L

Sejarah Penggunaan www pada Awalan Alamat Domain Website


Bismillahirrohmanirrohim


Kesimpulan

Untuk menjawab Petanyaan “Perlukah Menggunakan WWW pada Domain ?”, maka jawabannya adalah Relatif, atau Opsional, boleh menggunakan, boleh juga tidak. Tergantung kebutuhan kita.

Karena saat ini, penggunaan WWW hanya soal Estetika saja, kecuali kita menggunakan CloudFlare yang terintegrasi di cPanel. Faktanya, meskipun sebuah Situs memiliki Versi Wapsite menggunakan Domain yang sama, bisa saja Versi Desktop menggunakan Domain Utama tanpa www sekalipun seperti misalnya lukmanulhakim.id, meski Versi Wapsite bisa diakses menggunakan Subdomain wap.lukmanulhakim.id (Hanya contoh), maka tidak masalah, keduanya bisa diakses. Penggunaan www hanya untuk penegasan bahwa untuk Versi Desktop, ditandai dengan penggunaan www.

WWW Sendiri sebenarnya adalah Subdomain, meskipun pada Zone DNS menggunakan CNAME Record yang berarti Alias atau Canonical Name, tapi secara teknis sudah bisa disebut Subdomain, karena posisinya dibelakang Domain Utama, dipisahkan dengan penggunakan Titik (Dot). Sedangkan jika posisinya didepan Domain Utama, maka disebut Directory dan dipisahkan oleh Slash (/), Misalnya: www.lukmanulhakim/mobile.

Artikel ini saya tulis, selain menjawab pertanyaan seperti di Judul Artikel ini, juga menjeleaskan mengenai apa itu WWW dan kenapa ada di Penulisan Domain Internet sebuah Situs, serta sejarahnya.

 

Semoga setelah membaca Artikel ini, sudah tidak perlu bingung lagi kenapa ada Situs yang menggunakan www dan ada juga yang tidak menggunakannya, bahkan ada yang menggunakan Subdomain lain seperti mobile, wap, m, dsb.

Saya sendiri membuat Alias lain yang lebih unik, yakni blog.lukmanulhakim.id  😀


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



SSL Verified