L

Pengalaman Merevisi Akta Kelahiran Sesuai Ijazah


Bismillahirrohmanirrohim


Property of Lukmanul Hakim Watermark V2

Di beberapa artikel di Blog saya ini, sempat beberapa kali saya ulas mengenai kegalauan saya mengenai nama saya, pakai “K” atau “Q” ?, sampai-sampai saya kalau bikin Domain, Sub-domain, Eamil Address menggunakan nama depan saya, maka selalu saja membuat keduanya, ya Blog ini juga punya banyak domain lain, salah satunya luqmanulhakim.id yang merupakan versi lain penulisan nama saya selain lukmanulhakim.id yang sedang Anda akses ini.

Bahkan tidak cuma soal huruf “K” dan “Q” saja, saya juga seringkali menuliskan nama saja menjadi Lukman AL-Hakim 😀

Alasannya juga sudah pernah saya tulis, yakni akhiran “UL” pada nama depan saya itu milik “Hakim” yakni “AL”-nya yang menjadi “UL” karena pelafalan yang disambung, yang bisa baca AL-Qur’an pasti paham, nama saya kalau dalam tulisan Arab (Hijayah) adalah لقمان الحكيم. Mestinya nama saya ditulis tanpa spasi yakni “Lukmanulhakim”, makanya domain blog saya ini, yakni lukmanulhakim.id itu benar secara penulisan, kebetulan penulisan nama domain yang mengandung dua atau lebih kata memang tidak disarankan menggunakan simbol penghubung berupa garis atau istilahnya hyphen (“-“).

Nama saya terdiri dari dua kata yakni “Lukman” dan “AL-Hakim”, maka jika dipisah mestinya jadi “Lukman AL-Hakim”, tapi tidak bisa seenaknya gitu, mesti benar, karena identitas itu resmi, kecuali memang di ranah tidak resmi, bebas saja.

Kerancuan penulisan nama saya itu karena antara di Akta Kelahiran dan Ijazah, itu berbeda !

Di Ijazah menggunakan “K” yakni “Lukmanul Hakim”, sedangkan di Akta Kelahiran menggunakan “Q” yakni “Luqmanul Hakim”.

Bahkan tidak cuma nama, tanggal lahir pun berbeda, di Ijazah tanggal 23 November 1993, sedangkan di Akta Kelahiran tanggal 22 November 1993.

Mana yang benar ?, ya jelas di Akata Kelahiran !

Hanya saja masalahnya Ijazah tidak bisa direvisi, hanya bisa diberikan surat keterangan yang dilampirkan beserta Ijazah, dan itu ribet, bahkan saya sudah pernah coba ngurus/usahain, gagal juga sob, tidak jelas juga aturannya. Sedangkan Akta Kelahiran bisa direvisi, makanya saat saya ngurus surat keterangan kesalahan penulisan di Ijazah, saya justru direkomendasikan untuk revisi Akta Kelahiran saja.

Masalahnya, untuk merevisi Ijazah, itu diperlukan Sidang !, jika diproses sesuai birokrasi atau secara normal.

Tapi Alhamdulillah di Desa saya ada “Pemutihan” yakni program pemerintah dimana masyarakan dimudahkan dalam mengurus urusan kependudukan seperti KTP, KK, dan Akta Kelahiran. Langsung jadi, dan urusannya dipermudah.

Saya dan beberapa masyarakat yang saat itu ngobrol sambil nunggu dokumen diproses saja sampai bilang: “Tuh kan sebenernya urusan itu mudah, hanya saja dipersulit birokrasi”.



Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



×
SSL Verified