machine Backup

Backup dilakukan setiap hari (Harian/Daily Backup) dan semua File Backup tersebut disimpan (Retention) selama maksimal 2 Minggu di Server Backup yang terpisah (menggunakan Server Khusus untuk Backup).

Anda bisa mengakses Time Machine Backup langsung melalui cPanel Anda.

Hebatnya ya sob, ketika misalnya server yang dihuni website kita mengalami NullRoute oleh Data Center akibat terkena (D)DoS Attack, maka kita masih bisa mengambil Backup terakhir/terbaru melalui URL Time Machine Backup langsung tanpa melalui cPanel, itulah kelebihan Offsite Backup.

Tapi tenang, Dewaweb sangat tangguh dalam hal Security Hardening, salah satunya untuk kebutuhan mitigasi (D)DoS, pihak Dewaweb menggunakan Advanced Firewall yakni BitNinja atau Imunify360.

 

Note: Kebijakan Backup Retention dan Advanced Firewall yang digunakan bisa saja berubah sewaktu-waktu tanpa update/revisi di artikel ini.

 

Perhatian: Meskipun Dewaweb memberikan Layanan Backup Tambahan yang lebih baik dan handal, tapi jika kita selaku pemilik “Aset Digital” berupa Website ini juga melakukan Backup sendiri, itu merupakan tindakan preventif terbaik.

Banyak kasus Backup yang hilang di Provider Hosting lain karena kesalahan Sistem mereka, dan mereka pun lepas tanggungjawab, sedangkan di Dewaweb, meskipun Account cPanel kita tidak sengaja diterminate, tapi Backup masih tersimpan dengan aman di Server Time Machine Backup dan bisa direstore dengan sangat mudah. Pihak Dewaweb menyatakan kepada saya bahwa mereka bertanggungjawab penuh terhadap Data kita jika kesalahan memang berasal dari kegagalan/kesalahan Sistem mereka jika itu terjadi.

Ingat, Backup di Dewaweb tidak seperti Provider lain yang tujuannya cuma untuk “Kepentingan Internal” saja. Backup di Dewaweb Adalah Layanan Tambahan yang menjamin keamanan Data kita.

Contoh Backup Mandiri adalah ke Dropbox:

Auto Backup ke Dropbox

Auto Backup ke Dropbox

 

Layanan Support yang Awesome

Ada faktor yang selalu menjadi pertimbangan saya dalam memilih layanan apa pun, yakni Dukungan Teknis, Dewaweb sangat prima sekali pelayanan Teknis-nya, mereka disebut “Ninja Support”, pemberian nama “Ninja” itu menggambarkan bahwa mereka ditraining dengan sangat baik, dibekali berbagai “Jurus” yakni Skill dan Knowledge untuk menghadapi permasalahan yang dialami Client pada Layanan mereka.

Seringkali masalah yang terjadi bisa diatasi cukup di Live Chat saja, tidak perlu harus Open Ticket.

Staff Ninja Support Dewaweb pun lebih Humanis karena bisa diajak bercanda, sharing, diskusi mengenai perkembangan Teknologi, dsb

Bahkan, CEO Dewaweb (Pak Edy Budiman) tidak segan-segan menghandle Ticket yang Anda buat. Itu yang membuat saya suka sekali dengan Dewaweb, belaiu selain menjabat sebagai Founder dan CEO (Chief Executive Officer), beliau juga merangkap jabatan sebagai CTO (Chief Technical Officer), karena biasanya kalau CEO sudah turun tangan menghandle permasalah Client, maka bisa dipastikan pelayanannya jauh lebih baik daripada karyawannya bukan ?

Saya sering berdiskusi layaknya sebuah Forum di Ticket dengan CEO Dewaweb, beliau sangat terbuka dalam hal Sharing Ilmu 🙂

Bahkan beliau dengan terbuka menerima masukan dari Pelanggan Dewaweb mengenai apa pun yang tujuannya untuk peningkatan Kualitas Layanan di Dewaweb.

Dewaweb memiliki Staff yang bukan sembarangan, ada 3 Level Support di Dewaweb, L1 yang bisa kita sebut Ninja Support yang khusus melayani Chat, L2 Support memiliki Limited Access ke Server untuk kebutuhan dasar, dan L3 Support memiliki Full Control/Access terhadap Server.

 

L1 Support saja sudah sangat baik, apalagi L2, dan L3 Suppot ?

Kalau mengenai Knowledge Base tidak usah diragukan lagi, Dewaweb memiliki banyak Artikel baik itu di F.A.Q (Knowledge Base) Client Area maupun di Blog Dewaweb, Artikel yang mereka buat bukan Artikel asal jadi, karena Marketing Dewaweb adalah melalui SEO (Search Engine Optimization).

Berbeda dengan Live Chat pada Provider lain yang selalu mengatakan “Di Website sebenarnya sudah ada Pak/Bu infonya”, Ninja Support justru akan dengan senang hati menjelaskan lagi di Live Chat, disertai Link Artikel bersangkutan untuk lebih jelasnya.

Menurut pengalaman saya, pihak Support Dewaweb tidak malu untuk mengakui kesalahan dan mereka selalu menempatkan posisi mereka sebagai yang bersalah jika ada Trouble, tidak seperti Provider Lian yang biasanya suka sekali menyalahkan Client, seolah-olah mereka “Bulletproof”.

 

Garansi Uang Kembali 90 Hari

Dengan semua kelebihan yang dimiliki Dewaweb, mereka tetap memberikan Jaminan Uang Kembali selama 3 Bulan, karena penilaian kepuasan pada setiap Individu adalah relatif.

Garansi itu bisa menjadi “Cambuk” semangat Dewaweb untuk selalu mawas diri agar selalu memberikan Layanan yang terbaik, karena konsekuensinya Refund jika Client kecewa 😀

Hebatnya, Garansi Uang Kembali ini Murni 90 Hari / 3 Bulan tanpa ada kebijakan menjebak yakni “Garansi Uang Kembali Hangus jika sudah keluar Invoice Petama” yang itu menjadikan pelanggan yang hanya berlangganan Bulanan akan hanya mendapatkan 30 Hari Garansi Uang Kembali, tapi di Dewaweb, meskipun Anda hanya pelanggan dengan Billing Cycle Bulanan, Anda tetap mendapatkan hak Anda yakni 3 Bulan Garansi Uang Kembali atau 3x Invoice !

 

Spesifikasi Lengkap pada Setiap Paket Cloud Hosting di Dewaweb

Berikus saya informasikan rincian spesifikasi resource yang lebih lengkap yang tidak akan Anda temukan di Website Dewaweb sekalipun:

Scout – CPU: 0.5 core, Physical RAM: 128MB, Virtual RAM: Unlimited, Entry Processes: 10, Process Limit: 100, I/O Speed: 1 MB/sec, IOPS: Unlimited, Inodes: Unlimited
Hunter – CPU: 1 core, Physical RAM: 256MB, Virtual RAM: Unlimited, Entry Processes: 15, Process Limit: 100, I/O Speed: 2 MB/sec, IOPS: Unlimited, Inodes: Unlimited
Warrior – CPU: 1 core, Physical RAM: 512MB, Virtual RAM: Unlimited, Entry Processes: 20, Process Limit: 100, I/O Speed: 4 MB/sec, IOPS: Unlimited, Inodes: Unlimited
Guardian – CPU: 1 core, Physical RAM: 768MB, Virtual RAM: Unlimited, Entry Processes: 20, Process Limit: 100, I/O Speed: 6 MB/sec, IOPS: Unlimited, Inodes: Unlimited
Crusader – CPU: 1 core, Physical RAM: 1024MB, Virtual RAM: Unlimited, Entry Processes: 20, Process Limit: 100, I/O Speed: 8 MB/sec, IOPS: Unlimited, Inodes: Unlimited
Paladin – CPU: 2 core, Physical RAM: 2048MB, Virtual RAM: Unlimited, Entry Processes: 25, Process Limit: 100, I/O Speed: 10 MB/sec, IOPS: Unlimited, Inodes: Unlimited
Oracle – CPU: 3 core, Physical RAM: 3096MB, Virtual RAM: Unlimited, Entry Processes: 30, Process Limit: 100, I/O Speed: 15 MB/sec, IOPS: Unlimited, Inodes: Unlimited

Catatan: Informasi diatas adalah informasi terakhir yang saya dapatkan ketika membuat artikel ini, tentu sangat mungkin berubah dikemudian hari tanpa adanya pemberitahuan, saya tidak akan mengupdate informasi diatas dikemudian hari, silahkan ditanyakan langsung kepada pihak Dewaweb untuk memastikannya.

 

Cloud Hosting Pertama di Indonesia dengan Sertifikat ISO/IEC 27001:2013

Kabar mengenai ini sudah disampaikan oleh pak Edy Budiman selaku CEO sekaligus CTO Dewaweb kepada saya jauh-jauh hari sebelumnya, yakni kabar baik dan sekaligus membanggakan bahwa Dewaweb sedang dalam proses sertifikasi ISO terkait Manajemen Keamanan Data Informasi, yakni International Organization for Standardization (ISO) and the International Electrotechnical Commission (IEC) 27001:2013.

Dan pada tanggal 8 Agustus 2017, akhirnya Dewaweb merilis kabar gembira itu ke publik melalui Blog resmi mereka 🙂

 

Itu artinya, Dewaweb adalah Perusahaan Cloud Hosting pertama di Indonesia yang berstandar Internasional !

Nambah lagi kan bukti kalau Dewaweb adalah perusahaan yang sangat mengutamakan Security Hardening ?

Nah dengan diperolehnya standard international ini, maka itu artinya Dewaweb sudah melalui proses audit dan verifikasi yang sangat ketat dan kemudian dinyatakan layak mendapatkan sertifikat, sebagai bukti bahwa Dewaweb diakui oleh ISO/IEC secara resmi.

Dan dengan ini, Dewaweb membuktikan bahwa mereka tidak hanya melakukan Security Hardening saja, itu sudah kewajiban setiap Hosting Companya, melainkan Dewaweb melakukan yang lebih dari itu, yakni manajemen resiko yang baik terhadap data pelanggan, bahkan pasca bencana (Disaster Recovery Plan).

Sejak awal artikel review ini sudah menjelaskan beberapa kelebihan Dewaweb terkait Backup dan Security, nah ini adalah pencapaian terbesar Dewaweb. Tidak tanggung-tanggung sob, diakui standar internasional !

 

Lebih lengkapnya baca Press Release dari Dewaweb mengenai ini disini deh 🙂

 

Keren yah Dewaweb 🙂

Terlalu banyak value yang diberikan Dewaweb sehingga artikel ini pun sebenarnya masih belum memuat semua value tersebut secara lengkap dan detail, pengen tau ?, coba dan rasakan saja sendiri 😀

Powered by Dewaweb


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



×
SSL Verified