L

Pengalaman Upgrade RAM ASUS ROG Strix GL503VD Dual Channel 16GB dengan Biaya Satu Keping RAM 8GB Saja


Bismillahirrohmanirrohim


ASUS ROG Strix GL503VD: RGB Backlight Keyboard

Kali ini saya mau share pengalaman saya melakukan upgrade RAM SO-DIMM Dual Channel pada Notebook ASUS ROG Strix GL503VD saya yang sepertinya cukup seru untuk diceritakan.

Ketika saya sudah berhasil membeli laptop ini, saya yang sebelumnya sudah tau melalui beberapa review bahwa laptop ini memberikan fitur upgradable compartment tanpa merusak segel garansi, lantas ingin memanfaatkan setting Dual Channel pada laptop ini. Karena dual channel itu wajib kalau menurut saya.

Saat itu info yang saya dapat masih simpang siur, ada yang mengatakan bahwa RAM 8GB bawaannya itu On-board, saya pun heran, kok ada yah RAM On-board ?, dalam artian permanent terpasang pada motherboard berupa chip.

Ternyata itu cuma kesalahan pemilihan istilah saja oleh reviewer, maksudnya adalah Pre-installed mungkin yah alias RAM bawaan 😀

Yupz, laptop ini menggunakan dua buah slot RAM SO-DIMM DDR4, itu artinya laptop ini bisa melakukan konfigurasi dual channel !, tapi setelah saya cek, maksimal hanya berkapasitas 64GB saja.

Tapi satu slot RAM yang digunakan itu tidak easy to upgrade, tersembunyi dibalik kesing dan terlindungi oleh segel garansi 🙁

Padahal salah satu syarat penting kestabilan dan keberhasilan melakukan dual channel adalah RAM harus identik !

Katanya sih gitu, entahlah apakau itu hanya terjadi pada teknologi lama dan sekarang berubah menjadi hanya mitos lama atau memang begitu adanya dari dulu sampai sekarang, saya pribadi sudah melakukan pencarian di internet dan hasilnya memang demikian, dual channel harus pakai RAM yang identik.

Karena itu, maka saya pikir saat itu satu-satunya cara adalah saya harus upgrade besar-besaran yakni membeli dua keping RAM DDR4 yang identik, karena menurut saya mustahil untuk membeli RAM yang identik jika bahkan saya tidak bisa melihat fisik RAM-nya bagaimana untuk melihat Part Numbernya. Belakangan saya tau bahwa RAM bawaan pabrik laptop ini tidak ada labelnya. Untung saya saat itu tidak nekat bongkar sendiri yah 😀

Wah lumayan besar lah budget yang mesti disiapkan untuk melakukan upgrade itu, bahkan saya hampir terbawa nafsu untuk upgrade 1 step lebih tinggi yakni menjadi dual channel 32GB (2x 16GB).


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



×
SSL Verified