L

Beginilah Dilemanya Ketika Domain Menggunakan Tanda Minus atau Hyphen !


Bismillahirrohmanirrohim


Ilustrasi WWW

Dari judul saja sudah tidak enak dibaca ya sob ? 😀

“Tanda Minus”, apaan coba ?

Ya begitulah istilah di Indonesia 🙁

Bahkan istilah yang rada keren dikit saja salah bro, yakni “Strip”, padahal yang benar adalah “Stripe”, artinya “Garis”.

Sedangkan istilah yang paling tepat untuk menyebut Simbol “-“ adalah “Hyphen”. Artinya “Tanda Penghubung” !

Padahal orang Indonesia sudah familiar dengan istilah “Underscore”.

Kan keren jika dibaca “al hyphen hakim dot id”, atau “alhakim dot id pakai hyphen ya antara al dan hakim-nya !”, percayalah itu hanya di tulisan saja terkesan ribet dan panjang, kalau kita ucapkan ya biasa saja kok.

Malah lebih jelek jika diucapkan “al minus hakim dot id”, sekalian saja “al kurang hakim sama dengan bla bla bla” 😀

Atau justru bagus-bagus saja jika dibaca “al tanda penghubung hakim dot id” kan ?

 

Yupz, Nama Domain saya yang menggunakan Hyphen adalah al-hakim.id. Akibatnya, saya terpaksa mendaftarkan juga Nama Domain alhakim.id.

Dan memang benar, bahkan saya pribadi lebih suka mengetikkan alhakim.id di Address Bar yang ada pada Browser, daripada al-hakim.id. Karena pada Backend sudah saya atur agar redirect ke lukman.al-hakim.id. Baik itu melalui al-hakim.id maupun alhakim.id.

Sebenarnya, dilematika saya dalam penamaan Domain tidak hanya soal Hyphen saja, tapi juga soal Huruf K dan Q pada Domain lukmanulhakim.id dan lukmanulhakim.info. Ya, saya sudah mendaftarkan Domain luqmanulhakim.id dan luqmanulhakim.info. Hanya lukmanul.id saja yang tidak saya daftarkan luqmanul.id karena sudah dimiliki oleh orang lain.

 

Masalah Manusia, Bukan Search Engine

Sejak awal, bukankah semua problematika diatas itu hanya dari pihak Manusia saja ?

Memang untuk urusan Hyphen ini, Search Engine apa pun, khususnya Google sudah paham, tidak akan mempengaruhi SEO (Search Engine Optimization). Karena bagi Search Engine, Hyphen itu adalah tanpa penghubung, sehingga “al-hakim”, maka akan dibaca “al hakim”, jadi ada dua suku kata, yakni “al” dan “hakim”, tapi jika “alhakim”, maka akan dibaca satu suku kata oleh Search Engine.

Sehingga, mengenai penggunaan Hyphen ini, justru disukai Search Engine, tapi tidak disukai oleh Manusia.

Simbol Hyphen ini sana dengan Simbol Koma (,) bagi Search Engine, yakni memisahkan suku kata, dan jika kita sebagai Manusia membaca-nya, maka akan ada jeda waktu sejenak untuk berhenti, sebelum melanjutkan membaca kata selanjutnya.

Domain al-hakim.id menjadi penting saya daftarkan juga Domain alhakim.id, karena itu utamanya untuk Email Address yang notabene penginputan Alamat Email akan dilakukan oleh manusia, sehingga Human Error bisa saja terjadi jika orang tersebut mengetahui alamat email saya secara lisan.

Email, itu vital sob !

Karena seringkali Email yang dikirimkan itu bersifat sangat rahasia, atau minimal dokumen penting yang jangan sampai salah kirim, pokoknya hanya untuk saya !

 

AL-Hakim Memang Menggunakan Hyphen

Jika Anda adalah Orang Indonesia dan beragama Islam, pasti tau betul AL itu pasti pakai Hyphen.

Contohnya ya AL-Hakim, bisa juga ditulis aL-Hakim.

Maka dari itu saya pun serba salah, mengingat Domain alhakim.id sebenarnya tersedia dan ya sudah saya daftarkan, logikanya jika seseorang sudah dapat Domain tanpa Hyphen, maka yang dengan Hyphen akan diabaikan, tapi dalam kasus saya ini, justru yang utama adalah yang menggunakan Hyphen, sedangkan Domain yang tidak menggunakan Hyphen adalah Domain Alternatif.

Masalahnya, Domain .id ini masa depannya suram sob di dompet 😀

Per 1 Agustus 2017 saja sudah naik dari Rp 250.000/Tahun menjadi Rp 500.000/Tahun !, padahal sudah senang banget kan secara resmi harga-nya sudah turun jadi Rp 250.000/Tahun ?

Berarti saya harus merogoh kocek 1 Juta Rupiah per Tahun atau sama dengan kisaran 84 Ribu Rupiah per Bulan.

Itu sama seperti harga sewa Cloud Hosting paket Professional selama 1 Tahun !

 

Kalau Domain lukmanulhakim.id sih sudah tidak masalah, karena dia berdiri sendiri, luqmanulhakim.id dan luqmanulhakim.info pun kemungkinan besar akan tidak saya perpanjang lagi ketika Expired.

Karena saya sudah tidak peduli lagi dengan masalah Huruf K dan Huruf Q, lagipula Domain lukmanulhakim.id bukan untuk Email (Meski bisa juga menerima Email).

Dari Domain al-hakim.id, saya bisa membuat Alternatif Subdomain dan Email Address dengan Huruf K dan Q tanpa biaya alias gratis.

 

Kesimpulan

Penggunaan Simbol Hyphen atau Tanda Minus itu sebenarnya baik dimata Search Engine, tapi jelek dimata Manusia.

Karena pola pemikiran Manuisa itu lebih sederhana, sulit menghafal, dan malas mengetik banyak, disertai malas membaca dan menjelaskan kerancuan.

Pernahkan Anda diminta mengeja Huruf per Huruf dengan Kata per Kata yang Umum ?

Misal: A = Alpha, B = Banjar, C = Cinta X = X-Ray, dsb ?

Ribet kan ?, coba ejakan Kata “EXE” 😀

Itu kalau dibaca, maka bunyinya “Eks”, sama saja dengan “X”, tapi ditulis “Exe” 😀

 

Mesin tidak akan seribet itu sob !, percayalah 🙂

 

Maka dari itu, jika toh Traffic dari Website atau Blog Anda itu dipromosikan melalui Search Engine, tidak usah menghiraukan masalah Hyphen ini. Apalagi jika Website hanya sebuah Blog saja.

Lain ceritanya jika Website Anda itu Toko Online, nah itu bahaya, lebih baik memikirkan nama yang benar-benar unik, tidak umum, namun mudah dibaca dan ditulis, menggunakan Domain Extension .com, dan tidak menggunakan Hyphen. Daripada para calon pembeli semuanya nyasar pada Website Toko Online juga yang menggunakan Nama Domain yang sama, hanya saja tidak menggunakan Hyphen, secara teknis Anda sudah kalah saing, jika tetap memaksakan diri menggunakan Domain yang sama yang hanya dibedakan oleh Simbol Hyphen saja.


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



×
SSL Verified