L

Jangan Remehkan Pentingnya Membubuhkan Watermark pada Konten Gambar !


Bismillahirrohmanirrohim


Property of Lukmanul Hakim Watermark V2

Sejak awal, saya sudah membubuhkan Watermark hampir pada semua konten gambar di Blog saya ini, Signature yang saya gunakan untuk Watermark adalah seperti pada gambar “Property of Lukmanul Hakim” diatas.

Karena pengalaman saya sudah cukup banyak mengalami dampak negatif ketika Properti/Aset saya berupa Gambar/Foto tidak diproteksi menggunakan Watermark. Ya, benar, Watermark itu Copyright Protection !

 

Contoh Penerapan Watermark pada Gambar

Berikut adalah contoh salah satu aset saya berupa gambar yang saya proteksi menggunakan Watermark:

Grounding Tape Kualitas Rendah Touchpad Acer Aspire E11

Grounding Tape Kualitas Rendah Touchpad Acer Aspire E11

Saya masih belum lebay dalam menerapkan Watermark, masih belum aman dari teknik Cropping dan Patching.

 

Alasan Saya Menggunakan Watermark

Coba lihat contoh gambar yang saya terapkan Watermark diatas. Itu adalah gambar yang saya capture sendiri menggunakan equipment milik saya sendiri dan resource yang saya gunakan ketika saya mengerjakan Project Memperbaiki Masalah Touchpad Acer Aspire E11.

Itu aset saya bro !

 

Lantas dari Apa Saya Melindungi Aset Saya Itu ?

Dari Manusia-manusia tak tau malu yang suka mereproduksi konten milik orang lain (Copaster) !

Saya tidak pernah bermasalah jika artikel saya dicopas, asalkan memberikan Backlink ke artikel yang dia copas di Blog saya ini dan tentu saja harus meminta izin terlebihdahulu. Dan saya paling benci dengan pemain AGC (Auto Generate Content).

Demi Allah saya ngeblog dengan niat yang tulus untuk berbagi manfaat kepada orang lain, tapi jika akibat artikel saya dicopas tanpa etika, maka itu akan merugikan saya, karena Ranking Blog saya akan turun di mata Search Engine.

Dan buat apa sih Copas itu ?, kalau toh juga masih di ranah Blogging ?, kalau mau Share, tinggal Share saja Link menuju artikel ini kan beres ?, bisa ke Social Media juga. Kecuali ke Makalah atau apa (Hard Copy) itu baru wajar-wajar saja melakukan Copas, tapi tetaplah beretika dengan menyertakan Link ke artikel itu di Blog ini pada bagian Sumber/Daftar Pustaka.

 

Tapi saya sudah bisa bernafas lega karena Google sudah memiliki Update khusus yang memberangus habis Blog-blog AGC dan Copaster yang mana jika nekat melakukan itu, dia rugi sendiri, ranking Blog-nya tidak akan lebih baik daripada Blog asli yang memiliki hak cipta atas konten tersebut !

Makanya, mulai Tahun 2010’an kalau tidak salah, para Blogger sudah mulai meninggalkan kebiasaan Copas, dan mulai melirik jasa Content Writer (Jual Beli Konten/Artikel), bahkan Copy – Paste – Edit (Copasdit) pun sudah tidak aman lagi.

Dan seharusnya para Blogger Copaster itu malu dan sadar diri, jika konten di Blognya isinya artikel Copas, berarti dia tidak mampu menjadi Blogger, dan biasanya waktu jua yang akan mematangkan mental para Blogger seperti itu. Bukankah Manusia itu salah dulu baru kemudian benar ?

 

Nah, disinilah peran aktif pemilik hak cipta konten itu diperlukan !

Salah satunya ya dengan membubuhkan Watermark pada konten gambar, dan proteksi DMCA pada konten Teks. Itulah kenapa saya tidak menerapkan Right Click Protection.

 

Manfaat Membubuhkan Watermark pada Gambar

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, watermark bisa mengurungkan niat para Content Plagiat untuk mencomot dengan sembarangan, tanpa izin konten kita, bahkan tidak cuma gambar saja, namun artikel secara keseluruhan (Gambar dan Teks).

Kenapa ?

Jika artikel yang kita buat banyak memuat gambar-gambar, seperti misalnya artikel Tutorial, dan gambar (baik foto maupun screenshoot) itu diproteksi dengan Watermark, maka orang akan sedikit segan mencopas artikel kita itu.

Karena mereka para copaster juga punya gengsi tersendiri, yakni sebisa mungkin artikel tersebut terkesan milik dia sendiri, termasuk additional stuff seperti gambar-gambar di dalam artikel tersebut. Lantas bagaimana bisa diklaim jika gambar tersebut memuat Watermark ?, ya jelas ketahuan kalau artikel itu hasil copas 😀

Mereka juga umumnya memperhatikan estetika, jadi sangat jarang saya temukan Watermark tersebut ditambal/ditutupi dengan objek lain, ataupun dicrop/dipotong.

Alhasil, untuk para copaster yang masih level mengengah ke bawah akan mengurungkan niatnya untuk mereproduksi artikel kita.

Karena dia masih sedikit punya malu, yakni malu kalau artikel yang dia copas itu ketahuan bukan buatannya, ketahuan hasil copas, ketahuan punya orang.

 

Watermark Bukan Masalah bagi Blogger Whitehat

Maksudnya, kalau niatnya memang menggunakan gambar milik orang lain sebagai ilustrasi, tambahan info dan data, meskipun memiliki Watermark pun tidak masalah dimasukkan pada artikel buatan sendiri, bahkan lebih afdol lagi jika disertakan Link Sumber (Bukan Anchor Link) pada Caption gambar tersebut.

Malahan itu menambah wibawa kita dan reputasi kita dimata pembaca maupun Search Engine.

Sungguh, tidak ada sedikitpun hal yang memalukan dalam hal ini, justru sangat memalukan jika menggunakan gambar milik orang lain tanpa menyertakan sumber sama sekali !

 

Kesimpulan

Watermark adalah proteksi, dan secara dramatis mencegah konten kita dicopas oleh orang lain, dan jika pun tetap dicopas apa adanya termasuk gambar berWatermark tersebut, pembaca di Blog orang itu akan tau kalau artikel yang dia baca adalah hasil copas, dan jika Watermark menyertakan Link, bisa saja pembaca tadi akan dengan senang hati mengunjungi Blog asli pembuat artikel bermanfaat yang barusan dia baca.

So, sudahkah Anda memproteksi aset gambar Anda dengan Watermark ?


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



×
SSL Verified