L

Cara Ampuh Agar Roller Motor Matic Jauh Lebih Awet Bahkan Anti Peyang


Bismillahirrohmanirrohim


Ramp Plate Dipoles: Roller Awet

Kondisi roller seperti foto di atas itu padahal setelah pemakaian lebih dari 15.000 KM, tapi masih bulat sempurna.

Seperti yang kita tau selama ini, masalah umum pada roller motor matic adalah oblak karena keausan tidak merata, sehingga roller tidak menggelinding, tapi malahan sliding, padahal pakai round roller, bukan sliding roller atau flying roller.

Masalah itu disebabkan karena ujung-ujung Ramp Plate yang menahan roller ternyata tidak dipoles oleh pabrikan !

Sayangnya saya belum punya Ramp Plate yang belum dipoles, sehingga tidak bisa menunjukkan foto ujung-ujung ramp plare yang tidak rata itu.

Jadi sob, di ujung-ujung ramp plate itu permukaannya kasar bekas pemotongan dengan metode press cutting.

Kita bisa menghaluskannya dengan cara memoles bagian itu dengan menggunakan abrasif, yakni yang paling mudah adalah menggunakan gerinda, bisa saja menggunakan amplas, tapi cukup menguras tenaga dalam prosesnya 😀

 

Ramp Plate yang Sudah Dipoles

Polished Ramp Plate

Ramp Plate Dipoles

Bagian ujung-ujung ramp plate yang saya maksud adalah seperti pada foto di atas.

Hanya ujunngnya saja, sedangkan pada foto di atas seperti banyak banget yang dipoles itu karena pemakaian harian alias roller yang melakukan polishing.

Perlu diketahui bahwa kondisi ramp plate seperti di atas karena ramp plate sudah saya beri coating berupa cat akrilik tahan panas, tujuannya selain karena estetika, juga karena ternyata bisa bikin Slide Piece jadi awet, tidak cepat oblak, karena slide piece terpasang sangat rapat. Metode ini lebih baik daripada diganjel pakai benda-benda apa pun seperti potongan kaleng softdrink, bahkan kertas dan plastik seperti yang umumnya dilakukan banyak orang.

Kelebihan ramp plate yang dicat lainnya adalah mencegah terbentuknya karat pada permukaan ramp plate.

Setelah ujung-ujung ramp plate dipoles, maka selanjutnya roller akan membentuk permukaan yang sedikit cekung sesuai kontur bentuk roller itu sendiri seiring pemakaian normal harian.

 

Tidak Bikin Roller Abadi

Meski secara tampilan tidak oblak, tapi sebenarnya masih terjadi pengikisan normal pemakaian pada roller, sehingga meski bentuknya masih bulat sempurna, roller masih mengalami keausan yakni berkurangnya berat roller seiring pemakaian.

Artinya, pada akhirnya roller juga mesti diganti.

Hanya saja dengan sempurnanya atau meratanya tingkat keausan yang tidak mengubah bentuk roller bulat menjadi oblak, maka feel atau rasa tidak nyaman khas roller oblak tidak akan pernah dirasakan lagi.

Maka masa pakai roller atau jadwal penggantian roller juga menjadi semakin lama.

Kita hanya merasakan perubahan karakter saja karena roller seiring pemakaian semakin ringan.

Tapi itu tidak signifikan, tidak seperti feel ketika roller oblak.

 

Pada akhirnya, roller jenis round roller sudah menjalankan tugasnya sesuai namanya yakni menggelinding, bukannya bergeser.

Artikel ini saya buat berdasarkan pemakaian roller standard alias OEM, saya belum tau dampaknya pada roller yang menggunakan bahan selain yang digunakan oleh OEM seperti Teflon misalnya, jika kalian yang sudah menerapkan modifikasi ini pada roller teflon, dsb, kalian bisa share di kolom komentar seperti apa dampaknya.

 

Semoga bermanfaat 🙂


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



×
SSL Verified