L

Mengganti Oli Gardan Motor Matic Honda tanpa Alat Ukur


Bismillahirrohmanirrohim


Sumber: Manual Reparasi Vario 125i

 

Kali ini saya mau bikin Artikel Anti Mainstream lagi nih 😀

Insya Allah, kedepannya saya akan mengubah Retorika Bahasa saya menjadi lebih mudah dipahami, karena banyak sekali kritik dan saran yang masuk ke saya mengenai Retorika Bahasa saya yang seringkali bikin gagal paham :D, dan saya menyadari ternyata itu berpengaruh pada Keyword Artikel saya di Search Engine, khususnya pada Judul Artikel 🙁

Di Internet sudah banyak sekali Artikel yang menunjukkan bagaimana cara mengganti Oli “Gardan” (Final Reduksi) Motor Matik dari berbagai Produsen Motor, baik itu Yamaha, Honda, Suzuki, Kymco, dsb

Tapi, pernahkan Anda bertanya-tanya, kenapa Honda dan Yamaha itu berbeda ?

 

Yamaha seperti yang kita tau, mengisi Oli dari atas, dan penutupnya terbuat dari plastik, mirip seperti Dipstick Oli Mesin, tapi Honda ?

Kok beda ya ? 😀

Lubang pembuangan (Drain) dan pengisian (Fill) kok sama-sama berada disamping ?, seperti Gambar diatas.

 

Semua Tanda Tanya itu akan coba saya jawab, Insya Allah 🙂

 

Pernahkah Anda melihat Gardan Mobil ?, pasti pernah 😀

Gardan Mobil via www.jip.co.id

Gardan Mobil via www.jip.co.id

Tau kan kenapa pada Motor Matik, Final Gear Reduksi atau Gearbox Final Ratio itu disebut “Gardan” oleh Khalayak Umum ?, karena posisinya terkoneksi ke As Roda (Drive Shaft). Itu tidak salah. Karena bedanya Gardan Mobil dan Gardan Motor, itu terletak dari Jumlah Roda Belakangnya. Pada Mobil, jelas sekali terdapat Dua Buah Roda, Kiri dan Kanan, maka Gardan pada Mobil disebut “Differential”, fungsinya adalah untuk mengurangi Ban yang Sliding/Tergelincir saat Mobil berbelok ke Kiri dan ke Kanan. Jika Anda pernah menghandle reparasi Mobil, pasti tau bahwa Roda Kiri dan Kanan itu tidak menyatu, ketika kita putar Roda sebelah Kiri, maka Roda sebelah Kanan tidak berputar, begitu sebaliknya.

Sedangkan pada Motor Matik, Gardan itu hanya terhubung ke satu As Roda, dan karena itu, tidak bisa disebut “Differential”.

Namun uniknya, pada Gardan Motor Matik, disematkan berbagai ukuran Gear yang berfungsi untuk mengubah Rasio, yang itu sama seperti Transmission. Bedanya pada Motor Matik, Transmissinya Fixed (Tetap), makanya tidak sesuai lagi jika disebut Transmisi, maka dipilihkan Istilah yang tepat yakni Final Gear Reduction. Dan secara keseluruhan, Gear-gear itu terpasang didalam Ruangan Khusus yang disebut Gearbox.

 

Kenapa Gardan Motor Matik Honda memiliki Desain seperti Gardan Mobil ?

Desain seperti itu dimaksudkan agar pengisian oli pada Gearbox tidak melebihi takaran yang dianjurkan, karena jika melebihi takaran yang dianjurkan, maka Oli akan tumpah (Luber), selama posisi Vertikal, tidak dimiring-miringkan.

Powered by Dewaweb


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai


Disqus Comments



×
SSL Verified