L

Ternyata Beginilah Cara Mengganti Oli Gardan Motor Matic Honda tanpa Alat Ukur !


Bismillahirrohmanirrohim


Sumber: Manual Reparasi Vario 125i

 

Kali ini saya mau bikin Artikel Anti Mainstream lagi nih 😀

Insya Allah, kedepannya saya akan mengubah Retorika Bahasa saya menjadi lebih mudah dipahami, karena banyak sekali kritik dan saran yang masuk ke saya mengenai Retorika Bahasa saya yang seringkali bikin gagal paham :D, dan saya menyadari ternyata itu berpengaruh pada Keyword Artikel saya di Search Engine, khususnya pada Judul Artikel 🙁

Di Internet sudah banyak sekali Artikel yang menunjukkan bagaimana cara mengganti Oli “Gardan” (Final Reduksi) Motor Matik dari berbagai Produsen Motor, baik itu Yamaha, Honda, Suzuki, Kymco, dsb

Tapi, pernahkan Anda bertanya-tanya, kenapa Honda dan Yamaha itu berbeda ?

 

Yamaha seperti yang kita tau, mengisi Oli dari atas, dan penutupnya terbuat dari plastik, mirip seperti Dipstick Oli Mesin, tapi Honda ?

Kok beda ya ? 😀

Lubang pembuangan (Drain) dan pengisian (Fill) kok sama-sama berada disamping ?, seperti Gambar diatas.

 

Semua Tanda Tanya itu akan coba saya jawab, Insya Allah 🙂

 

Pernahkah Anda melihat Gardan Mobil ?, pasti pernah 😀

Gardan Mobil via www.jip.co.id

Gardan Mobil via www.jip.co.id

Tau kan kenapa pada Motor Matik, Final Gear Reduksi atau Gearbox Final Ratio itu disebut “Gardan” oleh Khalayak Umum ?, karena posisinya terkoneksi ke As Roda (Drive Shaft). Itu tidak salah. Karena bedanya Gardan Mobil dan Gardan Motor, itu terletak dari Jumlah Roda Belakangnya. Pada Mobil, jelas sekali terdapat Dua Buah Roda, Kiri dan Kanan, maka Gardan pada Mobil disebut “Differential”, fungsinya adalah untuk mengurangi Ban yang Sliding/Tergelincir saat Mobil berbelok ke Kiri dan ke Kanan. Jika Anda pernah menghandle reparasi Mobil, pasti tau bahwa Roda Kiri dan Kanan itu tidak menyatu, ketika kita putar Roda sebelah Kiri, maka Roda sebelah Kanan tidak berputar, begitu sebaliknya.

Sedangkan pada Motor Matik, Gardan itu hanya terhubung ke satu As Roda, dan karena itu, tidak bisa disebut “Differential”.

Namun uniknya, pada Gardan Motor Matik, disematkan berbagai ukuran Gear yang berfungsi untuk mengubah Rasio, yang itu sama seperti Transmission. Bedanya pada Motor Matik, Transmissinya Fixed (Tetap), makanya tidak sesuai lagi jika disebut Transmisi, maka dipilihkan Istilah yang tepat yakni Final Gear Reduction. Dan secara keseluruhan, Gear-gear itu terpasang didalam Ruangan Khusus yang disebut Gearbox.

 

Kenapa Gardan Motor Matik Honda memiliki Desain seperti Gardan Mobil ?

Desain seperti itu dimaksudkan agar pengisian oli pada Gearbox tidak melebihi takaran yang dianjurkan, karena jika melebihi takaran yang dianjurkan, maka Oli akan tumpah (Luber), selama posisi Vertikal, tidak dimiring-miringkan.

 

Cara Mengisi Oli Gear Motor Matik yang Tidak Biasa tapi Efektif

Baiklah, sekarang kita sudah sampai pada inti dari artikel ini, yakni Tutorial Cara Mengganti Oli Gardan Motor Matic Honda yang paling efektif, meskipun tidak biasa dilakukan oleh orang lain yang tentu saja tidak tau mengenai ini 😀

Peralatan yang Anda Butuhkan

Selain Kunci Ring atau Shock ukuran 12 mm, Anda hanya memerlukan Botol yang didesain khusus untuk Gear Oil, seperti misalnya yang mudah didapatkan dipasaran adalah Castrol Grandprix Series Scooter Gear Oil ini.

Satu Kali Beli untuk Selamanya :D

Satu Kali Beli untuk Selamanya 😀

Kenapa saya rekomendasikan menggunakan Kemasna Bekasnya ? (Bukan Olinya)

Karena kemasannya dapat digunakan kembali, yakni bisa dibuka dengan sangat mudah seperti membuka Tutup Kemasan Oli seperti biasa (memiliki Drat). Saya sarankan untuk mencari yang bekasnya saja di Bengkel, tidak perlu beli baru 😀

 

Kalau dulu, saya menggunakan ini 😀

Maksa Banget Yah :D

Maksa Banget Yah 😀

Jujur, ketika Konsepnya sudah dapat, saya sempat “Riset” pakai apa yah enaknya “Inject” Oli ke Gearbox ?, Soalnya saya pakai Oli MTF (Manual Transmission Fluid) kemasan 1 Liter yang Desain Kemasannya seperti Oli Mesin pada umumnya, bukan Khusus Oli Gear.

Bahkan saya sempat pakai KemasanBekas Kecap Manis 😀

 

Prosedur Pengganti Oli Gardan Motor Matic Honda yang Baik dan Benar

Honda Scooter Matic Motorcycle: Simple Gear Oil Change

Perhatian: Oli yang hitam yang ada pada wadah penampungan oli bekas itu adalah oli mesin, kebetulan saat saya mengganti oli gear itu berbarengan ketika saya mengganti oli mesin.

Konsepnya adalah “Isi Oli sampai Luber, lalu diamkan sampai Oli berhenti menetes, kemudian Tutup Baut pada Lubang Pengisian Oli Gear”. Mudah 😀

Pada gambar di atas, perhatikan pada area sekitaran lubang pengisian oli gear, mulai lari mengalir deras, lalu tetes demi tetes, dan kemudian hinggal tetes terakhir, alias oli gear sudah berhenti menetes.

Saat oli gear sudah berhenti menetes itulah kita sudah bisa menutup lubang pengisian oli tersebut rapat-rapat.

 

Agar memudahkan pembaca, akan saya munculkan lagi Gambar Ilustrasi diatas dibawah ini:

Tinggi Permukaan Terendah

“Tinggi Permukaan Terendah” itu adalah Batas dimana Oli yang masuk sesuai Spesifikasi yakni 120 mL. Artinya jangan sampai lebih rendah dari itu, karena itu sudah batas paling rendah, jika kurang dari itu, berarti Oli didalam Gearbox tidak sesuai Spesifikasi, dalam hal ini kurang dari 120 mL

Bahkan kita tidak perlu menggunakan Gelas Ukur untuk memastikan Oli yang masuk berjumlah 120 mL, karena secara Otomatis, Oli yang masuk ke Gearbox dengan cara itu akan pas 120 mL.

 

Kurang lebih Step by Step-nya adalah sebagai berikut:

  1. Keluarkan Oli Bekas dari dalam Gearbox. Kalau mau lebih tuntas, miringkan motor selagi oli sedang dikuras dengan menggunakan Stand Samping.
  2. Tutup Lubang Pengeluaran (Drain) Oli-nya.
  3. Pastikan Motor Matik dalam posisi Stand Tengah dan di permukaan yang datar.
  4. Isi Oli Baru kedalam Gearbox sampai Luber (Jangan kebanyakan lubernya dan jangan dimiring-miringkan ke kanan Motor-nya).
  5. Maka Oli akan menetes dari Lubang Pengisian. Maka, diamkan beberapa menit sampai berhenti menetes.
  6. Tutup Lubang Pengisian (FIll) Oli-nya.
  7. Selesai.

 

Kesimpulan

Prosedur ini sesuai dengan SOP (Standard Operation Procedure) pada Buku Pedoman Reparasi Honda Vario 125 PGM-FI.

Silahkan praktekkan di Penggantian Oli Gear Motor Matic Anda selanjutnya.

Sekarang paham kan kenapa Desain Kemasan Gear Oil itu Khusus ?, yakni memiliki Tutup yang bisa berfungsi sebagai Corong Kecil dan proses pengisian dengan cara “Inject”, bahkan Oli Gear yang dijual untuk Gardan Mobil yang tentunya Volume kemasannya jauh lebih dari 100 mL atau 120 mL, bahkan ada yang 1 Liter.

Misalnya seperti ini:

Scooter Matic Motorcycle: Final Gear Ratio Oil Change

 

Jelas itu Oli Gear lebih dari 120 mL 😀


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



×
SSL Verified