L

Pengalaman Upgrade RAM ASUS ROG Strix GL503VD Dual Channel 16GB dengan Biaya Satu Keping RAM 8GB Saja


Bismillahirrohmanirrohim


ASUS ROG Strix GL503VD: RGB Backlight Keyboard

Kali ini saya mau share pengalaman saya melakukan upgrade RAM SO-DIMM Dual Channel pada Notebook ASUS ROG Strix GL503VD saya yang sepertinya cukup seru untuk diceritakan.

Ketika saya sudah berhasil membeli laptop ini, saya yang sebelumnya sudah tau melalui beberapa review bahwa laptop ini memberikan fitur upgradable compartment tanpa merusak segel garansi, lantas ingin memanfaatkan setting Dual Channel pada laptop ini. Karena dual channel itu wajib kalau menurut saya.

Saat itu info yang saya dapat masih simpang siur, ada yang mengatakan bahwa RAM 8GB bawaannya itu On-board, saya pun heran, kok ada yah RAM On-board ?, dalam artian permanent terpasang pada motherboard berupa chip.

Ternyata itu cuma kesalahan pemilihan istilah saja oleh reviewer, maksudnya adalah Pre-installed mungkin yah alias RAM bawaan 😀

Yupz, laptop ini menggunakan dua buah slot RAM SO-DIMM DDR4, itu artinya laptop ini bisa melakukan konfigurasi dual channel !, tapi setelah saya cek, maksimal hanya berkapasitas 64GB saja.

Tapi satu slot RAM yang digunakan itu tidak easy to upgrade, tersembunyi dibalik kesing dan terlindungi oleh segel garansi 🙁

Padahal salah satu syarat penting kestabilan dan keberhasilan melakukan dual channel adalah RAM harus identik !

Katanya sih gitu, entahlah apakau itu hanya terjadi pada teknologi lama dan sekarang berubah menjadi hanya mitos lama atau memang begitu adanya dari dulu sampai sekarang, saya pribadi sudah melakukan pencarian di internet dan hasilnya memang demikian, dual channel harus pakai RAM yang identik.

Karena itu, maka saya pikir saat itu satu-satunya cara adalah saya harus upgrade besar-besaran yakni membeli dua keping RAM DDR4 yang identik, karena menurut saya mustahil untuk membeli RAM yang identik jika bahkan saya tidak bisa melihat fisik RAM-nya bagaimana untuk melihat Part Numbernya. Belakangan saya tau bahwa RAM bawaan pabrik laptop ini tidak ada labelnya. Untung saya saat itu tidak nekat bongkar sendiri yah 😀

Wah lumayan besar lah budget yang mesti disiapkan untuk melakukan upgrade itu, bahkan saya hampir terbawa nafsu untuk upgrade 1 step lebih tinggi yakni menjadi dual channel 32GB (2x 16GB).

 

Sempat juga mikir hemat untuk upgrade jadi dual channel 8GB saja (2x 4GB), emang labil saat itu sob 😀

Sampai saya teringat satu software lagendaris bernama CPU-Z, dan Alhamdulillah saya bisa mengetahui Part Number dan Merek dari RAM yang digunakan oleh laptop saya ini dari pabriknya.

Maka saya pun mendapatkan informasi itu, yakni manufacture dari RAM-nya adalah Hyundai Electronic, dengan Part Number: HMA81GS6AFR8N-UH. Bukan yang lain, hati-hati aja kalau tidak jeli bisa dapat Part Number beda tapi sekilas sama, saya hampir salah order.

Dan seperti yang kita tahu bahwa Hyundai Electronic itu mereknya bisa banyak, bahkan V-Gen pun bisa pakai chip Hyundai Electronic kalau dibaca pakai CPU-Z. Itulah masalah yang umum saya hadapi kalau beli RAM yang tidak memproduksi chip sendiri, takutnya ketika beli dua keping eh ketika dipasang ternyata manufacturer chipnya dan part numbernya beda. Saya pun tidak tau apakah RAM bawan laptop saya ini bermerek SK Hynix atau merek lain yang pakai chip SK Hynix dengan Part Number tersebut.

Tapi tenang saja, kita semua juga tau bahwa Hyundai Electronic itu merek origin-nya adalah SK Hynix 😀

Maka saya pun langsung saja mencari RAM SO-DIMM DDR4 8GB merek SK Hynix dengan Part Number tersebut di atas.

Ternyata susah juga yah mencarinya 😀

Ada sih beberapa lapak yang sempat jual, tapi sudah sold out semua (Alhamdulillah, kok bersyukur ?, ada alasannya, hehe), dan itu tanpa label, artinya tidak ada jaminan kalo keping RAM yg dijual sesuai keinginan saya, dan ketahuan kalau itu RAM copotan. Banyak juga lapak yang pakai foto yang dicari di google, padahal sellernya beda-beda, nah kan makin bikin ragu 😀

Nah dari situ saya udah pesimis, saya jadi berpikiran untuk upgrade aja keduanya untuk dual channel, dan RAM bawaan pabrikan bisa saya jual lagi, kebetulan di facebook sudah ada teman yang siap nampung/beli, tapi gk bisa mastiin, nunggu dia beli laptop gamming baru dulu katanya.

Mana saya pikir-pikir kapasitas yang ideal adalah 16GB, maka saya perlu beli dua keping RAM DDR4 8GB, padahal jika saya cukup membeli RAM yang identik dengan bawaan pabrik, saya bisa hemat 50% dari budget untuk membeli dua keping ram 8GB identik merek apa pun, karena saya fix maunya 16GB aja, tidak jadi 32GB.

Sampai saya mencari lagi di Tokopedia dengan keyword tertentu yang sayangnya saya lupa apa keywordnya 😀

Saya pun melihat satu iklan yang gambar thumbnailnya cukup familiar yakni logo SK Hynix, kemudian saya buka iklannya, booom !, benar saja ketika saya lihat label Part Numbernya identik !

Saya sampai tidak percaya dan cross-check beberapa kali, khususnya via inbox/chat di Tokopedia, bahkan Whatsapp, Alhamdulillah sellernya mudah dihubungi dan fast response. Saat saya hubungi via Whatsapp, beliau lagi di kerjaan, tapi sempat-sempatnya ngirimin foto aktual RAM tersebut ke saya (Beda dengan yang di iklan), jadinya saya makin yakin kalo seller bukan penipu.

 

Tanpa ada titipan promosi atau apa, saya akan share link lapaknya, disini. Bahkan seller tidak tau kalau saya Blogger dan artikel ini saya publish 😀

Update: Link sudah saya update, dan seller sudah revisi iklannya agar mudah ditemukan, sudah ada kata kunci SK Hynix, dan ternyata seller selalu restock RAM ini ketika sudah habis, tapi stock terbatas, siapa cepat dia dapat 😀

Tapi pastikan dulu Part Numbernya sebelum beli ya, siapa tau kedepannya ketika restock, barangnya beda, tapi iklannya masih di link yg sama.

 

Itu murni sebagai wujud rasa terimakasih saya kepada seller yang fast response dan memastikan kalau RAM yang dia jual itu benar seperti yang saya cari, dan juga sebagai rasa syukur saya karena saya beruntung mendapatkan RAM langka tersebut. Value-nya besar sob !, bayangin aja bisa hemat 50% untuk konfigurasi dual channel 16GB (2x 8GB). Saya sudah nyari di Toko Offline di kota saya tidak ada yang jual, tentu saja di Kalimantan Selatan, khususnya Banjarmasin, Banjarbaru, Martapura, dan sekitarnya agak sulit mencari sesuatu yang tidak umum, karena seller disini rata-rata offline, sekalinya online mereka salah tempat, jualan online di Instagram, BBM, Whatsapp, Facebook, bukan di Market Place seperti Tokopedia, BukLapak, Shopee, dsb. Ya, sepengamatan saya, trend e-commerce di Kalsel memang demikian, via sosmed, produk apa pun.

Bisa dilihat kalau iklan RAM yang saya beli ini tidak menyertakan keyword SK Hynix atau Part Number sama sekali loh sob, makanya saya sampai ngomong ke sellernya “Untung saya jeli”, judul iklannya cuma “Memory Laptop DDR4 SODIMM 8GB PC4-2400T 2400T 8 GB”.

Dengan deskripsi alakadarnya:

“NEW ! Memory Laptop SODIMM Samsung 8GB 1Rx8 PC4-2400T DDR4
Barang masih segel, original Hynix
Garansi personal 2 bulan”

Tentu saja tidak akan bisa ditemukan dengan keyword yang relevant ketika saya ingin membeli RAM SO-DIMM SK Hynix DDR4 8GB HMA81GS6AFR8N-UH.

Berikut foto RAM-nya:

RAM SODIMM OEM ASUS ROG Strix GL503VD

RAM SO-DIMM SK Hynix DDR4 8GB HMA81GS6AFR8N-UH

Zoom In agar lebih jelas Part Number pada labelnya (Klik pada gambar).

RAM yang saya beli itu masih segel bro, baru, BNIB (Brand New In Box), tapi gk pake box sih ya, pakai plastik anti statis 😀

Tapi garansi dari sellernya cuma 2 bulan, garansi pribadi malah 😀

Alhamdulillah tidak ada masalah selama ini, karena sayangnya sob ini barang udah sold out/habis dan sampai artikel ini saya tulis masih belum re-stock.

Harganya lumayan relatif mahal lah ya sob, Rp 1.250.000, hmmm wajar sih RAM SO-DIMM DDR4 8GB harga segitu, maklum lah selama ini saya masih pakai komputer yang menggunakan RAM DDR3, tapi setelah saya bandingkan, justru lebih murah jika dibandingkan RAM DDR4 merek lain dengan spesifikasi yang sama.

Soal gimana-gimananya seperti Overclock, dsb tidak usah dipikirkan karena laptop saya ini tidak mendukung Profiling itu.

 

Ketika saya pasang, RAM saya pastikan identik berdasarkan pembacaan CPU-Z, hanya beda di tanggal produksi saja, beda beberapa minggu saja 😀

SPD SODIMM Bawaan ASUS ROG Strix GL503VDSPD SODIMM Tambahan ASUS ROG Strix GL503VD

Alhamdulillah saya berhasil mengupgrade RAM laptop saya menjadi dual channel 16GB dengan biaya satu keping RAM DDR4 8GB saja, bayangkan kalau saja perlu beli dua keping ya sob, pasti bakalan lebih mahal lagi budget yang harus saya siapkan dan keluarkan, dan itu pun jadi pikiran lagi untuk ngejual RAM copotan lamanya, harga segitu ya bakalan susah lakunya, cuma orang-orang tertentu saja, itu pun jadi harus jual murah agar cepat laku, karena dianggap barang bekas/second.

ASUS ROG Strix GL503VD: Single ChannelASUS ROG Strix GL503VD: Dual Channel

Pengalaman ini akan jadi sejarah tersendiri untuk laptop baru saya ini, saya beruntung sekali bisa mendapatkan RAM langka ini di pasaran Indonesia, dan bukan barang copotan yang otomatis second, meskipun seller bersikeras barang baru.

Sejauh penelusuran saya, tidak laptop saya ini tidak mendukung fitur aneh-aneh pada sebuah RAM, seperti RAM dengan Clockspeed yang tinggi tapi mesti disetup di BIOS dulu, nah BIOS laptop saya ini belum mendukung itu, masih belum tau apakah kedepaannya akan diberikan melalui BIOS Update, makanya saya tidak tertarik untuk membeli RAM mahal dengan fitur Overclock, dsb.

Saya kurang tau ya sob apakah jika kita langsung ke ASUS Service Center dan meminta untuk upgrade RAM 16GB Dual Channel apakah akan menggunakan RAM yang identik, karena saat saya ke ASUS Service Center di Banjarmasin, saya diminta bawa RAM sendiri untuk kemudian mereka pasangkan.

Sesuai judul, disini tidak ada benchmarking, dsb ya sob, mohon maaf, semoga bermanfaat 😀


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



×
SSL Verified