L

Perawatan dan Pelumasan Kick Starter yang Benar pada Motor Matic agar Tidak Bermasalah Ketika Digunakan !


Bismillahirrohmanirrohim


Kesimpulan

Ini bukanlah Artikel yang menunjukkan bagaimana cara membongkar Kick Starter, karena ini bukan Artikel Tutorial, ini adalah Artikel yang semoga menjadi Artikel Pencerahan bagi siapa saja yang merasa muak dengan masalah Kick Starter yang sudah dianggap “Wajar” itu.

Intinya adalah, lakukan Pelumasan sesuai SOP, apa pun yang dilakukan sesuai SOP yang ditetapkan oleh Engineer pasti hasil akhirnya akan baik. Dalam hal ini, Kick Starter hanya membutuhkan Pelumasan pada As Spindle Kick Starter dan As Driven Gear Kick Starter, bukan pada Gerigi Gear-nya.

Jika Anda mengikuti SOP yang sudah saya paparkan di Artikel ini, maka Perawatan Kick Starter akan sangat minim, bisa dikatakan Tanpa Perawatan Berkala.

Sehingga Kick Starter dapat berfungsi sebagaimana mestinya yakni menjadi Emergency Starter, khususnya pada Motor Matic yang menggunakan Capasitor Bank bawaan pada ECM-nya untuk bisa menyalakan mesin tanpa Aki, tanpa Electric Starter.

Saya tidak bermaksud mendiskreditkan pihak manapun, saya disini bertindak sebagai End User yang memiliki Panduan SOP yang dikeluarkan oleh Manufacutre Kendaraan.

Saya tau bahwa SOP yang menggunakan Grease pada Gerigi Gear Kick Starter bisa dari SOP Yamaha yang umumnya menggunakan Filter Busa pada CVT, untuk menyaring Debu dari Udaa yang dihisap Kipas Variator untuk mendinginkan Komponen CVT, namun pada Motor Honda yang tidak menggunakan Filter Udara pada CVT tidak sepantasnya mengikuti SOP Yamaha tersebut, kita tidak seharusnya menggeneralisir SOP pada semua Merk dan Tipe Motor, kita harus melihat beberapa Aspek yang memungkinkan terjadi perbedaan SOP pada masing-masing Merk dan Tipe Motor yang ada. Misalnya seperti penggunaaan Grease CVT Yamaha yang seringkali digunakan pada Motor Matic Honda, padahal dari berbagai Aspek, Grease CVT Yamaha tidak sesuai dengan SOP Motor Matic Honda yang sudah menyediakan Grease CVT Resmi yang sesuai dengan SOP Honda.

Meski begitu, saya memilik Motor Matic dari Honda, Yamaha, dan Suzuki, maka dengan Artikel ini yang “Honda Banget”, bukan berarti saya Fanboy Honda, saya sudah mempraktekan Prosedur ini pada Motor Matic Yamaha dan Suzuki saya, dan hasilnya memuaskan, kalau cuma 1 Tahun tanpa terjadi Masalah Khas Kick Starter Matic, itu biasa !, Bahkan lebih dari 3 Tahun pun Kick Starter tidak mengalami masalah yang saya sebutkan di awal Artikel.


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



SSL Verified